MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL
STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION)
PADA SISWA
KELAS ………………
…………………………..
TAHUN
…………………….
KARYA TULIS ILMIAH
OLEH
………………………
NIP: ……………………
DINAS PENDIDIKAN …………………
……………………………………
LEMBAR PENGESAHAN
Laporan penelitian
ini telah disetujui dan disyahkan untuk melengkapi perpustakaan Hasil Belajar
dan dapat diajukan sebagai salah satu Karya Ilmiah untuk Penetapan Angka Kredit
Jabatas Guru pada Golongan IVa ke IVb.
Kepala Sekolah …………………..
…………………… Penulis
…………………… ………………….
NIP: ……………………. NIP: ………………
Mengetahui Mengetahui
Pustakawan ……………… Kepala Cab. Din. Pendidikan
Kecamatan …………
Kecamatan …………
……………………. ……………………….
NIP: ……………
Mengetahui Mengetahui
Kepala Dinas Pendidikan Ketua PD II PGRI
………………………… ……………….
Pembina Utama Muda NPA: …………….
NIP: ………………… .
KATA PENGANTAR
Dengan
mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat
dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah
dengan judul “Meningkatkan Hasil BelajarBelajar Matematika Melalui Metode
Pembelajaran Kooperatif Model STAD (Student Teams Achievement Division) Pada Siswa Kelas …………………………………………….Tahun
Pelajaran 2005/2006”, penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai dalam
bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai perbandingan dalam
pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak didik pada latihan diskusi
ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.
Dalam
penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai
pihak. Untuk itu terima kasih
ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:
1.
Yth. Kepala Dinas Pendidikan
…………………….
2.
Yth. Ketua PD II PGRI ……………………..
3.
Yth. Rekan-rekan Guru
………………………………….
4.
Semua pihak yang telah banyak
membantu sehingga penulisan ini selesai.
Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna
untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak
selalu penulis harapkan.
Penulis
ABSTRAK
Hartono, Selan, 2005. Meningkatkan
Hasil BelajarBelajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model
STAD (Student Teams Achievement Division) Pada Siswa Kelas …………………… Tahun
Pelajaran 2005/2006
Kata Kunci: matematika, kooperatif model stad
Kebinekaan
dipandang sebagai kondisi alami yang diciptakan Tuhan agar manusia dapat saling
berhubungan dalam rangka membutuhkan. Oleh karena itu, guru hendaknya
menciptakan suasana belajar kooperatif dalam kelas. Penciptaan norma yang
membuat semua anak memberikan sumbangan bagi kemajuan kelompok. Norma semacam
itu memandang anak yang mendominasi anak lain atau menggantungkan diri pada
orang lain sama buruknya sehingga harus diberantas. Ini berarti anak yang
pandai harus membantu anak yang kurang pandai, anak yang kuat harus membantu
yang lemah, dan tiap anak harus saling mendorong untuk menumbuhkan motivasi
belajar yang kuat.
Penelitian
ini berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimanakah peningkatan Hasil Belajarbelajar
siswa dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model STAD? (b) Bagaimanakah
pengaruh metode pembelajaran kooperatif model STAD terhadap motivasi belajar
siswa?
Tujuan
dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan Hasil Belajarbelajar
siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model STAD. (b)
Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode
pembelajaran kooperatif model STAD.
Penelitian
ini menggunakan penelitian tindakan (action
research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap
yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran
penelitian ini adalah siswa …………………………... Data yang diperoleh berupa hasil tes
formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari
hasil analis didapatkan bahwa Hasil Belajarbelajar siswa mengalami peningkatan
dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (65,22%), siklus II (78,26%),
siklus III (86,96%).
Simpulan
dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif model STAD dapat
berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa ……………………………….., serta model
pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran
matematika.
DAFTAR ISI
Halaman
Halaman Judul .................................................................................................
Halaman Pengesahan ................................................................................................
Kata Pengantar ..........................................................................................................
Abstrak ......................................................................................................................
Daftar Isi ...................................................................................................................
BAB ..... I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah .............................................................
B.
Rumusan Masalah .......................................................................
C.
Tujuan Penelitian .........................................................................
D.
Kegunaan Penelitian ..................................................................
E.
Devinisi Operasional Variabel......................................................
F.
Batasan Masalah .........................................................................
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A.
Definisi Pembelajaran .................................................................
B.
Pembelajaran Kooperatif ...........................................................
C.
Keterampilan-keterampilan
Kooperatif ......................................
D.
Metode Pembelajaran Kooperatif
Model STAD
(Student Teams Achievement
Division) .....................................
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
A. Tempat, Waktu dan
Subyek Penelitian ......................................
B.
Rancangan Penelitian .......................................................
C.
Instrumen Penelitian .........................................................
D.
Metode Pengumpulan Data .......................................................
E.
Teknik Analisis Data ...................................................................
BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.
Analisis Item Butir Soal .............................................................
B.
Analisis Data Penelitian Persiklus
...............................................
C.
Pembahasan .................................................................................
BAB V
PENUTUP
A.
Kesimpulan .................................................................................
B.
Saran ...........................................................................................
DAFTAR
PUSTAKA ..............................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
Sesuai
dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika dan pandangan hidup Pancasila, manusia pada
hakekatnya adalah makhluk bineka yang mengemban misi tunggal sebagai khalifah
Tuhan di muka bumi. Bertolak dari pemikiran tersebut anak-anak di dalam
kelas pada hakikatnya juga makhluk bineka, yang satu sama lain berbeda.
Perbedaan dapat berkenaan dengan latar belakang
budaya, ras, suku , agama, adapt istiadat, dan sebagainya. Perbedaan
juga berkenaan dengan potensi kemanusiaan yang dimiliki oleh anak-anak,
mencakup kognitif, fisik, maupun emosi.
Berdasarkan pandangan hidup Pancasila dan semboyan
Bhineka Tunggal Ika, pandangan hidupa dan semboyan tersebut mengajarkan kepada
bangsa Indonesia bahwa Tuhan menciptakan manusia berbeda-beda secara vertikal
maupun horizontal agar dapat saling memanfaatkan atau saling membantu, sehingga
manusia dapat mengembangkan potensi kemanusiaan yang dimiliki hingga taraf yang
optimal dan terintergrasi. Dengan mengaktualisasikan potensi kemamuan yang
optimal dan terintergrasi itulah manusia melaksanakan fungsi kekhalifahannya.
Bertolak dari pandangan hidup dan semboyan semacam itu, bineka vertikal seperti
kaya-miskin, kuat-lemah, pandai-bodoh, dan bineka horizontal seperti latar
belakang budaya, agama, suku, ras, adat instiadat, dan sebagainya disikapi
sebagai kondisi alami yang memungkinkan manusia berinteraksi dalam rangka
saling membutuhkan atau menjalin hubungan kerja sama. Interaksi saling membutuhkan
atau hubungan kerja sama. Interaksi saling membutuhkan atau hubungan kerja sama
antaranak di dalam kelas inilah yang mengahasilkan suasana belajar kooperatif.
Kebinekaan dipandang sebagai kondisi alami yang
diciptakan Tuhan agar manusia dapat saling berhubungan dalam rangka
membutuhkan. Oleh karena itu, guru hendaknya menciptakan suasana belajar
kooperatif dalam kelas. Penciptaan norma yang membuat semua anak memberikan
sumbangan bagi kemajuan kelompok. Norma semacam itu memandang anak yang mendominasi
anak lain atau menggantungkan diri pada orang lain sama buruknya sehingga harus
diberantas. Ini berarti anak yang pandai harus membantu anak yang kurang
pandai, anak yang kuat harus membantu yang lemah, dan tiap anak harus saling
mendorong untuk menumbuhkan motivasi belajar yang kuat.
Dalam meningkatkan mutu pendidikan salah satunya
adalah dengan menerapkan metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi
yang diajarkan serta dengan tingkat usia anak didik. Belajar aktif adalah salah
satu solusi yang dapat diterapkan dalam proses belajar matematika.
Pembelajaran Matematika tidak lagi mengutamakan pada
penyerapan melalui pencapaian informasi, tetapi lebih mengutamakan pada
pengembangan kemampuan dan pemrosesan informasi. Untuk itu aktivitas peserta
didik perlu ditingkatkan melalui latihan-latihan atau tugas matematika dengan
bekerja kelompok kecil dan menjelaskan ide-ide kepada orang lain. (Hartoyo,
2000: 24).
Langkah-langkah tersebut memerlukan partisipasi aktif
dari siswa. Untuk itu perlu ada metode pembelajaran yang melibatkan siswa
secara langsung dalam pembelajaran. Adapun metode yang dimaksud adalah metode
pembelajaan kooperatif. Pembelajaran kooperatif adalah suatu pengajaran yang
melibatkan siswa bekerja dalam kelompok-kelompok untuk menetapkan tujuan
bersama. Felder, (1994: 2).
Pembelajaran kooperatif lebih menekankan interaksi
antar siswa. Dari sini siswa akan melakukan komunikasi aktif dengan sesama
temannya. Dengan komunikasi tersebut diharapkan siswa dapat menguasai materi
pelajaran dengan mudah karena “siswa lebih mudah memahami penjelasan dari
kawannya dibanding penjelasan dari guru karena taraf pengetahuan serta
pemikiran mereka lebih sejalan dan sepadan”. (Sulaiman dalam Wahyuni 2001: 2).
Penelitian juga menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif
memiliki dampak yang amat positif terhadap siswa yang rendah hasil belajarnya.
(Nur, 1996: 2).
Pete Tschumi dari Universitas Arkansas Little Rock
memperkenalkan suatu ilmu pengetahuan pengantar pelajaran komputer selama tiga
kali, yang pertama siswa bekerja secara individu, dan dua kali secara kelompok.
Dalam kelas pertama hanya 36% siswa yang mendapat nilai C atau lebih baik, dan
dalam kelas yang bekerja secara kooperatif ada 58% dan 65% siswa yang mendapat
nilai C atau lebih baik (Felder, 1994:14).
Berdasarkan paparan tersebut diatas maka peneliti
ingin mencoba melakukan penelitian dengan judul “Meningkatkan Hasil BelajarBelajar
Matematika Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model STAD (Student Teams
Achievement Division) Pada Siswa Kelas ………………………………. Tahun Pelajaran
2005/2006”.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat
dirumuskan suatu masalah sebagai berikut:
- Bagaimanakah peningkatan Hasil Belajarbelajar siswa dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model STAD pada siswa kelas ……………………………………….tahun pelajaran 2005/2006?
- Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran kooperatif model STAD terhadap motivasi belajar siswa kelas …………………………………… tahun pelajaran 2005/2006?
C. Tujuan
Penelitian
Sesuai
dengan permasalahan di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah:
- Ingin
mengetahui peningkatan Hasil Belajarbelajar siswa setelah diterapkannya
metode pembelajaran kooperatif model STAD pada siswa kelas …………………………
tahun pelajaran 2005/2006.
- Ingin
mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode
pembelajaran kooperatif model STAD pada siswa kelas ………………………………….. tahun
pelajaran 2005/2006.
D. Hipotesis
Tindakan
Berdasarkan pada permasalahan dalam penelitian tindakan yang berjudul
……………………………. yang dilakukan oleh peneliti, dapat dirumuskan hipotesis tindakan
sebagai berikut:
"Jika Proses Belajar Mengajar Siswa Kelas ……………….
menggunakan metode………………. dalam menyampaikan materi pembelajaran, maka
dimungkinkan minat belajar dan hasil belajar siswa kelas …………………… akan lebih
baik dibandingkan dengan proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru
sebelumnya".
E. Kegunaan Penelitian
Penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi:
- Sekolah sebagai penentu kebijakan dalam upaya meningkatkan Hasil Belajarbelajar siswa khususnya pada mata pelajaran matematika.
- Guru, sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan metode pembelajaran yang dapat memberikan manfaat bagi siswa.
- Siswa, dapat meningkatkan motiviasi belajar dan melatih sikap sosial untuk saling peduli terhadap keberhasilan siswa lain dalam mencapai tujuan belajar.
F. Definisi Operasional Variabel
Agar tidak terjadi salah persepsi terhadap judul
penelitian ini, maka perlu didefinisikan hal-hal sebagai berikut:
- Metode pembelajaran kooperatif adalah:
Suatu pendekatan pengajaran yang melibatkan siswa untuk bekerja dalam
kelompok-kelompok untuk menetapkan tujuan bersama.
- Motivasi belajar adalah:
Merupakan daya penggerak psikis dari dalam diri seseorang untuk dapat
melakukan kegiatan belajar dan menambah keterampilan, pengalaman. Motivasi
mendorong dan mengarah minat belajar untuk tercapai suatu tujuan.
- Hasil Belajarbelajar adalah:
Hasil belajar yang dinyatakan dalam bentuk nilai atau dalam bentuk skor,
setelah siswa mengikuti pelajaran matematika.
G. Batasan Masalah
Karena keterbatasan waktu, maka diperlukan pembatasan
masalah yang meliputi:
- Penelitian
ini hanya dikenakan pada siswa kelas ………………………………Tahun Pelajaran
2005/2006.
- Penelitian
ini dilaksanakan pada bulan September semester ganjil tahun pelajaran
2005/2006.
- Materi yang disampaikan adalah pokok bahasan ………………..
0 comments on SDMTK-19 MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA SISWA KELAS ………SD…..TAHUN …… :
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak