.

.

SDMTK-08 UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA LEWAT METODE PEMBELAJARAN MODEL KONTEKSTUAL BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS …… SMP ……….. TAHUN 2004/2005

Share on :
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA  LEWAT METODE PEMBELAJARAN MODEL KONTEKSTUAL BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS …………………………
……………………………………..
TAHUN 2004/2005


KARYA ILMIAH


OLEH
………………………………..
NIP: ……………………………………..





DINAS PENDIDIKAN ……………………….
………………………………………………………… 



LEMBAR PENGESAHAN

Laporan penelitian ini telah disetujui dan disyahkan untuk melengkapi perpustakaan Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah dan dapat diajukan sebagai salah satu Karya Ilmiah untuk Penetapan Angka Kredit Jabatas Guru pada Golongan IV a ke IV b.


            Kepala Sekolah                                                   …………………………….
………………………..                                                      Penulis


…………………….                                          ………………………………          NIP:  …………..                                            NIP: ……………

                   Mengetahui                                                              Mengetahui
 Kepala UPTD Perpustakaan Umum                         Kepala Cabang Dinas Pendidikan
          …………………….                                                   …………………………


      ……………………………..                                                    …………………. .
NIP: ……………….                                                  NIP: ……………………

                Mengetahui                                                                    Mengetahui
      Kepala Dinas Pendidikan                                                              Ketua PD II PGRI
        Kabupaten ………………….                                        Kabupaten ……………..


    …………………….                                                   ………………….
           Pembina TK I                                                               NPA: …………………
        NIP: ………………..





KATA PENGANTAR

            Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika  Lewat Metode Pembelajaran Model Kontekstual Berbasis Masalah  Pada Siswa Kelas …………………………………… Tahun Pelajaran 2004/2005.”, penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk Matematika  dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak didik pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.
            Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:
1.      Yth. Kepala Dinas Pendidikan ………………………………
2.      Yth. Ketua PD II PGRI ………………
3.      Yth. Rekan-rekan Guru ……………………………………………. 
4.      Semua pihak yang telah banyak membantu sehingga penulisan ini selesai.
Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.                                                                               
                                                                                    Penulis






ABSTRAK

…………………, 2005. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika  Lewat Metode Pembelajaran Model Kontekstual Berbasis Masalah  Pada Siswa Kelas ……………………………… Tahun Pelajaran 2004/2005.


Kata Kunci: Matematika , konstekstual


Bagaimanakah caranya agar siswa tidak melupakan materi pelajaran yang telah diterimanya agar siswa nantinya siap menghadapi ujian kenaikan kelas yang siap atau tidak siap harus mereka hadapi. Bagaimanakah membuat suatu materi ajar agar agar tidak terlupakan oleh anak didik. Dalam  hal ini guru harus mencari metode untuk mengingatkan segala memori di benak siswa yang telah mereka terima. Guru harus bisa membangkitkan kembali memori itu.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas ……………………………... Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (65,71%), siklus II (77,14%), siklus III (88,57%).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode kontekstual berbasis masalah materi pelajaran dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa ……………………………………………., serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Matematika .



DAFTAR ISI

Halaman
Halaman Judul .................................................................................................                 
Lembar Pengesahan ..................................................................................................
Kata Pengantar ..........................................................................................................
Abstrak ......................................................................................................................
Daftar Isi ...................................................................................................................
BAB ..... I       PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang  Masalah .............................................................
B.     Permasalahan ...............................................................................
C.     Tujuan Penelitian .........................................................................
D.    Manfaat Penelitian  .....................................................................
E.     Penjelasan Istilah…………………………………………
F.      Batasan Masalah………………………………………….
BAB      II       KAJIAN PUSTAKA
A.    Tinjauan Tentang Prestrasi Belajar...............................................
B.     Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar...................
C.     Hakikat Matematika  ...................................................................                                
D.    Proses Belajar Mengajar Matematika...........................................
E.     Prestasi Belajar Matematika.........................................................
F.      Gaya Belajar.......................................................................
G.    Pengajaran Berbasis Masalah.......................................................
BAB     III      METODOLOGI PENELITIAN
A.    Tempat, Waktu, dan Subyek Penelitian ......................................
B.     Rancangan Penelitian  .................................................................
C.     Instrumen Penelitian  .........................................................          
D.    Metode Pengumpulan Data ........................................................
E.     Teknik Analisis Data   .................................................................
BAB     IV      HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.    Analisis Item Butir Soal  .............................................................
B.     Analisi Data Penelitian Persiklus  ...............................................
C.     Pembahasan .................................................................................
BAB     V      PENUTUP
A.    Kesimpulan .................................................................................
B.     Saran ...........................................................................................
DAFTAR PUSTAKA ..............................................................................................




BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Akhir dari rangkaian proses belajar mengajar adalah tes akhir suatu mata pelajaran yang dilakukan melalui tes formatif, tes akhir cawu, tes akhir semester atau tes ujian kenaikan kelas bagi siswa kelas enam sekolah dasar. Di dalam menghadapi tes ujian kenaikan kelas bagi siswa Kelas ………………. sekolah dasar perlu adanya refreshing terhadap materi ajar yang telah diterima oleh siswa selama mengikuti proses belajar mengajar.
Bagaimanakah caranya agar siswa tidak melupakan materi pelajaran yang telah diterimanya agar siswa nantinya siap menghadapi ujian kenaikan kelas yang siap atau tidak siap harus mereka hadapi. Bagaimanakah membuat suatu materi ajar agar agar tidak terlupakan oleh anak didik. Dalam  hal ini guru harus mencari metode untuk mengingatkan segala memori di benak siswa yang telah mereka terima. Guru harus bisa membangkitkan kembali memori itu.
Salah satu metode pengajaran yang bisa membuat anak bisa dan harus mengingat kembali materi pelajaran yang telah mereka terima adalah cara belajar aktif model pembelajaran meninjau ulang Kesulitan pada materi pelajaran.
Belajar memerlukan keterlibatan mental dan kerja siswa sendiri. Penjelasan dan pemeragaan semata tidak akan membuahkan hasil belajar yang hanyalah kegiatan belajar aktif.
Agar belajar manjadi aktif, siswa harus mengerjakan banyak sekali tugas. Mereka haru menggunakan otak, mengkaji gagasan, memecahkan masalah, dan menerapkan apa yang mereka pelajari. Belajar aktif harus gesit, menyenangkan, bersemangat dan penuh gairah. Siswa bahkan sering meninggalkan tempat duduk mereka, bergerak leluasa dan berfikir keras (moving about dan thinking aloud).
Bertitik tolak dari latar belakang permasalahan tersebut di atas maka dalam  penelitian ini penulis mengambil judul “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Model Kontekstual Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas …………………………………….. Tahun Pelajaran 2004/2005”.



B. Permasalahan
      Berdasarkan pada latar belakang tersebut, maka masalah yang timbul dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.      Bagaimanakah tingkat penguasaan materi pelajaran Matematika  siswa Kelas ………………………………………. Tahun Pelajaran 2004/2005?
2.      Bagaimanakah tingkat penguasaan materi pelajaran Matematika  yang telah diterima siswa dalam menghadapi ujian kenaikan kelas?
  1. Bagaimanakah pengaruh metode belajar aktif model meninjau kembali pada materi pelajaran dalam mengingatkan kembali materi pelajaran Matematika  yang telah dipelajari pada siswa Kelas ……………………………………….Tahun Pelajaran 2004/2005?

C. Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan untuk:
  1. Mengetahui tingkat pengusasaan materi pelajaran Matematika  yang telah dipelajari pada siswa Kelas ………………………..Tahun Pelajaran 2004/2005.
  2. Mengetahui pengaruh metode belajar aktif model meninjau kembali kesulitan pelajaran Matematika  pada siswa Kelas ………………………………… Tahun Pelajaran 2004/2005.

D. Manfaat Penelitian
Penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi:
  1. Sekolah sebagai penentu kebijakan dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Matematika .
  2. Guru, sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan metode pembelajaran yang dapat memberikan manfaat bagi siswa.
C.  Penjelasan Istilah
Agar tidak terjadi salah persepsi terhadap judul penelitian ini, maka perlu didefinisikan hal-hal sebagai berikut:
  1. Metode Kontekstual Berbasis Masalah adalah :
Pengajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning) adalah suatu pandekatan pengajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah, serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pelajaran
  1. Motivasi belajar adalah:
Merupakan daya penggerak psikis dari dalam diri seseorang untuk dapat melakukan kegiatan belajar dan menambah keterampilan, pengalaman. Motivasi mendorong dan mengarah minat belajar untuk tercapai suatu tujuan.
  1. Prestasi belajar adalah:
Hasil belajar yang dinyatakan dalam bentuk nilai atau dalam bentuk skor, setelah siswa mengikuti pelajaran matematika.

D. Batasan Masalah
Karena keterbatasan waktu, maka diperlukan pembatasan masalah yang meliputi:
  1. Penelitian ini hanya dikenakan pada siswa kelas ……………………………….tahun pelajaran 2003/2004.
  2. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September semester ganjil tahun palajaran 2003/2004.
  3. Materi yang disampaikan adalah pokok bahasan…………….

0 comments on SDMTK-08 UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA LEWAT METODE PEMBELAJARAN MODEL KONTEKSTUAL BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS …… SMP ……….. TAHUN 2004/2005 :

Post a Comment and Don't Spam!

Berkomentarlah secara bijak

About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search