UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR LEMPAR CAKRAM
DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MODIFIKASI PIRING PLASTIK
( PTK di Kelas VI SD Negeri Nguling III – Kab. Pasuruan )
Penelitian ini disusun untuk memenuhi persyaratan
( PTK di Kelas VI SD Negeri Nguling III – Kab. Pasuruan )
Penelitian ini disusun untuk memenuhi persyaratan
Sertifikasi
Guru dalam Jabatan.
DISUSUN OLEH :
ABDUL KADIR, S.Pd
NIP. 131 331 278
PEMERINTAH KABUPATEN PASURUAN
DINAS PENDIDIKAN
SD NEGERI NGULING III
2008
LEMBAR
PENGESAHAN
UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR LEMPAR CAKRAM DENGAN MENGGUNAKAN
MEDIA MODIFIKASI PIRING PLASTIK
( PTK di Kelas VI SD Negeri Nguling III – Kab. Pasuruan )
( PTK di Kelas VI SD Negeri Nguling III – Kab. Pasuruan )
Penelitian ini disusun untuk memenuhi persyaratan
Sertifikasi
Guru dalam Jabatan.
Disusun Oleh :
ABDUL KADIR, S.Pd
NIP. 131 331 278
Disyahkan di : Pasuruan
Tanggal : 05 Maret 2008
Pengawas TK/SD
Kecamatan Nguling
BRONTO, S.Pd.
NIP. 130 657 241
|
Kepala Sekolah
SD Negeri Nguling
III
Dra. TATIK MARHAENI
NIP.130 419 651
|
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah , puji syukur penulis ucapkan kepada
Allah SWT yang telah memberi berbagai kenikmatan kepada penulis sehingga bisa
menyelesaikan Karya Tulis, berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini, tepat
sesuai dengan target.
Permasalahan yang timbul dalam keseharian ketika penulis mengajar,
memberikan inspirasi bagi terlaksananya Penelitian Tindakan Kelas ini.
Dengan segala keterbatasan dan wawasan yang penulis miliki, penulis sangat sadar sekali bahwa Karya Tulis sederhana ini masih banyak kekurangannya, oleh karena itu penulis berharap adanya masukan berupa kritik dan saran yang konstruktif dari berbagai pihak bagi perbaikan penulisan sejenis kedepannya.
Dengan segala keterbatasan dan wawasan yang penulis miliki, penulis sangat sadar sekali bahwa Karya Tulis sederhana ini masih banyak kekurangannya, oleh karena itu penulis berharap adanya masukan berupa kritik dan saran yang konstruktif dari berbagai pihak bagi perbaikan penulisan sejenis kedepannya.
Dan kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya penelitian ini
penulis ucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya, terutama kepada keluarga
tercinta, istri dan anak tercinta, yang terus menerus menjadi motivator dan
inspirator kebaikan dan kemuliaan. Semoga mereka menjadi hamba-hamba Allah SWT
yang istiqamah, dan kepada sahabat-sahabat semoga kebaikan sahabat di balas
oleh Allah SWT dengan balasan yang berlipat ganda. Amin.
Terakhir, penulis berharap bahwa karya tulis sederhana ini bisa memberi
inspirasi kepada semua pihak terutama sahabat-sahabat saya, guru penjas orkes
di manapun, yang kebetulan membaca karya tulis ini. Amin.
Nguling,
05 Maret 2008
Hormat
Hormat
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR..................................................................................... i
DAFTAR ISI...................................................................................................
ii
BAB I PENDAHULUAN............................................................................... 1
1.1. Latar Belakang.......................................................................................... 1
1.2. Rumusan Masalah...................................................................................... 2
1.3. Pemecahan Masalah................................................................................... 2
1.4. Tujuan Umum dan Tujuan Khusu............................................................. 3
1.5. Manfaat..................................................................................................... 3
BAB II KAJIAN TEORI................................................................................ 4
2.1. Belajar........................................................................................................ 4
2.2. Efektivitas Belajar..................................................................................... 5
2.3. Media Belajar............................................................................................ 6
BAB III METODE PENELITIAN
3.1. Tempat, Waktu dan Jumlah Siswa............................................................ 7
3.2. Indikator Efektivitas belajar...................................................................... 7
3.3. Gambaran Umum Penelitian ..................................................................... 8
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
4.1. Hasil Penelitian.......................................................................................... 11
4.2. Pembahasan............................................................................................... 12
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
5.1. Kesimpulan................................................................................................ 18
5.2. Saran.......................................................................................................... 19
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................
BAB I PENDAHULUAN............................................................................... 1
1.1. Latar Belakang.......................................................................................... 1
1.2. Rumusan Masalah...................................................................................... 2
1.3. Pemecahan Masalah................................................................................... 2
1.4. Tujuan Umum dan Tujuan Khusu............................................................. 3
1.5. Manfaat..................................................................................................... 3
BAB II KAJIAN TEORI................................................................................ 4
2.1. Belajar........................................................................................................ 4
2.2. Efektivitas Belajar..................................................................................... 5
2.3. Media Belajar............................................................................................ 6
BAB III METODE PENELITIAN
3.1. Tempat, Waktu dan Jumlah Siswa............................................................ 7
3.2. Indikator Efektivitas belajar...................................................................... 7
3.3. Gambaran Umum Penelitian ..................................................................... 8
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
4.1. Hasil Penelitian.......................................................................................... 11
4.2. Pembahasan............................................................................................... 12
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
5.1. Kesimpulan................................................................................................ 18
5.2. Saran.......................................................................................................... 19
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Sarana prasarana merupakan salah satu bagian yang
strategis dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Dengan kata lain, lengkap dan
tidak lengkapnya sarana prasarana pembelajaran turut mempengaruhi maksimal dan
tidak maksimalnya ketercapaian tujuan pembelajaran. Sarana yang lengkap bisa
memudahkan guru untuk mengejar target-target tertentu yang menjadi tujuan
pembelajaranya. Begitu sebaliknya, sarana yang tidak lengkap akan menyulitkan
bagi guru dalam mencapai target-target tujuan pembelajaranya.
Ini pula yang terjadi pada pembelajaran Lempar Cakram
di SD Negeri Nguling III, Kondisi nyata di sekolah, media Cakram hanya tersedia
2 buah, 1 untuk putri dan 1 untuk putra. Sementara rata-rata siswa di SD Negeri
Nguling III berjumlah 30 – 35 orang, jadi komparasi antara jumlah Cakram dan
jumlah siswa adalah 1 : 17 putra/putri. Jelas dari gambaran tersebut bahwa
proses pembelajaran Lempar Cakram menjadi tidak efektif, dan akibatnya bahwa
target kurikulum menjadi sangat rendah.
Situasi dan kondisi ini sudah berjalan cukup lama dan
sekolah sampai detik ini belum bisa memenuhi sarana Cakram tersebut sampai
batas yang cukup memadai atau kondisi ideal, misalnya dengan perbandingan 1 : 2
( 1 cakram untuk 2 orang ). Hal ini bisa dimengerti, karena sekolah mempunyai
kebutuhan yang sangat banyak dan hampir semuanya mempunyai tingkat urgensitas
yang tinggi untuk di penuhi oleh sekolah. Sehingga menuntut sekolah untuk
menyediakan Cakram sesuai dengan kondisi ideal, merupakan suatu yang tidak
realistis dan lebih jauhnya bisa menimbulkan gejolak dan iklim yang tidak
kondusif di sekolah.
Oleh karena
itu perlu sebuah pemecahan masalah yang sederhana dan bisa dilakukan oleh guru. Melihat permasalahan di atas, maka satu
pemikiran yang muncul adalah bahwa perlu adanya sebuah media alternatif
modifikatif untuk mengganti cakram yang memang cukup mahal. Media alternatif
modifikatif tersebut harus bersifat bisa mewakili karakteristik cakram, murah, banyak tersedia atau mudah di dapat.
Dari beberapa kriteria media alternatif modifikatif
untuk mengganti cakram tersebut nampaknya piring plastik bisa dijadikan media
alternatif modifikatif untuk mengganti cakram. Dari segi bentuk, jelas ada
kemiripan dengan bentuk cakram, dari segi ketersediaan dan harga, maka piring
plastik sangat mudah sekali di dapat di pasar-pasar tradisional dengan harga
sangat murah.
Dari permasalahan tersebut di atas maka penulis
menentukan judul Penelitian Tindakan Kelas ini “Upaya Meningkatkan Efektivitas
Belajar Lempar Cakram dengan Media Modifikasi Piring Plastik, Penelitian
Tindakan Kelas di Kelas VI SD Negeri Nguling III ”
1.2. Rumusan
Masalah dan Pertanyaan Penelitian
a. Rumusan
Penelitian
Dari latar belakang tersebut di atas, maka Rumusan Penelitian yang
diajukan adalah : Apakah media modifikasi piring plastik bisa meningkatkan
efektivitas belajar Lempar Cakram di kelas VI SD Negeri Nguling III ?
b. Pertanyaan
Penelitian
1.
Sejauhmana aktivitas siswa kelas VI
dalam belajar lempar cakram ?
2.
Sejauhmana aktivitas guru dalam
mengajar lempar cakram ?
3.
Sejauhmana hasil belajar lempar
cakram yang dilakukan siswa dengan media modifikasi piring plastik ?
4.
Sejauhmana respon siswa terhadap
pembelajaran lempar cakram dengan media modifikasi piring plastik ?
1.3. Pemecahan
Masalah
Dari permasalahan tersebut di atas, sesungguhnya ada
beberapa alternatif tindakan agar proses pembelajaran Lempar Cakram di kelas VI
bisa menjadi efektif , diantaranya :
a. Media
modifikasi piring plastik
b. Dengan bentuk formasi pembelajaran yang variatif
c. Penyediaan cakram yang memadai dari sekolah
b. Dengan bentuk formasi pembelajaran yang variatif
c. Penyediaan cakram yang memadai dari sekolah
Maka dari beberapa alternatif pemecahan masalah
belajar lempar cakram tersebut, prioritas pemecahan masalah yang diharapkan
mampu mengatasi permasalahan ketidak efektifan belajar lempar cakram di kelas VI,
dengan cepat dan mudah adalah dengan menggunakan media modifikasi piring
plastik dalam proses pembelajaran Lempar Cakram di kelas VI SDN Nguling III.
1.4. Pelaksanaan
Penelitian
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di Kelas VI
, yaitu mulai tanggal 11 s.d 29 Pebruari 2008
1.5. Tujuan Umum
dan Tujuan Khusus
a. Tujuan Umum
Tujuan umum dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah
untuk mengetahui sejauhmana media modifikasi piring plastik bisa meningkatkan
efektivitas belajar Lempar Cakram di kelas VI SD Negeri Nguling III.
b. Tujuan Khusus
Sementara tujuan khusus dari penelitian ini adalah:
1.
Untuk mengetahui sejauhmana
aktivitas siswa dalam belajar Lempar Cakram
2.
Untuk mengetahui sejauhmana
aktivitas guru dalam mengajar Lempar Cakram
3.
Untuk mengetahui sejauhmana respon
siswa terhadap pembelajaran Lempar Cakram dengan media piring plastik
4.
Untuk mengetahui sejauhmana hasil
belajar Lempar Cakram yang dilakukan siswa dengan media modifikasi piring
plastik
1.6. Manfaat
a. Bagi siswa
Siswa lebih partisipatif dalam proses pembelajaran
Lempar Cakram
b. Bagi guru
Selain menambah pengalaman dalam penggunaan media
belajar yang di modifikasi juga membuat pengajaran Lempar Cakram menjadi lebih
efektif
c. Bagi Guru Penjas Orkes
Bisa mencoba media modifikasi piring plastik dalam
pembelajaran Lempar Cakram apabila Cakram tidak tersedia dalam jumlah yang
memadai, dan bisa menjadi inspirasi pengetahuan untuk menemukan media
modifikasi yang lainya dalam cabang penjas lainnya.
d. Bagi sekolah
Adanya peningkatan kualitas pembelajaran dan
pengajaran yang berakibat terhadap peningkatan kualitas siswa dan guru,
sehingga pada akhirnya akan mampu meningkatkan kualitas sekolah secara
keseluruhan.
0 comments on SDPJOK-02 UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR LEMPAR CAKRAM DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MODIFIKASI PIRING PLASTIK ( PTK di Kelas VI SD Negeri Nguling III – Kab. Pasuruan ) :
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak