PENERAPAN METODE INKUIRI
PADA MATA PELAJARAN PENJASKES
UNTUK MENINGKATKAN TEKNIK
BERMAIN BOLA TANGAN
PADA SISWA……….
TAHUN PELAJARAN…………
KARYA TULIS ILMIAH
OLEH
………………………………………….
NIP……………………..
DINAS
PENDIDIKAN KOTA…………
……………………………………
LEMBAR PENGESAHAN
Laporan penelitian ini telah disetujui dan
disyahkan untuk melengkapi perpustakaan sekolah………… dan dapat diajukan sebagai
salah satu Karya Ilmiah untuk Penetapan Angka Kredit Jabatas Guru pada Golongan
……...
Kepala Sekolah …………………….
………… Penulis
……………………… ……………….
NIP: ……………….. NIP: ………..
Mengetahui Mengetahui
Pustakawan ……………. Kepala Cab. Din.
Pendidikan
Kecamatan ………………
Kecamatan ………
……………………. ………………………..
NIP: …………….
Mengetahui Mengetahui
Kepala Dinas Pendidikan Ketua PD II PGRI
Kota ……………. Kota …………
……………………… ………………………….
Pembina Utama Muda NPA: ………………..
NIP: ………………………..
KATA PENGANTAR
Dengan
mengucapkan Ahlahmudlillah kehadiran Allah SWT hanya dengan limpahan rahmat dan
hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan tugas penelitian karya ilmiah dengan
judul “Penerapan Metode Inkuiri Pada Mata
Pelajaran Penjaskes Untuk Meningkatkan Teknik Bermain Bola Tangan Pada
Siswa……….. Tahun Pelajaran…………”
Penulisan karya ilmiah ini kami
susun untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai
sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga bagi
anak didik pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah.
Dalam penyusunan karya ilmiah
ini penulis banyak mendapat bantuan dari
berbagai pihak . Untuk itu terima kasih
kami ucapkan dengan tulus dan sedalam dalamnya kepada :
1. Yth
Kepala Dinas Pendidikan Kota …………….
2. Yth
Ketua PGRI Kota ………………………
3. Yth
Rekan-rekan Guru …………………
4. Semua
pihak yang telah banyak membantu sehingga penulisan ini selesai.
Penulis
menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala
kritik dan saran yang bersifat mambangun dari semua pihak selalu penulis
harapkan.
Penulis
ABSTRAKSI
………….200X. Penerapan Metode Inkuiri Pada Mata
Pelajaran Penjaskes Untuk Meningkatkan Teknik Bermain Bola Tangan Pada
Siswa……….. Tahun Pelajaran…………
Kata
kunci: pendidikan jasmani, bola tangan, metode inkuiri
Pendidikan
Jasmani adalah proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas jasmani yang
direncanakan secara sistematik bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan
individu secara organik, neuromuskuler, perseptual, kognitif, dan emosional,
dalam kerangka sistem pendidikan nasional.
Permasalah
yang ingin dikaji dalam penelitian ini
adalah (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar pendidikan jasmani
bagi siswa dengan diterapkannya metode inkuiri? (b) bagaimanakah pengaruh metode
inkuiri terhadap motivasi belajar siswa?
Tujuan
dari penelitian ini adalah (a)
bagaimanakah peningkatan prestasi belajar
pendidikan jasmani pada siswa setelah diterapkannya metode inkuiri, (b)
Mengetahui motivasi belajar pendidikan jasmani setelah diterapkannya metode
inkuiri.
Penelitian
ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran.
Setiap putaran terdiri dari dua tahap yaitu : rancangan, kegiatan dan
pengamatan. Refleksi dan refisi Sasaran penelitian ini adalah Siswa Kelas
……………………..dari data diperoleh berupa hasil tes
praktik , lembar observasi.
Dari
hasil analisa didapat bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatakan dari siklus I sampai II yaitu,
siklus I (48,72%), siklus II (87,18%) untuk ranah psikomotro, siklus I
(69,23%). Siklus II (94,87%) untuk ranah afktif
Simpulan
dari penelitian ini adalah metode inkuiri dapat berpengaruh positif terhadap
motivasi belajar siswa……………………………………….. serta model pembejalaran dapat
digunakan sebagai salah satu alternative penjas
DAFTAR ISI
Halaman Judul ......................................................................
Halaman pengesahan ......................................................................
Kata Pengantar ......................................................................
Abstraksi ......................................................................
Daftar Isi ......................................................................
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah...............................................................
B. Rumusan Masalah ......................................................................
C. Tujuan Penelitian ......................................................................
D. Manfaat penelitian ......................................................................
F. Asumsi ......................................................................
BAB II KAJIAN
PUSTAKA
A. Sejarah Bola Tangan B Prestasi Belajar Penjaskes
C. Teknik Dasar Tembakan Permainan Bola Tangan.........................
D. Metode Inkuiri ......................................................................
BAB III METODOLOGI
PENELITIAN
A. Tempat,
waktu dan subjek penelitian............................................
B. Rancangan
Penelitian.....................................................................
C. Instrumen Penelitian
D. Metode Pengumpulan Data .........................................................
E. Teknik Analisis Data......................................................................
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Analisis Data Penelitian Persiklus.................................................. B. Pembahasan
BAB V SIMPULAN
DAN SARAN
A. Kesimpulan ......................................................................
B. Saran ......................................................................
DAFTAR PUSTAKA ......................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Kualitas kehidupan bangsa sangat ditentukan oleh
faktor pendidikan. Peran pendidikan sangat penting untuk menciptakan kehidupan
yang cerdas, damai, terbuka, dan demokratis. Oleh karena itu, pembaharuan
pendidikan harus selalu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan
nasional.
Kemajuan suatu bangsa hanya dapat
dicapai melalui penataan pendidikan yang baik. Upaya peningkatan mutu
pendidikan itu diharapkan dapat menaikkan harkat dan martabat manusia
Indonesia. Untuk mencapai itu pendidikan harus adaptif terhadap perubahan
zaman.
Memasuki Abad ke-21 ini, keadaan SDM
kita sangat tidak kompetitif. Menurut catatan Human Development Report Tahun 2003 versi UNDP, peringkat HDI
(Human Development Index) atau kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia berada di
urutan 112. Indonesia
berada jauh di bawah Filipina (85), Thailand (74), Malaysia (58), Brunai Darussalam
(31), Korea Selatan (30), Singapura (28). Organisasi Internasional yang lain
juga menguatkan hal itu. International
Education Achivement (IEA) melaporkan bahwa kemampuan membaca siswa SD di
Indonesia berada pada urutan 38 dari 39 negara yang di survei. Sementara itu, Third Matematics and Society Study
(TIMSS), lembaga yang mengukur pendidikan di dunia, melaporkan bahwa kemampuan
matematika siswa SMP kita berada pada urutan ke-34 dari 38 negara, sedangkan
kemampuan IPA berada di urutan ke-32 dari 38 negara. Jadi, keadaan pendidikan
kita memang memprihatinkan. Untuk itu pembaharuan harus dilakukan.
Permasalahan ini disebabkan oleh banyak
faktor salah satunya adalah mutu kesehatan yang rendah di masyarakat Indonesia.
Kepedulian terhadap kesehatan ternyata masih sangat kurang. Hal ini harus di
waspadai sebagai bentuk ancaman yang serius terhadap perkembangan anak didik
sebagai penerus generasi bangsa.
Anak usia sekolah adalah investasi bangsa, karena mereka
adalah generasi penerus bangsa. Kualitas bangsa di masa depan ditentukan
kualitas anak-anak saat ini. Upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia
harus dilakukan sejak dini, sistematis dan berkesinambungan.
Tumbuh berkembangnya anak usia sekolah
yang optimal tergantung pemberian
nutrisi dengan kualitas dan kuantiítas yang baik serta benar. Selain itu
memperkenalkan anak pada olahraga sejak dini juga dapat membantu mempercepat
perkembangan anak lebih sehat. Dalam masa tumbuh kembang tersebut pemberian
nutrisi dan olahraga merupakan tanggung jawab bersama antara orang tua dan guru
disekolah. Kerjasama orang tua siswa dengan sekolah akan sangat membantu guru
dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Pelajaran jasmani merupakan materi
pendidikan yang menyangkut ilmu kesehatan dan olah fisik di sekolah. Pelajaran
ini bertujuan untuk membangun kesehatan mental dan fisik siswa. Pencapaian
prestasi akademis di bangku sekolah tanpa ditunjang dengan mental dan fisik
yang sempurna mustahil dapat dicapai.
Permasalahan yang sering timbul di sekolah
adalah kurangnya motivasi siswa untuk giat mengikuti pelajaran olahraga. Siswa
enggan mengikuti latihan – latihan olahraga yang diselenggarakan oleh guru
karena mereka menganggap latihan – latihan tersebut melelahkan. Mereka lebih
senang tinggal di kelas dengan berbagai alasan daripada bermain di lapangan. Berdasarkan uraian diatas, peneliti
ingin memilih judul penelitian, “ Penerapan
Metode Inkuiri Pada Mata Pelajaran Penjaskes Untuk Meningkatkan Teknik Bermain
Bola Tangan Pada Siswa……….. Tahun Pelajaran…………”
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas maka
dirumuskan suatu maslaah sebagai berikut:
1. Bagaimana peningkatan prestasi belajar pendidikan jasmani bagi siswa dengan diterapkannya metode
inkuiri ?
2. Bagaimanakah pengaruh metode inkuiri terhadap
motivasi belajar pendidikan jasmani pada
siswa ?
C. Tujuan Penelitian
Sesuai
dengan permasalahan diatas, penelitian ini bertujuan untuk:
1. Mengetahui peningkatan prestasi belajar pendidikan
jasmani pada siswa setelah diterapkan metode
inkuiri
2. Mengetahui pengaruh motivasi belajar
pendidikan jasmani berenang pada siswa
setelah diterapkan metode inkuiri
D. Manfaat Penelitian
Penulis
mengharapkan dengan hasil penelitian ini dapat:
1. Memberikan informasi tentang model
pembelajaran yang sesuai dengan mata diklat Penjas.
2. Meningkatkan motivasi pada pelajar Penjas
3. Mengembangkan model pembelajaran yang sesuai
dengan mata diklat Penjas.
E. Asumsi
Dalam penelitian ini diasumsikan bahwa :
1. Siswa mengikuti pelajaran dengan sungguh-sungguh
dari awal sampai akhir pelajaran.
2. Siswa menerima semua penjelasan yang
disampaikan guru dengan baik
3. Dalam mengerjakan soal tes tanpa dipengaruhi
orang lain
F. Batasan Masalah
Karena keterbatasan waktu, maka diperlukan
pembatasan masalah yang meliputi
1. Penelitian ini hanya dikenakan pada siswa
kelas…………………………….
2. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April
semester ganjil tahun ajaran ………………….
3. Materi yang disampaikan adalah pokok bahasan ………………….
0 comments on SDPJOK-04 PENERAPAN METODE INKUIRI PADA MATA PELAJARAN PENJASKES UNTUK MENINGKATKAN TEKNIK BERMAIN BOLA TANGAN PADA SISWA……….TAHUN PELAJARAN………… :
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak