LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
PENGGUNAAN MODIFIKASI PERMAINAN DAKON UNTUK
MENINGKATKAN KECEPATAN MENGHITUNG DALAM OPERASI PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT PADA
ANAK TUNANETRA KELAS IV DI SLBN GEDANGAN SIDOARJO
OLEH :
LILIS MARWIYANA
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SIDOARJO
SLB NEGERI GEDANGAN
Jl. Raya Sedati Km 2 Gedangan
Sidoarjo Telp. (031) 8913370
Nopember 2006
HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Judul penelitian
|
:
|
Penggunaan Modifikasi Permainan Dakon Untuk
Meningkatkan Kecepatan Menghitung Dalam Operasi Penjumlahan Bilangan Bulat
Pada Anak Tunanetra Kelas IV Di SLBN Gedangan Sidoarjo
|
||||
2.
|
Identitas Peneliti
a. Nama Lengkap
b. Jenis Kelamin
c. Pangkat / Gol / NIP
d. Mata Ajaran Pokok
e. Lokasi Penelitian
f. Alamat kantor
|
:
:
:
:
:
:
:
|
Lilis Marwiyana
Perempuan
Pembina / IV a / 132099644
Guru Kelas
SLB Negeri Gedangan
Jl. Sedati KM 2 Gedangan Sidoarjo,
Telp. (031) 8913370 - 8918533
|
|||
3.
|
Lama Penelitian
Dari
|
:
:
|
3 Bulan
bulan September 2006 sampai bulan Nopember 2006
|
|||
4.
|
Biaya Yang Dibutuhkan
|
:
|
Rp. 2.000.000,-
( Dua Juta Rupiah )
|
|||
Mengetahui
SLB Negeri Gedangan
Kepala
ISMANINGJAH, S.Pd
NIP. 130936190 |
Sidoarjo, Nopember 2006
Peneliti
LILIS MARWIYANA
NIP. 132099644 |
|||||
Menyetujui
Ketua Lembaga
Penelitian
Universitas Negeri Malang
Dr. IBRAHIM BAFADAL, M.Pd.
NIP. 131652225
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis penjatkan
kehadirat Allah SWT berkat rahmat dan hidayahnya, sehingga seluruh proses
penelitian sampai penulisan laporan ini dapat terselesaikan dengan tepat waktu
yang telah ditentukan.
Penelitian ini dapat
terlaksana berkat dukungan dana kemitraan antara Lembaga Penelitian Universitas
Negeri Malang dengan Ditjen peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga
Kependidikan, serta bantuan dan kerja sama dari berbagai pihak yang telah
membantu kelancaran penelitian ini. Oleh karena itu pada kesempatan ini penulis
sampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada :
- Kemitraan
antara lembaga penelitian Universitas Negeri Malang dengan Ditjen
Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan yang telah mewadai
penelitian ini.
- Bapak Dr.
Ibrahim Bafadal, M.Pd, selaku Ketua Lembaga Penelitian Universitas Negeri
Malang.
- Ibu Dra.
Umi Dayati, M.Pd dan ibu Dra. Harti Kartini, M.Pd, selaku pembimbing dalam
pelaksanaan PTK hingga sampai selesai penyusunan hasil PTK.
- Bapak/ Ibu
penyaji materi yang sangat membantu dalam memantapkan penulis untuk
membuat laporan hasil penelitian.
- Ibu
Ismaningjah, S.Pd selaku Kepala SLB Negeri Gedangan Sidoarjo tempat
terlaksananya penelitian yang telah memberikan kesempatan dan arahan pada
penulis dalam pelaksanaan penelitian.
- Bapak
Miseri, S.Pd sebagai mitra penelitian yang bersedia berkolaborasi dalam
pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK) hingga selesai.
Akhir kata semoga penelitian
ini bermanfaat, dan sebagai masukan bagi guru dalam meningkatkan pembelajaran
matematika di SLB.
Sidoarjo, Nopember
2006
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN SAMPUL LAPORAN PENELITIAN .............................................. i
HALAMAN PENGESAHAN ................................................................................. ii
ABSTRAK ............................................................................................................... iii
KATA PENGANTAR ............................................................................................. iv
DAFTAR ISI ............................................................................................................ v
DAFTAR TABEL .................................................................................................... vii
DAFTAR LAMPIRAN ........................................................................................... viii
BAB I
Pendahuluan .............................................................................................. 1
1.1 Latar Belakang
Masalah ......................................................................... 1
1.2 Rumusan Masalah ................................................................................... 3
1.3 Pemecahan Masalah ................................................................................ 3
1.4 Tujuan Penelitian .................................................................................... 3
1.5 Manfaat ................................................................................................... 4
BAB II
Kajian Teori ............................................................................................... 6
A. Pembelajaran
Matematika ....................................................................... 6
- Pembelajaran Matematika Memanfaatkan
Alat/Media......................
7
- Alat Peraga Permainan Dakon .......................................................... 9
- Pengertian Anak Tunanetra dan
Permasalahannya ........................... 11
B. Hipotesis ................................................................................................. 15
BAB III Metode Penelitian ...................................................................................... 16
A.
Rancangan Penelitian .............................................................................. 16
- Setting Penelitian .............................................................................. 16
- Variabel ............................................................................................. 16
- Rencana Tindakan ............................................................................ 16
B.
Pengumpulan Data .................................................................................. 18
C.
Indikator kinerja ..................................................................................... 18
BAB IV Hasil Penelitian dan Pembahasan .............................................................. 19
A.
Hasil Penelitian ....................................................................................... 19
4.1
Siklus 1 .......................................................................................... 20
4.1.1
Persiapan Tindakan ............................................................... 20
4.1.2
Pelaksanaan Tindakan ........................................................... 23
4.1.2.1
Pertemuan I ............................................................... 23
4.1.2.2
Pertemuan II ............................................................. 24
4.1.3
Observasi .............................................................................. 25
4.1.3.1
Observasi pada pertemuan 1 ..................................... 25
4.1.3.2
Observasi pada pertemuan 2 ..................................... 26
4.1.4
Analisis dan Refleksi ............................................................ 27
4.1.4.1 Analisis dan Refleksi
Pertemuan 1 ........................... 27
4.1.4.2
Analisis dan Refleksi Pertemuan 2 ........................... 27
4.2
Siklus 2 .......................................................................................... 31
4.2.1
Persiapan Tindakan ............................................................... 31
4.2.2
Pelaksanaan Tindakan ........................................................... 32
4.2.3
Observasi .............................................................................. 32
4.2.4
Analisis dan Refleksi ............................................................ 33
B.
Pembahasan ............................................................................................ 34
BAB
V Kesimpulan dan Saran ................................................................................ 36
A.
Kesimpulan ............................................................................................. 36
B.
Saran ....................................................................................................... 36
DAFTAR
RUJUKAN .............................................................................................. 38
LAMPIRAN
............................................................................................................. 39
DAFTAR TABEL
Halaman
Tabel
1 Hasil Pelaksanaan Persiapan
Tindakan ................................................... 21
Tabel 2 Data Hasil Penilaian
Proses Tentang Kemampuan Mengerjakan
Soal Matematika
Operasi Hitung Bilangan Bulat Positif Dan
Negatif Tanpa
Media Modifikasi Permainan Dakon Pada
Siswa Kelas IV Tunanetra Di SLBN Gedangan Sidoarjo ...................... 28
Tabel 3 Data hasil ulangan matematika siswa
Tunanetra kelas IV
Materi operasi penjumlahan bilangan bulat dengan
menggunakan
garis bilangan ................................................................... 29
Tabel 4 Data Hasil Penilaian Proses Tentang
Kemampuan Mengerjakan
Soal Matematika
Operasi Hitung Bilangan Bulat Positif Dan
Negatif Melalui
Media Modifikasi Permainan Dakon Pada
Siswa
Kelas
IV Tunanetra Di SLBN Gedangan Sidoarjo pada siklus I ........... 30
Tabel 5 Data hasil ulangan matematika siswa
Tunanetra kelas IV
Materi operasi penjumlahan bilangan bulat dengan
menggunakan
alat
peraga modifikasi permainan dakon pada siklus I ........................... 31
Tabel 6 Data Hasil Observasi Siklus 2 Tentang Kemampuan Mengerjakan
Soal Matematika Operasi Hitung Bilangan Bulat Positif Dan
Negatif
Melalui Media Modifikasi Permainan Dakon ........................................ 34
Tabel 7 Data hasil ulangan matematika siswa
Tunanetra kelas IV
Materi
operasi penjumlahan bilangan bulat dengan menggunakan
alat
peraga modifikasi permainan dakon pada siklus 2 ........................... 34
DAFTAR LAMPIRAN
Halaman
Lampiran 1 Rencana Pembelajaran 1 ................................................................... 40
Lampiran 2 Rencana Pembelajaran 2 ................................................................... 43
Lampiran 3 Ulangan
Harian 1 .............................................................................. 45
Lampiran 4 Ulangan Harian 2 .............................................................................. 47
Lampiran 5 Penyajian Program Pembelajaran ...................................................... 49
Lampiran 6 Penilaian
Proses dan Hasil Pembelajaran .......................................... 52
Lampiran 7 Foto-foto
kegiatan ............................................................................ 53
ABSTRAK
Lilis Marwiyana : Penggunaan
modifikasi permainan dakon untuk meningkatkan kecepatan menghitung dalam
operasi penjumlahan bilangan bulat pada anak Tunanetra kelas IV di SLBN
Gedangan Sidoarjo
Kata Kunci : Modifikasi permainan dakon,
penjumlahan bilangan bulat, anak tunanetra
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan
gambaran tentang kecepatan menghitung serta meningkatkan hasil pembelajaran
matematika tentang penjumlahan bilangan bulat pada anak tunanetra kelas IV di
SLB Negeri Gedangan Sidoarjo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini
adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian
ini bersifat kolaborasi. Jumlah siswa yang dijadikan subyek penelitian 4 siswa
tunanetra.
Tulisan ini bertolak dari instropeksi yang penulis
lakukan setelah pembelajaran siswa pada materi tentang bilangan bulat dengan
indikator melakukan operasi hitung penjumlahan bilangan bulat dengan menggunakan
garis bilangan. Setelah para siswa belajar sesuai dengan alokasi waktu yang
ada, ternyata hasil penilaiannya kurang memuaskan. Hal ini penulis ketahui
setelah mengadakan analisis hasil ulangan. Penulis menduga bahwa penggunaan
garis bilangan pada operasi penjumlahan bilangan bulat membuat siswa jenuh dan
pembelajaran kurang menarik. Dari intropeksi diatas, maka penulis menciptakan
alat atau media yang diharapkan membuat
siswa lebih mudah memahami materi, aktif, kreatif, afektif dan menyenangkan
yaitu modifikasi permainan dakon dan cara penggunaannya untuk meningkatkan
kecepatan menghitung dalam operasi penjumlahan bilangan bulat pada anak
tunanetra kelas IV.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan
penelitian tindakan kelas dan modifikasi permainan dakon dapat meningkatkan
kecepatan menghitung dalam operasi penjumlahan bilangan bulat, serta dapat meningkatkan
hasil pembelajaran (Mencapai hasil belajar tuntas).
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Matematika
merupakan suatu bahan kajian yang memiliki objek abstrak dan dibangun melalui
penalaran deduktif, yaitu kebenaran suatu konsep diperoleh sebagai akibat logis
dan kebenaran sebelumnya sehingga keterkaitan antar konsep dalam matematika
bersifat kuat dan jelas. Tanpa
konsep A tidak mungkin akan memahami konsep B.
Salah satu materi pokok
mata pelajaran matematika kelas 4 pada Kurikulum
2004 yaitu operasi hitung bilangan bulat. Salah satu indikatornya yaitu
melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan
menggunakan garis bilangan. Indikator tersebut sebelumnya tidak dipelajari di
kelas 3. Jadi merupakan materi baru.
Sudah
barang tentu sebagai materi baru maka guru harus berusaha agar para siswa
benar-benar memahami konsep operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan
bulat dengan menggunakan garis bilangan tersebut.
Alokasi
waktu untuk operasi hitung penjumlahan bilangan bulat dengan menggunakan garis
bilangan yaitu 1 kali pertemuan selama 3 jam pelajaran (@ 40 menit). Sedangkan
untuk operasi hitung pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan garis
bilangan juga 1 kali pertemuan selama 3 jam pelajaran (@ 40 menit).
Setelah
para siswa belajar operasi hitung penjumlahan bilangan bulat dengan menggunakan
garis bilangan sesuai alokasi waktu yang ada, ternyata hasil penilaiannya
kurang memuaskan. Hal ini penulis ketahui setelah mengadakan analisis hasil
ulangan. Dari hasil analisis tersebut diketahui bahwa rata-rata nilai
pengamatan yaitu 6,7 (kategori cukup) dan rata-rata nilai ulangan harian 5,1.
Dan hasil
tersebut rnaka penulis harus mengulang atau melakukan perbaikan proses
pembelajaran materi operasi hitung penjumlahan bilangan bulat tersebut.
Sehingga penulis tidak melanjutkan indikator berikutnya yaitu operasi hitung
pengurangan bilangan bulat
Instrospeksi
yang penulis lakukan, penulis menduga bahwa penggunaan garis bilangan pada
operasi penjumlahan bilangan bulat membuat siswa menjadi jenuh. Setiap kali
menyelesaikan soal siswa harus membuat garis bilangan. Jika siswa diberi
sepuluh nomor soal penjumlahan bilangan bulat, maka siswa harus membuat sepuluh
garis bilangan. Hal ini membuat siswa bosan dan cepat lelah. Akhirnya menjadi
kurang konsentrasi dalam belajar.
Dan
introspeksi di atas, maka penulis perlu menciptakan alat atau metode lain yang
membuat siswa lebih memahami materi, aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
Untuk menjawab tantangan tersebut, penulis membuat sebuah alat peraga beserta
cara penggunaannya untuk memahamj konsep operasi hitung penjumlahan bilangan
bulat yaitu alat permainan dakon.
Harapan
penulis, alat peraga permainan dakon tersebut dapat membantu dan mempermudah
siswa dalam memahami konsep penjumlahan bilangan bulat dan menyelesaikan
operasi hitung penjumlahan bilangan bulat sekaligus menyenangkan siswa karena
mengandung unsur permainan. Penulis memandang bahwa alat permainan tersebut
menarik, penting, dan perlu dilakukan oleh guru karena dapat menarik minat
siswa dalam belajar tentang operasi penjumlahan bilangan bulat.
B.
Rumusan Masalah
Berkaitan
dengan permasalahan yang ingin dipecahkan. Maka dalam bagian ini diketengahkan
rumusan masalah sebagai berikut :
“Bagaimanakah
penggunaan modifikasi permainan dakon untuk meningkatkan kecepatan menghitung dalam operasi
penjumlahan bilangan bulat pada Anak Tunanetra kelas IV di SLBN Gedangan
Sidoarjo?”
C.
Pemecahan Masalah
Keterbatasan
anak tunanetra dalam mengerjakan penjumlahan bilangan bulat dalam
mengoptimalkan penggunaan media dakon dalam kegiatan pembelajaran di kelas,
dengan penggunaan permainan dakon dalam pembelajaran ini siswa akan tumbuh
minat belajar matematika khususnya pada penjumlahan bilangan bulat sehingga
meningkat hasil belajarnya.
D.
Tujuan Penelitian
Tujuan
penelitian tindakan kelas adalah untuk meningkatkan kecepatan menghitung dalam
operasi penjumlahan bilangan bulat dengan menerapkan permainan dakon pada
anak-anak tunanetra.
E.
Manfaat
Manfaat
yang dapat diambil dari penelitian ini antara lain :
1. Bagi siswa, untuk
perbaikan dalam meningkatkan hasil pembelajaran mata pelajaran matematika.
2. Bagi guru, agar lebih
kreatif dalam mengembangkan pembelajaran mata pelajaran matematika.
3. Bagi sekolah/
lembaga, untuk meningkatkan mutu kegiatan belajar di sekolah tersebut.
0 comments on SLB-01 PENGGUNAAN MODIFIKASI PERMAINAN DAKON UNTUK MENINGKATKAN KECEPATAN MENGHITUNG DALAM OPERASI PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT PADA ANAK TUNANETRA KELAS IV DI SLBN GEDANGAN SIDOARJO :
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak