Penerapan Metode Tanya Jawab Dalam Upaya Meningkatkan
Mutu Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa SD Kelas III-VI
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan
merupakan suatu keharusan bagi manusia dan berlangsung sepanjang hayat. Sejak
kelahirannya ke dunia, anak memiliki kebutuhan untuk memperoleh pendidikan.
Pendidikan sangat dibutuhkan oleh setiap manusia agar dapat melakukan aktivitas
sosial di masyarakat tempat mereka berada. Adalah suatu kenyataan, anak sebagai
makhluk yang belum dewasa harus ditolong, dibantu, dibimbing, serta diarahkan
agar dapat mengembangkan potensinya secara optimal. Salah satu upaya yang dapat
dilakukan adalah melalui pendidikan formal di sekolah.
Sebagai
lembaga pendidikan formal, sekolah tidak hanya berfungsi mengembangkan
kecerdasan anak tetapi juga mengembangkan kepribadian.
Bagi
guru agama Islam ..........., memberikan
soal agama Islam yang berkaitan dengan soal cerita bukanlah hal yang mudah.
Seringkali siswa yang telah memahami topik agama Islam secara teoristis
mengalami kesulitan ketika bentuk soal atau permasalahan disajikan dalam bentuk
cerita. Sementara itu, dalam kurikulum Pendidikan Dasar 1994, fungsi pengajaran
agama Islam adalah mempersiapkan anak didik agar dapat menjadi warga masyarakat
yang demokratis dalam kehidupan sehari-hari melalui latihan yang praktis,
bervariasi, dan aplikatif. Di sisi lain ada sebagian siswa masih mengalami
kesulitan dalam membaca teks agama Islam. Sementara itu, siswa akan lebih mudah
mencerna soal cerita agama Islam kelas III sampai VI SD apabila siswa mampu
membaca teks dengan baik dan benar, mengerti maksud cerita yang ada di
dalamnya, serta memahami gambar yang ada. Bagi sebagian besar guru agama Islam
SD, mengajarkan materi agama Islam yang berkaitan dengan kemampuan siswa
memahami soal uraian bukanlah hal yang mudah. Meskipun banyak siswa yang telah
mampu memahami topik agama Islam secara teoritis, akan tetapi banyak mengalami
kesulitan ketika bentuk soal atau permasalahan disajikan dalam bentuk soal
uraian. Dalam hal ini guru dituntut untuk mampu memberikan materi yang mudah
diterima oleh siswa. Di samping itu pula, hendaknya guru memberikan contoh yang
kongkret dan jelas berkaitan dengan materi soal berbentuk uraian. Bila upaya
tersebut dapat dilakukan dengan baik, diharapkan hasil belajar siswa dalam mata
pelajaran agama Islam juga akan meningkat.
Berdasarkan
situasi tersebut, dilakukan penelitian untuk mengembangkan strategi
pembelajaran yang efektif dalam memahami materi agama Islam bagi siswa SD.
Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian dilakukan dalam bentuk penelitian
tindakan kelas.
Berdasarkan uraian di atas, judul yang
diambil oleh peneliti dalam penelitian ini adalah Penerapan Metode Tanya Jawab Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Belajar
Pendidikan Agama Islam Pada Siswa …………… Kecamatan ………. Kabupaten ……. Tahun
Pelajaran 20XX/20XX
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat
dirumuskan suatu masalah sebagai berikut:
- Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siwa dengan diterapkannya pembelajaran metode tanya jawab?
- Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran metode tanya jawab terhadap motivasi belajar siswa?
C. Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan untuk:
- Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran metode tanya jawab.
- Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran metode tanya jawab.
D. Manfaat Penelitian
Penulis mengharapkan dengan hasil penelitian ini dapat:
- Memberikan informasi tentang metode pembelajaran yang sesuai dengan materi agama Islam.
- Meningkatkan motivasi pada pelajaran agama Islam
- Mengembangkan metode pembelajaran yang sesuai dengan bidang studi agama Islam.
E. Batasan Masalah
Karena keterbatasan waktu, maka diperlukan pembatasan
masalah meliputi:
- Penelitian inihanya dikenakan pada siswa Kelas ……. ………. Kecamatan …….. Kabupaten ……… Tahun Pelajaran 20xx/20xx.
- Penelitian ini dilakukan pada bulan September semester ganjil tahun pelajaran 20xx/20xx.
- Materi yang disampaikan adalah pokok bahasan …………
0 comments on SDPAI-06 PENERAPAN METODE TANYA JAWAB DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA SD KELAS III-VI :
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak