UPAYA MENINGKATKAN
PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA LEWAT METODE
PEMBELAJARAN MODEL KONTEKSTUAL BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS …………………………
……………………………………..
TAHUN
2004/2005
KARYA
ILMIAH
OLEH
………………………………..
NIP: ……………………………………..
DINAS PENDIDIKAN ……………………….
…………………………………………………………
LEMBAR PENGESAHAN
Laporan penelitian ini telah disetujui dan disyahkan untuk
melengkapi perpustakaan Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah dan dapat diajukan
sebagai salah satu Karya Ilmiah untuk Penetapan Angka Kredit Jabatas Guru pada
Golongan IV a ke IV b.
Kepala Sekolah …………………………….
……………………….. Penulis
……………………. ………………………………
NIP: ………….. NIP:
……………
Mengetahui Mengetahui
Kepala UPTD Perpustakaan Umum Kepala Cabang Dinas Pendidikan
……………………. …………………………
…………………………….. ………………….
.
NIP: ………………. NIP:
……………………
Mengetahui Mengetahui
Kepala Dinas Pendidikan Ketua PD II PGRI
Kabupaten …………………. Kabupaten ……………..
……………………. ………………….
Pembina TK I NPA:
…………………
NIP: ………………..
KATA PENGANTAR
Dengan mengucap syukur Alhamdulillah
kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis
dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul “Upaya Meningkatkan
Prestasi Belajar Matematika Lewat Metode
Pembelajaran Model Kontekstual Berbasis Masalah
Pada Siswa Kelas …………………………………… Tahun Pelajaran 2004/2005.”, penulisan
karya ilmiah ini kami susun untuk Matematika
dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat sebagai perbandingan
dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak didik pada latihan
diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.
Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat
bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan
sedalam-dalamnya kepada:
1.
Yth. Kepala Dinas Pendidikan ………………………………
2.
Yth. Ketua PD II PGRI ………………
3.
Yth. Rekan-rekan Guru …………………………………………….
4.
Semua pihak yang telah banyak membantu sehingga
penulisan ini selesai.
Penulis
menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala
kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis
harapkan.
Penulis
ABSTRAK
…………………, 2005. Upaya
Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika
Lewat Metode Pembelajaran Model Kontekstual Berbasis Masalah Pada
Siswa Kelas ……………………………… Tahun Pelajaran 2004/2005.
Kata Kunci: Matematika , konstekstual
Bagaimanakah caranya agar siswa tidak melupakan materi pelajaran yang
telah diterimanya agar siswa nantinya siap menghadapi ujian kenaikan kelas yang
siap atau tidak siap harus mereka hadapi. Bagaimanakah membuat suatu materi
ajar agar agar tidak terlupakan oleh anak didik. Dalam hal ini guru harus mencari metode untuk
mengingatkan segala memori di benak siswa yang telah mereka terima. Guru harus
bisa membangkitkan kembali memori itu.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak
tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan,
kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah
siswa kelas ……………………………... Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif,
lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami
peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (65,71%), siklus II
(77,14%), siklus III (88,57%).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode kontekstual berbasis masalah
materi pelajaran dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa
……………………………………………., serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah
satu alternatif pembelajaran Matematika .
DAFTAR
ISI
Halaman
Halaman
Judul .................................................................................................
Lembar
Pengesahan ..................................................................................................
Kata
Pengantar ..........................................................................................................
Abstrak
......................................................................................................................
Daftar
Isi ...................................................................................................................
BAB ..... I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Masalah .............................................................
B.
Permasalahan ...............................................................................
C.
Tujuan Penelitian .........................................................................
D.
Manfaat Penelitian
.....................................................................
E.
Penjelasan Istilah…………………………………………
F.
Batasan Masalah………………………………………….
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A.
Tinjauan
Tentang Prestrasi Belajar...............................................
B.
Faktor-Faktor
Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar...................
C.
Hakikat Matematika
...................................................................
D.
Proses Belajar Mengajar Matematika...........................................
E.
Prestasi Belajar Matematika.........................................................
F.
Gaya
Belajar.......................................................................
G.
Pengajaran Berbasis Masalah.......................................................
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
A.
Tempat, Waktu, dan Subyek Penelitian ......................................
B.
Rancangan Penelitian
.................................................................
C.
Instrumen Penelitian
.........................................................
D.
Metode Pengumpulan Data ........................................................
E.
Teknik Analisis Data
.................................................................
BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.
Analisis Item Butir Soal .............................................................
B.
Analisi Data Penelitian Persiklus ...............................................
C.
Pembahasan .................................................................................
BAB V
PENUTUP
A.
Kesimpulan .................................................................................
B.
Saran ...........................................................................................
DAFTAR
PUSTAKA ..............................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Akhir dari rangkaian proses belajar mengajar adalah
tes akhir suatu mata pelajaran yang dilakukan melalui tes formatif, tes akhir
cawu, tes akhir semester atau tes ujian kenaikan kelas bagi siswa kelas enam sekolah
dasar. Di dalam menghadapi tes ujian kenaikan kelas bagi siswa Kelas ……………….
sekolah dasar perlu adanya refreshing
terhadap materi ajar yang telah diterima oleh siswa selama mengikuti proses
belajar mengajar.
Bagaimanakah caranya agar siswa tidak melupakan materi
pelajaran yang telah diterimanya agar siswa nantinya siap menghadapi ujian
kenaikan kelas yang siap atau tidak siap harus mereka hadapi. Bagaimanakah
membuat suatu materi ajar agar agar tidak terlupakan oleh anak didik. Dalam hal ini guru harus mencari metode untuk
mengingatkan segala memori di benak siswa yang telah mereka terima. Guru harus
bisa membangkitkan kembali memori itu.
Salah satu metode pengajaran yang bisa membuat anak
bisa dan harus mengingat kembali materi pelajaran yang telah mereka terima
adalah cara belajar aktif model pembelajaran meninjau ulang Kesulitan pada
materi pelajaran.
Belajar memerlukan keterlibatan mental dan kerja siswa
sendiri. Penjelasan dan pemeragaan semata tidak akan membuahkan hasil belajar
yang hanyalah kegiatan belajar aktif.
Agar belajar manjadi aktif, siswa harus mengerjakan
banyak sekali tugas. Mereka haru menggunakan otak, mengkaji gagasan, memecahkan
masalah, dan menerapkan apa yang mereka pelajari. Belajar aktif harus gesit,
menyenangkan, bersemangat dan penuh gairah. Siswa bahkan sering meninggalkan
tempat duduk mereka, bergerak leluasa dan berfikir keras (moving about dan thinking aloud).
Bertitik tolak dari latar belakang permasalahan
tersebut di atas maka dalam penelitian
ini penulis mengambil judul “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika
Melalui Metode Pembelajaran Model Kontekstual Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas
…………………………………….. Tahun Pelajaran 2004/2005”.
B. Permasalahan
Berdasarkan pada
latar belakang tersebut, maka masalah yang timbul dalam penelitian ini adalah
sebagai berikut:
1.
Bagaimanakah tingkat penguasaan materi pelajaran
Matematika siswa Kelas ……………………………………….
Tahun Pelajaran 2004/2005?
2.
Bagaimanakah tingkat penguasaan materi pelajaran
Matematika yang telah diterima siswa
dalam menghadapi ujian kenaikan kelas?
- Bagaimanakah pengaruh metode belajar aktif model meninjau kembali pada materi pelajaran dalam mengingatkan kembali materi pelajaran Matematika yang telah dipelajari pada siswa Kelas ……………………………………….Tahun Pelajaran 2004/2005?
C. Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan di atas, penelitian ini
bertujuan untuk:
- Mengetahui tingkat pengusasaan materi pelajaran Matematika yang telah dipelajari pada siswa Kelas ………………………..Tahun Pelajaran 2004/2005.
- Mengetahui pengaruh metode belajar aktif model meninjau kembali kesulitan pelajaran Matematika pada siswa Kelas ………………………………… Tahun Pelajaran 2004/2005.
D. Manfaat Penelitian
Penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi:
- Sekolah sebagai penentu kebijakan dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Matematika .
- Guru, sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan metode pembelajaran yang dapat memberikan manfaat bagi siswa.
C. Penjelasan
Istilah
Agar
tidak terjadi salah persepsi terhadap judul penelitian ini, maka perlu
didefinisikan hal-hal sebagai berikut:
- Metode
Kontekstual Berbasis Masalah adalah :
Pengajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning) adalah suatu
pandekatan pengajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks
bagi siswa untuk belajar tentang cara berpikir kritis dan keterampilan
pemecahan masalah, serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial
dari materi pelajaran
- Motivasi
belajar adalah:
Merupakan daya penggerak
psikis dari dalam diri seseorang untuk dapat melakukan kegiatan belajar dan
menambah keterampilan, pengalaman. Motivasi mendorong dan mengarah minat
belajar untuk tercapai suatu tujuan.
- Prestasi
belajar adalah:
Hasil belajar yang
dinyatakan dalam bentuk nilai atau dalam bentuk skor, setelah siswa mengikuti
pelajaran matematika.
D. Batasan
Masalah
Karena
keterbatasan waktu, maka diperlukan pembatasan masalah yang meliputi:
- Penelitian
ini hanya dikenakan pada siswa kelas ……………………………….tahun pelajaran
2003/2004.
- Penelitian
ini dilaksanakan pada bulan September semester ganjil tahun palajaran
2003/2004.
- Materi
yang disampaikan adalah pokok bahasan…………….
0 comments on SDMTK-08 UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA LEWAT METODE PEMBELAJARAN MODEL KONTEKSTUAL BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS …… SMP ……….. TAHUN 2004/2005 :
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak