.

.

TK--01 PENGGUNAAN CELEMEK CERITA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK TK KELOMPOK A ( PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL I PUCANGANOM – SIDOARJO)

Share on :
LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS






PENGGUNAAN CELEMEK CERITA UNTUK MENINGKATKAN
KEMANDIRIAN ANAK TK KELOMPOK  A
( PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL I PUCANGANOM – SIDOARJO)




Oleh :
Dra. MUJI DWI SRIWILUJENG
NIP. 131 407 582



Kemitraan  Antara :
Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang
Dengan
Ditjen Peningkatan Mutu Pendidikan Tenaga Kependidikan





TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL I PUCANGANOM
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SIDOARJO
November 2006


HALAMAN PENGESAHAN
PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Judul Penelitian
Penggunaan Celemek cerita untuk meningkatkan kemandirian anak TK kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Pucanganom Sidoarjo
Identitas Peneliti
  1. Nama Lengkap
  2. Jenis Kelamin
  3. Pangkat/ Golongan/NIP
  4. Asal Sekolah
  5. Alamat Kantor dan No. Telp.

  1. Alamat rumah dan No. Telp

Dra. Muji Dwi Sriwilujeng
Wanita
Pembina/IV a/131 407 582
TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Pucanganom
Jl. Raden Patah No. 77 Sidoarjo
(031) 8969863
Lemahputro RT 08 RW. 02 No. 16 Sidoarjo (031) 8944564
Lama penelitian
2 Bulan. September s.d. November 2006
Biaya yang diperlukan
Rp. 2.000.000 (dua juta rupiah)

Mengetahui
Kepala Cabang Dinas Pendidikan                              Sidoarjo, 17 November 2006
Kecamatan Sidoarjo                                                                  Peneliti
                                                                                                 



Drs. H. Mukhamad Khusaini, M.M                                Dra. Muji Dwi Sriwilujeng
NIP. 114 450 27                                                                   NIP. 131 407 582


Menyetujui,
Ketua Lembaga Penelitian UM





Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd
NIP. 131 652 225




ABSTRAK


Muji   Dwi   Sri   Wilujeng,   2006, Penggunaan   Celemek  Cerita untuk Meningkatkan
Kemandirian Anak TK Kelompok A (Penelitian Tindakan Kelas di TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Pucanganom – Sidoarjo

Kata Kunci : Penggunaan Celemek Ceria, Kemandirian Anak


            Penggunaan celemek cerita untuk meningkatkan kemandirian anak adalah suatu usaha agar kegiatan pembelajaran di TK tidak monoton, membosankan, dan menjenuhkan. Dalam kenyataannya kegiatan pembelajaran masih sangat tekstual, sehingga bentuk-bentuk analogi yang harus di kembangkan secara kontekstual masih terkesan staknasi. Akibat dari pembelajaran seperti itu, untuk mendongkrak agar anak bisa lebih mandiri dan dapat melakukan sesuatu tanpa bantuan orang lain akan terhambat.
            Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pembelajaran bercerita dengan alat peraga celemek cerita di TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Pucangonom – Sidoarjo.  2) Untuk mengetahui kemandirian anak TK kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Pucanganom – Sidoarjo. 3) Untuk mengetahu sejauh mana metode bercerita dengan alat peraga celemek cerita dalam meningkatkan kemandirian anak TK kelompo A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Pucanganom – Sidoarjo.
            Adapun pendekatan metode penelitain  ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif, karena dalam penelitian ini l;ebih mengutamakan deskriptif analitik untuk memcahkan konsep-konsep di dalamnya, bukan mengunakan konsep-konsep numeric statistik.
            Dalam pelaksanaannya penelitian ini terbagi atas dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Siklus I memberikan pengajaran secara umum dan siklus II berkenaan dengan perumusan materi pembelajaran.
            Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajarn bercerita dengan menggunakan alat peraga celemek cerita yang di lakukan di TK kelomok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Pucanganom – Sidoarjo dalam rangka untuk meningkatkan kemandirian anak adalah suatu pilihan yang tepat dan cermat. Hal ini dapat dilihat dari paparan data perkembangan  dari siklus I ke siklus berikutnya yang terdapat perkembangan secara signifikan. Dapat dilihat dengan jelas dari kemandirian anak yang mula-mula hanyamencapai 5% dengan penggunaan metode tepat dan cermat akhirnya merubah menjadi 100%





ii
 

KATA PENGANTAR




Tidak ada tutur kata yang patut peneliti ucapkan, kecuali ucapan alhamdulillah. Karena atas   rahmad, hidayah, dan nikmat-Nyalah  peneliti dapat menyelesaikan penelitian yang berjudul “Penggunaan Celemek Cerita Untuk Meningkatkan Kemandirian Anak TK Kelompok A (Penelitan Tindak Kelas di TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Pucanganom – Sidoarjo).”  Sesuai dengan waktu yang telah direncanakan.
Penelitian ini tidak akan dapat terlaksana sesuai dengan harapan peneliti, tanpa adanya pengarahan-pengarahan dan bantuan dari berbagai pihak, oleh karena itu ucapan terimaksih dan penghargaan yang setinggi-tingginya penulis sampaikan kepada yang terhormat:
1.      Bapak Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd. selaku ketua lembaga penelitian Universitas Negeri Malang.
2.      Dra. Umu Dayati, M.Pd. selaku pendamping  I dalam pelaksanaan penelitian ini.
3.      Dra. Harti Kartini, M.Pd. selaku pendamping II dalam pelaksanaan penelitian ini
4.      Kepala   beserta pengajar TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Pucanganom Sidoarjo yang bersedia ditempati untuk kegiatan penelitian ini.
5.      Teman-teman sejawat dan seprofesi yang tiada henti-hentinya dalam memberikan semangat kepada peneliti.

iii
 
Insya Allah partisipasi dan bantuan Bapak/Ibu dari berbagai pihak di atas akan selalu mendapat taufik, hidayah, dan rida dari Allah Swt. Amin!

iv
 
Akhirnya karena peneliti hanya  manusia biasa yang penuh dengan kekhilafan, tentu dalan penyusunan penulisan ini terdapat kesalahan-kesalahan dan kekurangan-kekurangan. Oleh karena itu saran dan kritik datangnya dari mana saja dan kapan saja akan penuliti terima dengan senang hati.

                                                                              Sidoarjo, 22 November 2006
                                                                                                           Peneliti,


                                                                                               Muji Dwi Sri Wilujeng


DAFTAR ISI



ABSTRAK ................................................................................................          i
KATA PENGANTAR ..............................................................................          iii
DAFTAR ISI .............................................................................................          iv
DAFTAR GAMBAR.................................................................................          v
BAB    I  PENDAHULUAN.....................................................................          1
A. Latar Belakang Masalah.........................................................          1
 B. Rumusan Masalah .................................................................          3
C. Tujuan Penelitian ....................................................................          4
D. Hipotsis ..................................................................................          4
E. Lingkup Penelitian .................................................................          4
F. Definisi Oprasional..................................................................          5
G. Kegunaan Penelitian ..............................................................          5
BAB   II   AJIAN   TEORITIS   TENTANG METODE PENGAJAR    -
AN CELEMEK  CERITA DAN KEMANDIRIAN ANAK....          6
A. Konsepsi Metode Pengajaran  ...............................................          6
B. Konsepsi Metode Pengajaran “Celemek Certa”.....................          7
                 C. Konsepsi Kemandirian .........................................................          8
BAB III  METODE PENELITIAN   .......................................................          9
               A. Pendekatan Penelitian  ...........................................................          9
               B. Model Penelitian    .................................................................          10

v
 
               C. Rancangan Penelitian .............................................................          14

vi
 
               D. Data dan Sumber Data Penelitian ..........................................          14
               E. Teknik Analisis Data ..............................................................          14
F. Alokasi Penelitian....................................................................          15
BAB  IV PAPARAN DATA DAN TEMUAN PENELITIAN ..............          16
A.    Siklus I  ................................................................................          16
B. Siklus .....................................................................................          21
BAB    V PEMBAHASAN ......................................................................          22
A. Gambaran Metode Pembelajaran Bercerita dengan Alat Peraga
Celemek Cerita .....................................................................          22
                B. Gambaran Kemandirian Anak TK Kelompok A ..................          24
C. Gambaran Metode Pembelajaran Bercerita dengan Alat Peraga
 “Celemek  Cerita dalam Meningkatkan Kemandirian Anak          24
BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN..................................................          26
A. Kesimpulan ............................................................................          26
               B. Saran  .....................................................................................          27
DAFTAR PUSTAKA ...............................................................................          28
LAMPIRAN – LAMPIRAN







vii
 
DAFTAR GAMBAR




BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

            Pendidikan di Taman Kanak-Kanak (TK) merupakan pendidikan yang menyenangkan dengan prinsip “belajar sambil bermain, bermain seyara belajar”. Berangkat dari sinilah pembelajaran yang ada di TK harus dicermati, sehinga apa yang diharapkan, yakni agar anak-anak lebih mandiri dalam segala hal sesuai dengan kapasitas anak bisa tercapai. Metode pengajaran yang tepat dan cermat akan mengarahkan anak-anak pada hasil yang optimal.
Macam-macam metode pengajaran di antaranya adalah metode bercerita, permainan bahasa, sandiwara boneka, bercakap-cakap, dramatisasi, bermain peran,  karya wisata, demontrasi, metode pemikiran dan perasaan terbuka, dan pemanasan atau apersepsi
Tiap-tiap metode tentu mempunyai tujuan secara khusus sekalipun kadang-kadang antara metode yang satu dengan metode yang lain mempunyai tujuan yang sama. Hal itu dapat dilihat dalam buku “Pedoman Guru Bidang Pengembangan Berbahasa di Taman Kanak-Kanak” yang dijelaskan:
Metode bercerita mempunyai tujuan melatih daya tangkap, melatih daya pikir, melatih daya konsentrasi, membantu perkembangan fantasi, menciptakan suasana menyenangkan, dan akrab di kelas.

1
 
Metode permainan bahasa mempunyai tujuan anak mengerti apa yang dikatakan kepadanya, anak pandai memusatkan perhatiannya pada apa yang didengarnya, anak pandai menarik kesimpulan dan apa yang sudah didengarnya, dan anak suka mendengarkan pembicaraan orang lain.

2
 
Metode sandiwara boneka mempunyai tujuan melatih daya tangkap, melatih daya pikir, melatih daya konsentrasi, melatih membuat kesimpulan, membantu perkembangan intelegensi, membantu perkembangan fantasi, dan menciptakan suasana senang di kelas.
Metode bercakap-cakap mempunyai tujuan mengembangkan kecakapan dan keberanian, menyampaikan pendapat kepada orang lain, memberi kesempatan untuk berekspresi secara lisan, memperbaiki lafal dan ucapan, dan mengembangkan intelegensi.
Metode dramatisasi mempunyai tujuan memberi kesempatan yang sebaik-baiknya kepada anak untuk mengekpresikan diri dan memenuhi kebutuhan meniru.
Metode mengucapkan syair mempunyai tujuan memupuk persamaan irama dan perasaan estetis, memperkaya perbendaraan kata, dan melatih daya ingatan.
Metode bermain peran mempunyai tujuan melatih daya tangkap, melatih daya konsentrasi, melatih membuat kesimpulan, membantu perkembangan intelegensi, membantu perkembangan fantasi, dan menciptakan suasana senang.
Metode karya wisata mempunyai tujuan mengenal lingkungan secara langsung membantu perkembangan intelegensi, dan menambah perbendaraan bahasa.
Begitu juga dengan metode-metode yang lain, misalkan metode demontrasi, metode pemikiran dan perasaan terbuka, maupun metode pemanasan atau apersepsi masing-masing tentu mempunyai tujuan khusus.

3
 
Metode-metode tersebut adalah sebuah variasi atau pilihan dalam setiap melakukan kegiatan pembelajaran sesuai dengan tujuan yang diinginkan oleh setiap pengajar, sehingga tidak akan terjadi lagi penggunaan metode yang telah ditentukan melenceng atau tidak sesuia dengan tujuan yang diinginkan. Dalam hal ini misalkan metode cerita dibantu dengan alat peraga yang menarik dan unik akan merangsang siswa untuk betul-betul memperhatikan setiap apa yang akan  disampaikan oleh pengajar atau guru.
Untuk menjadikan agar anak mandiri, agar anak dapat melakukan sesuatu tanpa bantuan orang lain adalah suatu harapan bagi semua pihak baik dari pihak sekolah maupun pihak orang tua atau wali murid, karena kemandirian adalah suatu hal yang sangat menting yang harus dimiliki oleh setiap anak. Agar tidak selalu  bergantung pada orang lain. Kemandirian adalah “Hal atau keadaan dapat berdiri sendiri, tanpa bergantung pada orang lain.” (Tim.1996:555). Oleh karena itu metode bercerita dengan menggunakan alat peraga clemek cerita adalah sebuah pilihan yang tepat.


B. Rumusan Masalah

1.      Bagaimanakah metode pembelajaran bercerita dengan menggunakan alat peraga clemek cerita di TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Pucanganom  Sidoarjo?
2.      Sejauh manakah kemandirian anak kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Pucanagom Sidoarjo
3.     

4
 
.Sejauh manakah metode pembelajaran bercerita dengan menggunakan alat peraga clemek cerita anak kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Pucanganom Sidoarjo dalam meningkatkan kemandirian anak?

C. Tujuan Penelitian

1.      Untuk mengetahui pembelajaran bercerita dengat alat pegaga clemek cerita di TK Aisyiyah Athfal I  Pucanganom Sidoarjo.
2.      Untuk mengetahui kemandirian anak TK kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Pucanganom Sidoarjo.
3.      Untuk mengetahui sejauh mana metode bercerita dengan alat peraga clemek cetita dalam meningkatkan kemandirian anak TK kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Pucanganom Sidoarjo.

D. Hipotesis

            Berdasar atas rumusan masalah sebagai mana di atas dapat dirumuskan hipotesis sebagai beriku:
            Menggunakan metode pembelajaran bercerita dengan alat peraga celemek cerita dapat meningkatkan kemandirian anak TK kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Pucanganom Sidoarjo.

E. Lingkup Penelitian

            Agar dalam pembehasan ini tidak terlalu meluas, maka pembahasan hanya difokuskan pada penggunaan metode pmbelajaran bercerita dengan menggunakan alat peraga celemek cerita kaitannya dengan kemandirian anak TK kelompok A. Penelitian ini dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Pucanganom Sidoarjo.

5
 
 


F. Definisi Oprasional

            Agar tidak terjadi perbedaan arti, maka dalam penelitian ini diperlukan pendefinisian hal-hal sebagai erikut:
  1. Penggunaan clemek cerita yang diajarkan di TK Kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Pucanganom Sidoarjo adalah pengembangan atau variasi dari metode bercerita di bidang pengembangan kemampuan berbahasa di Taman Kanak-Kanak yang menggunakan alat peraga tidak langsung, yakni benda tiruan, gambar guntingan-guntingan yang ditempelkan pada celemek yang terbuat dari kain flannel.
  2. Yang dimaksud dengan kemandirian dalam penelitian ini adalah siswa dapat melakukan sesuatu yakni dapat memakai sepatu dan baju tanpa bantuan orang lain atau guru (pada saat di sekolah).

G. Kegunaan Penelitian

  1. Secara teoritis kegunaan penelitian ini dapat memperbanyak atau memperkaya tentang variasi metode pengajaran bercerita dengan penggunaan alat peraga tidak langsung di bidang pengembangan kemampuan berbahasa di taman kanak-kanak..
  2. Bisa dipergunakan sebagai bahan pertimbangan bagi para pengajar dalam rangka untuk memberikan variasai pengajaran agar tidak menjenuhkan.

0 comments on TK--01 PENGGUNAAN CELEMEK CERITA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK TK KELOMPOK A ( PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL I PUCANGANOM – SIDOARJO) :

Post a Comment and Don't Spam!

Berkomentarlah secara bijak

About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search