MENINGKATKAN DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA
MELALUI SANKSI BERJENJANG PADA SISWA KELAS III
SD NO I SANUR TAHUN PELAJARAN 2009/2010
LAPORAN HASIL PENELITIAN TINDAKAN KELAS
TENTANG SIKAP DISIPLIN DAN
TANGGUNG JAWAB SISWA
DI SEKOLAH
Oleh
I KTUT TRIANA
NIP.19660101 200604 0128
SEKOLAH DASAR NO I SANUR DESA SANUR KAUH
KECAMATAN DENPASAR SELATAN
TAHUN 2009
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis
panjatakan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat-Nyalah akhirnya penulis dapat
menyelesaikan sebuah karya tulis yang berbentuk
PTK ( Penelitian Tindakan Kelas ).
Penulis menyadari
sepenuhnya bahwa karya tulis ini masih jauh dari sempurna, masih banyak
kekurangan baik dalam tata cara
penulisannya , pengkajian datanya
serta bahasa yang saya
pergunakan. Namun penulis merasa bangga karena baru pertama kali dapat
menyelesaikan karya tulis berbentuk PTK. yang kebetulan diselenggarakan oleh
P4TKTKPLB. Semoga karya tulis yang
perdana ini menjadi bahan pelajaran bagi Penulis untuk menulis karya tulis karya tulis ilmiah lainnya dalam rangka
meningkatkan kualitas menulis karya ilmiah lainnya..
Dalam kesempatan ini
penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada teman teman yang telah membantu
menyelesaikan karya tulis ini.. Khusus kepada pembibing karya tulis online
Bapak Musa Sukardi saya menyampaikan
ucapan terima kasih atas bimbingannya sehingga karya tulis ilmiah ini dapat
saya selesaikan tepat pada waktunya yang telah penulis rencanakan.
Pada akhir kata
ijinkan saya minta maaf bila ada hal hal
yang kurang berkenan yang tidak
sengaja dan tidak sadar mungkin
pernah saya ucapkan atau tulis. Atas perhatinnya penulis ucapkan banyak terima
kasih
Denpasar, 22 September
2009
Penulis
I KTUT TRIANA
MENINGKATKAN DISIPLIN
DAN TANGGUNG JAWAB
SISWA
MELALUI SANKSI BERJENJANG PADA
SISWA KELAS III
SD NO I SANUR TAHUN PELAJARAN
2009/2010
ABSTRAKSI
I KTUT TRIANA
Dalam rangka mencapai
tujuan pendidikan yang ideal sesuai dengan undang undang sistem pendidikan nasional pasal 3, maka salah satu faktornya yang harus diperhatikan
adalah bila siswa selalu bersikap disiplin dan memiliki rasa tanggung jawab
yang tinggi disekolah.
Kenyataan terjadi pada
saat ini dilapangan, anak selalu kurang
disiplin dan kurang memiliki rasa tanggung jawab di sekolah,
tidak membuat pekerjaan rumah, mencoret coret bangku, tidak biasa
mengantre, pada saat upacara bendera tidak tertib, tidak berpakian dengan rapi,
sering datang terlambat, menyerahkan tugas tidak tepat waktu, di dalam kelas
selalu mengganggu teman, sering berkelahi, kurang hormat pada guru. Hal hal ini
merupakan dasar dalam pembentukan watak dan kepribadian siswa. Kalau
kebiasan ini tidak menemukan pemecahan masalahnya maka tujuan penedidikan
nasional akan sulit terwujud.
Berbagai faktor yang
mempengaruhi anak kurang menunjukkan sikap tersebut, diantaranya lemahnya perhatian
orang tua kepada putra putrinya dikarenakan orang tua selalu sibuk dengan
urusan ekonomi, orang tua yang otoriter, keluarga yang home broken, pengaruh
pergaulan dilingkungan sekitar anak ,
adanya perkembangan media yang elektronik, kurang demokratisnya
pendekatan dari orang tua maupun guru yang ada di sekolah.
Tujuan utama dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui
tingkat disiplin dan rasa tanggung jawab siswa kelas III SD I Sanur tahun
pelajaran 2009/2010. Hal ini dianggap penting oleh peneliti karena faktor
tersebut akan berpengaruh terhadap tercapainya tujuna pendidikan di sekolah ( tujuan institusional ), Dengan
demikian maka yang menjadi obyek dan subyek penelitian adalah siswa kelas III
SD I Sanur tahun pelajaran 2009/2010.
Langkah penelitian ini
adalah mulai dari perencanaan, observasi sebelum pelaksanaan, penelitian,
observasi pada saat pelaksanaan
penelitian dari siklus I sampai dengan siklus II dan dilakukan pengolahan data
secara diskriptif komperatif serta diadakan refleksi dari masing masing siklus..
Berdasarkan hasil
pengamatan diketahui, bahwa sebelum diterapkan sanksi berjenjang pada siswa
kelas III SD I Sanur, tingkat
disiplin siswa sangat rendah dibawah
nilai rata-rata standar yaitu 5,2.
Begitu pula nilai rata rata rasa tanggung jawab siswa dengan rata rata katagori D yaitu dengan
nilai 4,9. Dan kalau digabungkan antara
nilai sikap disiplin dan rasa tanggung jawab maka nilainya rata rata 5,1 ( D )
Pada siklus I ini
diketahui bahwa pada katagori tingkat disiplin siswa nilainya masih rendah
yaitu nilai cukup ( C ). Sedangkan pada katagori rasa tanggung jawab siswa
mencapai nilai cukup ( C ) yaitu rata rata nilainya 6,7. namun pada poin mengerjakan tugas rumah dengan nilai ( D ) yaitu 5,4,
Dengan adanya kekurangan
kekurangan yang ditemukan pada siklus I
ini, maka peneliti mencari solusi pemecahan dengan meningkatkan sanksi
sanksi terhadap siswa yang melanggar
ataupun dengan cara cara lain namun siswa tidak merasa terpaksa melakukan atau melaksanakan tugas ( tindakan ) secara tulus
dan ikhlas. Cara cara tersebut adalah dengan memberikan pembinaan kepada siswa,
agar mereka secara sadar dan ikhlas melakukan kegiatan yang bersikap disiplin
dan memiliki rasa tanggung jawab penuh terhadap tugas tugas hariannya.
Dengan perbaikan tersebut maka pada
siklus II hasilnya diketahui bahwa tingkat disiplin siswa kelas III SD I Sanur
tahun pelajaran 2009/2010 di sekolah, mencapai nilai rata rata 8,6 ( dalam
katagori sangat baik ). Sedangkan pada tingkat tanggung jawab siswa mencapai
nilai 8,5 ( sangat baik ). Namun yang menjadi catatan pada penelitian ini
adalah bahwa, pada katagori mengerjakan tugas rumah yang hanya mampu mencapai nilai pada katagori cukup ( C
) yaitu dengan nilai rata rata 6,7
Terjadinya peningkatan
tingkat disiplin dan tanggung jawab siswa dari siklus I sampai siklus ke II
karena dilakukan perbaikan pada teknik dalam meberikan sanksi berjenjang
secara bervariasi, pembinaan dengan
kontinu serta motivasi kepada siswa itu sendiri.
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL....................................................... 1
KAT PENGANTAR.............................................. .........2
ABSTRAKSI..................................................... ..........3
DAFTAR ISI..................................................... ..........4
BAB I PENDAHULUAN
- Latar Belakang Masalah........................................
8
- Identifikasi Masalah..............................................9
- Batasan Masalah.................................................10
- Pengertian Tentang Istilah....................................11
- Rumusan Maslah................................................
12
- Tujuan Penelitian................................................13
- Manfaat Penelitian...............................................13
BAB II :LANDASAN TEORI DAN RUMUSAN MASALAH
- Landasan Teori
- Konsep Penerapan
Sikap Disiplin
Dalam Pendidikan..........................................15
- Penerapan Disiplin
Melalui Pembiasaan........... .17
- Pendidikan Melalui
Tanggung Jawab.................18
- Interaksi Pendidikan.......................................19
- Faktor faktor Yang
Mempengaruhi
sikap Kurang Disiplin......................................21
- Sanksi Sebagai Alat
Pendidikan.......................22
- Hal hal yang perlu
diperhatikan guru dalam
menerapkan sikap disiplin dan tanggung
jawab kepada siswa........................................23
B.Kerangka Berpikir.................................................25
C.Hipotesa Tindakan...............................................
25
BAB III :METODE PENELITIAN
- Seting Penelitian.................................................27
- Waktu Penelitian...........................................27
- Tempat
Penelitian.........................................27
- Subyek Penelitian................................................28
- Sumber Data.......................................................28
- Metode Dan Instrumen
Penelitian...........................28
- Teknik Pengumpulan
Data..............................28
- Alat Pengumpulan
Data..................................29
- Validasi Instrumen...............................................29
- Validasi Teoritik............................................29
- Validasi Empirik............................................29
- Analisis Data.....................................................
30
- Indikator Kinerja.................................................
30
- Prosodur Penelitian.............................................
31
a.
Tahap perencanaan......................................... 31
b.
Observasi sebelum pelaksanaan penelitian...........32
c.
Tahap pelaksaan penelitian................................32
d.
Tahap observasi pada saat penerapan
sanksi berjenjang............................................
33
e.
Tahap evaluasi dari hasil pelaksaan penelitian..... 33
f.
Tahap Refleksi.................................................34
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
- Deskripsi Kondisi
Awal......................................... 35
- Deskripsi Hasil
Siklus I....................................... 36
- Perencanaan Tindakan...................................36
- Pelaksanaan Tindakan................................. 37
- Hasil Pengamatan
........................................39
- Repleksi Siklus I..........................................
39
- Deskripsi Hasil
Siklus II....................................... 41
- Pembahasan Tiap
Siklus Dan Antar Siklus................43
- Kesimpulan Dari Hasil
Penelitian............................45
BAB V :PENUTUP
- Kesimpulan.........................................................48
- Saran.................................................................48
Daftar Pustaka
Lampiran lampiran
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Dalam pasal 3 undang
undang sistem pendiikan nasional disebutkan, ”Pendidikan nasional berfungsi
mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang
bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya
potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu ,cakap, kreatif, mandiri
dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab” (
Undang Undang Sisdiknas, Asa Mandiri 2006; 53 )
Dengan demikian apa
yang diharapkan dalam tujuan pendidikan tersebut selain kreatif, mandiri cakap
dan berilmu dan sehat yang paling mendasar adalah memiliki akhlak mulia,
bertakwa pada Tuhan Yang Maha Esa dan bertanggung jawab. Harapan ideal tersebut
dapat dicapai bila salah satu faktornya yang harus diperhatikan adalah
bila siswa selalu bersikap disiplin dan memiliki rasa tanggung jawab di
sekolah dengan nilai rata rata baik (7,0 -8,4) dan sangat baik ( 8,5 – 10 ).
Kenyataan terjadi pada
saat ini dilapangan, anak selalu kurang
disiplin dan kurang memiliki rasa tanggung jawab di sekolah,
tidak membuat pekerjaan rumah, mencoret coret bangku, tidak biasa antre,
pada saat upacara bendera tidak tertib, tidak berpakian dengan rapi, sering
datang terlambat, menyerahkan tugas tidak tepat waktu, di dalam kelas selalu
mengganggu teman, sering berkelahi, kurang hormat pada guru. Hal hal ini
merupakan dasar dalam pembentukan watak dan kepribadian siswa. Kalau kebiasan
ini tidak menemukan pemecahan masalahnya maka tujuan pendidikan nasional akan
sulit terwujud.
Berbagai faktor yang
mempengaruhi anak kurang menunjukkan sikap tersebut, diantaranya lemahnya
perhatian orang tua kepada anaknya
dikarenakan orang tua selalu sibuk dengan urusan ekonomi, orang tua yang
otoriter, keluarga yang home broken, pengaruh pergaulan dilingkungan sekitar
anak , adanya perkembangan media elektronik, kurang demokratisnya pendekatan
dari orang tua maupun guru yang ada disekolah.
Dengan memberikan
sanksi berjenjang di sekolah pada siswa diharapkan dapat merubah sikap dari
kurang disiplin dan kurang bertanggung jawab menjadi anak yang berdisiplin dan
bertanggung jawab.
B. Identifikasi Masalah
Yang dimaksud dengan
identifikasi adalah tanda diri, bukti diri, penentu atau
penetapan , indentitas seseorang, benda dan sebagainya, proses psikologi yang
terjadi pada diri seseorang karena secara tidak sadar membayangkan dirinya seperti orang lain yang
dikaguminya, lalu dia meniru tingkah laku orang yang dikaguminya ( kamus
lingkap Bahasa Indonesia, Sofiah Ramdhani; 2002, hal 248 ).
Jadi yang dimaksud
dengan identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah penetapan atau
menentukan masalah yang berkaitan dengan meningkatkan disiplin dan tanggung
jawab siswa. Adapun identifikasi masalah yang peneliti dapatkan adalah sebagai
berikut.
1. Bahwa pendidikan itu adalah suatu proses perkembangan pribadi
seseorang yang banyak dipengaruhi oleh faktor dari dalam maupun dari luar seseorang . Faktor luar salah satunya
adalah pengaruh lingkungan terhadap diri siswa seperti alat pendidikan, metoda
pendidikan, media pendidikan, sarana dan prasarana. Alat pendidkan salah satu
diantaranya sanksi yang berjenjang. Hal ini tentu akan memberikan dampak
terhadap pola tingkah laku dan kebiasaan siswa di sekolah dan selanjutnya akan
dibawa dalam kehidupan selanjutnya.
2. Dalam proses pendidikan yang berlangsung secara formal di sekolah
guru sebagai pendidik, motivator, fasilitator akan sangat memberikan dampak
terhadap perilaku dan kebiasan murid itu sendiri. Sebagai pendidik guru
disekolah akan menjadi toladan bagi anak didik. Sikap dan perilakunya biasanya
akan ditiru oleh anak didik.
3. Sekolah dasar yang merupakan jenjang pendidikan dasar
seharusnya menegakkan tata tertib
sekolah seperti pada sekolah sekolah formal pada tingkat lebih tinggi. Dengan
penegakaan peraturan yang berlaku disekolah tentu akan menjadi kebiasaan bagi
siswa itu sendiri untuk belajar bertanggung jawab dan berdisiplin. Sekolah yang
tidak menegakkan tata tertib, siswanya akan acuh tak acuh, karena apapun
yang mereka ( siswa ) lakukan tidak akan pernah merasa
ada resiko, beban yang akan dikenakan akibat
bertingkah laku yang kurang baik atau bertingkah laku yang salah.
4. Di dalam lingkungan sekolah siswa perlu mendapat pengawasan sehari
hari dalam bertingkah laku dan bertindak. Pola tingkah laku itu hendaknya
diarahkan kepada etika dan tata krama , sehingga menjadi kebiasaan yang mereka sehari hari. Jadi semua komponen dan
pelaksana yang di sekolah harus pula berpola dan berbuat sesuai dengan etika dan tata krama yang
berlaku.
C. Batasan Masalah
Dalam Penelitian
Tindakan Kelas ini terbatas pada :
Meningkatkan disiplin dan tanggung jawab siswa melalui sanksi
berjenjang pada kelas III SD No. I Sanur
tahun pelajaran 2009/2010.
D. Pengertian tentang istilah.
Dalam penelitian ini
yang berjudul ” Meningkatkan Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Melalui Sanksi
Berjenjang Pada Siswa Kelas III SD No I
Sanur pada Tahun Pelajaran 2009/2010”
Sesuai dengan judul penelitian ini, maka peneliti perlu memberikan
pengertian istilah yang dipergunakan dalam variabel judul tersebut, yaitu:
a. Meningkatkan. Kata meningkatkan berasal dari kata tingkat yang
artinya ” tangga, jenjang, tingkatan, jabatan kemajuan, derajat,
berangsur-angsur naik, bertambah sedikit sedikit, naik setingkat demi setingkat, bertamnbah tinggi”
( Sofiyah Ramdhani E.S,2002; 597 ). Jadi sesuai dengan pendapat tersebut maka
yang dimaksud meningkat dalam penelitian ini adalah membuat perilaku dan sikap
siswa berangsur angsur naik atau lebih baik dari sebelumnya. Meningkatkan
disini juga berarti membuat atau membentuk watak dan perilaku siswa menjadi
lebih baik.
b. Disiplin dan Tanggung Jawab
Sesuai dengan Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Oleh Sofiyah Ramdhani
E.S halaman 158 bahwa kata disiplin sepadan dengan tata
tertib. Peneliti sependapat dengan pendapat ini bahwa disiplin tersebut
berkaitan dengan hal-hal yang seharusnya ditaati yaitu berupa peraturan dan
tata tertib. Karena disiplin ini erat kaitannya dengan pola tingkah laku
seseorang untuk mentaatinya. Jadi apabila seseorang kurang berdisiplin dapat
diartikan bahawa seseorang tersebut kurang bertingkah laku tertib sesuai dengan norma-norma atau
peraturan yang berlaku. Jadi dengan demikina pengertian disiplin dalam
penelitian ini adalah sikap dan pola tingkah laku siswa untuk mentaati norma
norma, peraturan tata tertib yang berlaku disekolah.
Tanggung Jawab. Tanggung jawab adalah ” keadaan wajib menanggung segala
sesuatu kalau ada sesuatu hal, boleh dituntut, dipersalahkan, diperkarakan dsb.
Menanggung segala akibatnya” ( Sofiyah Ramdhani E.S, tahun 2002 halaman 555 ).
Berdasarkan pendapat Ramdhani tersebut diatas maka tanggung jawab dalam penelitian ini dapat
diartikan bahwa memberikan beban dan rasa memiliki dan terhadap tugas-tugas
yang telah diberikan dan apabila tidak melaksanakannya ada resiko yang harus
diterimanya.
c. Sanksi Berjenjang.
Kata sanksi berjenjang di bagi menjadi dua yaitu sanksi dan berjenjang. Sanksi adalah
hukuman , tindakan paksaan atas pelanggaran ( Sofiyah Ramdhani , 2002; 493 ) sedangkan Berjenjang adalah berasal dari
kata jenjang atau janjang yang artinya
tangga atau tingkat. Jadi berjenjang adalah bertingkat tingkat. Dengan demikian
sanksi berjenjang dapat diartikan hukuman, ganjaran yang bertingkat. Dalam
penelitian ini sanksi yang diberikan mulai yang paling ringan sampai pemanggilan orang tua siswa. Sanksi sanksi
yang diberikan secara bertingkat yang diterapkan dalam batas sewajarnya atau
mendidik agar pola dan tingkah laku siswa mau berubah kehal-hal yang lebih
baik dan tidak sampai memberikan sanksi
fisik yang menyebabkan siswa menderita secara fisik.
E. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar
belakang dan identifikasi masalah di atas maka dapat dirumuskan masalah dalam
Penelitian Tindakan Kelas ini sebagai berikut:
1. Apakah dengan melalui sanksi
berjenjang dapat meningkatkan
disiplin siswa, pada siswa Kelas III SD No I Sanur tahun
pelajaran 2009/2010 ?
2. Apakah melalui sanksi berjenjang
dapat meningkatkan rasa tanggung jawab
siswa, pada siswa kelas
III SD No 1 Sanur tahun
pelajaran 2009/2010 ?
3. Bagimana perilaku siswa kelas
III SD No 1 Sanur tahun pelajaran
2009/2010 setelah sanksi berjenjang
diterapkan ?
F. Tujuan Penelitian
Sesuai dengan dengan
latar belakang, identifikasi masalah dan rumusan masalah tersebut di atas maka
tujuan penelitian ini adalah untuk:
1. Mengetahui dan mendiskripsikan melalui
sanksi berjenjang
dapat meningkatkan disiplin siswa
kelas III SD No 1 Sanur tahun
pelajaran 2009/2010
2. Mengetahui dan mendeskripsikan
melalui sanksi berjenjang
dapat meningkatkan tanggung jawab siswa,
pada siswa kelas III SD No
I Sanur tahun pelajaran 2009/2010
3. Mengetahui dan mendeskripsikan
perilaku siwa setelah penerapan sanksi
berjenjang pada siswa kelas III
SD No I Sanur tahun pelajaran 2009/2010
G. Manfaat Hasil Penelitian
Setelah selesai penelitian ini dilakukan
maka hasilnya dapat diharapkan bermanfaat baik secara teoritis maupun praktis
sabagai berikut.
1.Manfaat secara teoritis.
Manfaat secara teoritik bahwa hasil penelitian yang peneliti lakukan
ini merupakan dasar bagi peneliti peneliti selanjutnnya demi kesempuraan dan
tercapainya hasil penelitian yang lebih berkualitas, akurat dan bermanfaat
2. Bagi siswa .
Membiasakan diri bersikap disiplin dan rasa tanggung jawab dalam semua tugas dan kegiatan sehari hari, sehingga
dikemudian hari menjadi anak yang
percaya diri, berdisiplin, memiliki budi pekerti yang luhur dan rasa
tanggung jawab yang tinggi terhadap
tugas tugas yang dihadapinya.
3. Bagi Guru.
Sebagai dasar bagi guru bahwa dengan menerapkan disiplin dan tanggung
jawab kepada siswa tentu akan dapat meningkatkan prestasi siswa di sekolah dan
sebagai acuan bawa disiplin dan tanggung jawab tersebut perlu diberikan secara kontinu dan tetap diawasi dalam kesehariannya
di sekolah. Disamping itu dapat
mengatasi anak anak yang kurang berdisiplin dan kuarang memiliki rasa tanggung jawab di sekolah, sehingga proses
pembelajaran dapat berlangsung dengan baik.
4 Bagi Sekolah.
Dengan tumbuhnya sikap disiplin dan rasa tanggung jawab siswa maka
proses pendidikan dan pembelajaran akan dapat berlangsung
dengan lancar dan pada akhirnya diharapkan
akan tercapainya tujuan instutusional
dengan baik.
Dapat membuat kebijakan dan peraturan tata tertib sekolah maupun tata tertib
kelas sehingga proses pendidikan dan
pembelajaran di sekolah berlangsung dengan lancar.
0 comments on SDUMUM-01 MENINGKATKAN DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI SANKSI BERJENJANG PADA SISWA KELAS III SD NO I SANUR TAHUN PELAJARAN 2009/2010 :
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak