LAPORAN
|
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN
MATERI PELAJARAN BANGUN DATAR DENGAN METODE STAD
DAN ALAT BANTU MBDW PADA PESERTA
DIDIK KELAS V SD 1 PULOSAREN, KEPIL, WONOSOBO TAHUN 2008
(Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam rangka mengikuti
lomba Forum Ilmiah Guru di LPMP Jateng)
Oleh
Nama :
Tugimin, S.Pd.
NIP :
131991060
Sekolah : SD 1 Pulosaren
CABANG DINAS
PENDIDIKAN KECAMATAN KEPIL
KABUPATEN
WONOSOBO
2008
|
HALAMAN PENGESAHAN
|
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN
MATERI PELAJARAN BANGUN DATAR DENGAN METODE STAD
DAN ALAT BANTU MBDW PADA PESERTA
DIDIK KELAS V SD 1 PULOSAREN, KEPIL, WONOSOBO TAHUN 2008
Oleh
Nama :
Tugimin, S.Pd.
NIP :
131991060
Sekolah : SD 1
Pulosaren
Penelitian ini telah
disetujui dan disahkan oleh Kepala SD 1 Pulosaren
Disahkan di : SD 1 Pulosaren
Tanggal : 27 Agustus 2008
Wahyono, A.Ma.Pd.
NIP 130737152 |
|
Yang bertanda tangan
di bawah ini, saya:
Nama
NIP
Tempat/Tanggal Lahir
Pekerjaan
Judul Penelitian
|
: Tugimin, S.Pd.
: 131991060
: Sragen, 31 Juli 1967
:
: EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN
MATERI PELAJARAN BANGUN DATAR DENGAN METODE STAD DAN ALAT BANTU MBDW
PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD 1 PULOSAREN, KEPIL, WONOSOBO TAHUN 2008
|
Menyatakan bahwa karya ilmiah ini
adalah hasil pekerjaan saya sendiri. Sepanjang pengetahuan saya, karya ilmiah
ini tidak berisi materi yang dipublikasikan atau ditulis oleh orang lain atau
telah digunakan oleh orang lain untuk penyelesaian studi atau diikut sertakan
dalam lomba karya ilmiah.
Apabila ternyata terbukti
pernyataan ini tidak benar maka sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya.
|
ABSTRAK
EFEKTIVITAS
PEMBELAJARAN MATERI PELAJARAN BANGUN DATAR DENGAN METODE STAD DAN ALAT BANTU MBDW PADA
PESERTA DIDIK KELAS V SD 1 PULOSAREN, KEPIL, WONOSOBO TAHUN 2008
Oleh:
Tugimin, S.Pd.
NIP 131991060
Penelitian
ini dilandasi kenyataan bahwa kemampuan pemahaman konsep bangun datar, peserta
didik kelas V SD Pulosaren masih rendah. Peserta didik merasa kurang menarik
terhadap materi yang disajikan guru. Masalahnya adalah (1) apakah pembelajaran dengan
metode STAD dengan alat bantu MBDW menyenangkan? (2) Bagaimanakah
efektivitas pembelajaran dengan metode STAD
dengan alat bantu MBDW pada materi
bangun datar? Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan metode STAD dengan alat bantu MBDW menyenangkan, dan mendeskripsikan
efektivitas metode STAD dengan alat
bantu MBDW dalam pembelajaran bangun
datar.
Permasalahannya
terpecahkan dengan teori pembelajaran motede STAD dan konsep bangun datar. Metode penelitian dengan deskreptif
kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan dan tes.
Hasil yang
diperoleh dari pembelajaran dengan metode STAD
dengan alat bantu MBDW menyenangkan.
Ketuntasan belajar dapat dicapai 100%. Suasana kelas hidup. Kompetisi
antarkelompok belajar terjadi sangat tinggi. Pengelolaan kelas mudah. Guru
dapat memfokuskan diri dalam membantu peserta didik yang belum mampu. Dengan
demikian pembelajaran dengan metode STAD
dan peraga MBDW materi pelajaran bangun datar efektif dan
menyenangkan.
|
BAB I
PENDAHULUAN
- Latar
Belakang
Secara garis besar, materi pelajaran Matematika di
kelas V sekolah dasar dapat digolongkan menjadi 3 bagian, yaitu bilangan,
geomitri dan pengukuran. Materi bilangan, peserta didik dituntut mampu
melakukan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan serta menggunakannya
dalam pemecahan masalah. Sedangkan materi pembelajaran geometri dan pengukuran,
peserta didik dituntut mampu menghitung jarak, waktu, berat, luas volum, dan
sifat-sifat bangun datar.
Prestasi belajar peserta didik kelas V SD 1 Pulosaren dalam
mengikuti pembelajaran Matematika rendah. Banyak materi pembelajaran yang belum
dapat dicapai secara tuntas. Konsep materi pelajaran bangun datar belum
dikuasai secara mendalam. Peserta didik merasa berkesulitan dalam menghitung
luas dan menentukan sifat-sifat bangun datar.
|
Di samping itu, guru kurang bervariasi dalam menyampaikan
materi pelajaran tentang bangun datar. Sering terjadi anggapan oleh guru bahwa
materi yang diajarkan sangat mudah sehingga penyajian materi pelajaran bangun
datar cukup hanya dengan cerita. Peserta didik hanya sebagai pendengar. Peserta
didik pasif, kurang tertarik terhadap materi pembelajaran yang disampaikan oleh
guru. Materi pembelajaran disampaikan secara abstrak.
Banyak upaya untuk mengatasi kendala yang ada. Salah
satu usaha untuk mengatasi berbagai kesulitan pembelajaran dengan materi
pelajaran bangun datar di kelas V adalah model pembelajaran STAD dengan
menggunakan alat bantu MBDW (Model
Bangun Datar Warna-warni). Model-model bangun datar tersebut merupakan upaya
konkritisasi dari bentuk abstrak bangun datar. Dengan alat bantu model bangun
datar tersebut, peserta didik dapat menyerap materi pelajaran dari guru sesuai
dengan perkembangan daya nalarnya.
- Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut, masalah dalam
penelitian dapat dirumuskan, sebagai berikut.
- Apakah pembelajaran dengan metode STAD dan alat bantu MBDW menyenangkan?
- Apakah pembelajaran dengan metode STAD dan alat bantu MBDW efektif?
- Tujuan
Penelitian tentang pembelajaran bangun datar dengan
alat bantu model bangun datar ini bertujuan, sebagai berikut.
- Mendeskripsikan proses pembelajaran bahwa dengan metode STAD dan alat bantu MBDW menyenangkan.
- Mendeskripsikan efektivitas pembelajaran dengan metode STAD dan alat bantu MBDW.
- Manfaat
Manfaat dari hasil penelitian ini, sebagai berikut.
- Bagi guru
- Sebagai bahan perbaikan pembelajaran yang dikelolanya, sehingga proses dan hasil dari pembelajaran mengalami peningkatan.
- Sebagai wahana dalam peningkatan profesionalitas guru karena mampu menilai dan memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya.
- Sebagai wahana penumbuhan rasa percaya diri bagi guru.
- Bagi peserta didik
- Peserta didik meningkatkan prestasi belajarnya.
- Peserta didik dapat mengikuti pembelajaran yang menarik.
- Bagi sekolah
- Memiliki guru yang profesional dalam mengelola pembelajaran di depan kelas.
- Sekolah dapat berkembang sesuai dengan tuntutan zaman.
0 comments on SDMTK-18 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATERI PELAJARAN BANGUN DATAR DENGAN METODE STAD DAN ALAT BANTU MBDW PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD 1 PULOSAREN, KEPIL, WONOSOBO TAHUN 2008 :
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak