.

.

SDMTK-15 UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE BERMAIN KARTU SOAL BAGI SISWA KELAS VI SD NEGERI JERUKLEGI WETAN 01 KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2007 / 2008

Share on :
LAPORAN PENELITIAN

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA
DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE BERMAIN KARTU SOAL BAGI SISWA KELAS VI SD NEGERI JERUKLEGI WETAN 01 KABUPATEN CILACAP
TAHUN PELAJARAN 2007 / 2008


Disusun untuk mengikuti lomba Karya Tulis Ilmiah
tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2008


OLEH
SUDARMONO, S.Pd.
NIP. 131729050





 DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN CILACAP
2008





LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Bidang Kajian : Penelitian Tindakan Kelas
1.      Judul Penelitian                       : Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Cerita Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Metode Bermain Kartu Soal Bagi Siswa Kelas VI SD Negeri Jeruklegi Wetan 01 Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2007 / 2008.
  1. Peneliti                                    :
a. Nama Lengkap                    : Sudarmono, S.Pd.
b. Jenis Kelamin                      : Laki- laki
c. Pangkat/Gol. dan NIP         : Pembina IV/ A, 131729050
d. Mata Pelajaran                    : Matematika
e. Sekolah                                : SD Negeri Jeruklegi Wetan 01
  1. Lama Penelitian                      : 3 Bulan
Dari                                         : bulan Februari 2008 sampai dengan
                                                  bulan April 2008


Jeruklegi, 30 April 2008
Peneliti





Sudarmono, S.Pd.
NIP. 131729050
 

Mengetahui
KepalaSDN Jeruklegi Wetan 01




Th.W.Wahjuningrum, S.Pd.
NIP. 130296611
 


KATA PENGANTAR


            Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT saya panjatkan yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada saya sehingga dapat menyelesaikan penelitian tindakan kelas ini dengan baik.
            Penelitian ini disusun sebagai bahan rujukan untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran matematika yang lebih efektif.
            Dengan terselesaikannya penelitian tindakan kelas ini, tak lupa menyampaikan terima kasih kepada :
  1. Kepala SD Negeri Jeruklegi Wetan 01 Cilacap yang telah memberikan dorongan dan memberikan berbagai fasilitas sehingga kegiatan penelitian ini dapat diselesaikan dengan baik.
  2. Semua pihak yang telah ikut berpartisipasi dalam penyusunan  penelitian ini.
Namun demikian saya menyadari bahwa dalam penyusunan penelitian ini masih banyak terdapat berbagai kekurangan, untuk itu sudilah kiranya  para pembaca memberikan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan pada masa yang akan datang. Harapan penulis semoga penelitian ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dan semoga Allah senantiasa memberikan pertolongan kepada kita, amin.


Penulis





DAFTAR ISI

                                                                                                                        Halaman
HALAMAN JUDUL                                                                                                             i
LEMBAR PENGESAHAN                                                                                       ii
KATA PENGANTAR                                                                                               iii
DAFTAR ISI                                                                                                              iv
DAFTAR TABEL DAN DIAGRAM                                                                                   vi
DAFTAR LAMPIRAN                                                                                            vii
ABSTRAKSI                                                                                                           viii
BAB I PENDAHULUAN                                                                                        
A. Latar Belakang......................................................................................     1
B. Rumusan Masalah .................................................................................    2
C. Tujuan Penulisan    ................................................................................    2
D. Manfaat Penelitian  ...............................................................................    3

BAB II            KAJIAN TEORI DAN PENGAJUAN HIPOTESIS                                             
A. Landasan Teori ......................................................................................   4
B. Kerangka Berpikir .................................................................................    7
B. Hipotesis Tindakan ................................................................................   7

BAB III METODE PENELITIAN                                                                          
A.    Setting Penelitian ..................................................................................   8
B.     Subjek Penelitian .................................................................................    8
C.     Sumber Data  .......................................................................................    8
D.    Teknik dan Alat Pengumpulan Data  ...................................................    8
E.     Analisis Data  .......................................................................................    9
F.      Prosedur Penelitian ...............................................................................   9

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.    Deskripsi Kondisi Awal ........................................................................   13
B.     Deskripsi Hasil Siklus I ........................................................................    13
C.     Deskripsi Hasil Siklus II .......................................................................   15
D.    Pembahasan Tiap Siklus dan Antar Siklus ...........................................    17
E.     Hasil Penelitian ....................................................................................    19

BAB V PENUTUP                                                                                                   
A. Simpulan ................................................................................................   20
B. Saran .......................................................................................................  20


DAFTAR PUSTAKA
                                                                                               
LAMPIRAN - LAMPIRAN                                                                                                             





DAFTAR TABEL DAN DIAGRAM

                                                                                                                        Halaman
Tabel   4.1 Nilai Rata – rata Siswa Sebelum Tindakan ...........................................   13
Tabel   4.2 Nilai Rata – rata Siswa Sebelum Tindakan dan Sesudah Tindakan 1 ...  14
Tabel   4.3 Nilai Rata – rata Siswa Sebelum Tindakan dan Sesudah Tindakan 2 ...  16
Diagram 4.4 Hasil Belajar Matematika Siswa .........................................................  17
Tabel   4.5 Hasil Pengamatan Keaktifan Siswa .......................................................  18
Diagram 4.6 Hasil Pengamatan Keaktifan Siswa Antar Siklus................................  18


DAFTAR LAMPIRAN

                                                                                                                        Halaman
Lampiran 1 Model Kartu Soal  ..........................................................................        22
Lampiran 2 Lembar Observasi PBM ................................................................         23
Lampiran 3 Nilai Matematika Sebelum dan Sesudah Tindakan 1 ...................          24
Lampiran 4 Nilai Matematika Sebelum dan Sesudah Tindakan 2 ...................          25
Lampiran 5 Foto – foto Kegiatan .....................................................................         26
Lampiran 6 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran .............................................          28


ABSTRAKSI
     
         Sudarmono, S.Pd. : Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Cerita Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Metode Bermain Kartu Soal Bagi Siswa Kelas VI SD Negeri Jeruklegi Wetan 01 Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2007 / 2008.

         Penelitian tindakan kelas bertujuan secara deskriptif untuk mengetahui pengaruh metode bermain kartu soal terhadap peningkatan kemampuan mengerjakan soal cerita pada pelajaran matematika kelas VI SD Negeri Jeruklegi Wetan 01 Kabupaten Cilacap tahun 2007 / 2008.

         Hipotesis pada penelitian ini adalah “Model pembelajaran dengan menggunakan kartu soal diduga dapat  meningkatkan kemampuan siswa kelas VI SD Negeri Jeruklegi Wetan 01 Cilacap tahun pelajaran 2007 / 2008 dalam mengerjakan soal cerita pada mata pelajaran matematika.”

         Subjek yang diberi tindakan adalah siswa kelas VI SD Negeri Jeruklegi Wetan 01 tahun pelajaran 2007 / 2008 yang berjumlah 26 peserta didik dan terbagi atas 6 kelompok. Bentuk tindakan yang diberikan adalah dengan menggunakan kartu soal yang digunakan untuk menuliskan soal cerita kemudian dibahas oleh siswa secara berkelompok selanjutnya  dibahas secara bersama antara guru dan siswa.

            Untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan siswa dalam mengerjakan soal cerita dilakukan tes uji coba yang dilaksanakan dua kali kemudian hasilnya dianalisis. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa kecenderungan prestasi belajar matematika siswa kelas VI SD Negeri Jeruklegi Wetan 01 ada peningkatan, yakni dengan perolehan skor rata – rata sebelum diadakan tindakan sebesar 5,97 dan setelah diadakan tindakan menjadi 6.65 dengan demikian berarti ada peningkatan prestasi sebesar 0.68.





BAB I
PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang Masalah
Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, masyarakat, dan orang tua. Kerja sama antara ketiga pihak diharapkan dapat menunjang tercapainya tujuan pendidikan nasional, yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya.
Dalam Undang-undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, tercantum pengertian pendidikan sebagai berikut: “Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.”
Melalui pembelajaran matematika diharapkan siswa memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah dalam kehidupan sehari – hari. Adapun tujuan pengajaran matematika di Sekolah Dasar sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2006 adalah agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
1.      Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma secara luwes, akurat dan efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah,
2.      Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika.
3.      Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh.
4.      Mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah.
Pendidikan di Sekolah Dasar menitikberatkan pada kemampuan membaca, menulis, dan berhitung. Kemampuan ini merupakan modal yang sangat mendasar untuk proses belajar selanjutnya.
Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan berhitung siswa khususnya di SD masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari rata – rata hasil penilaian prestasi belajar matematika yang masih belum memuaskan.
Berdasarkan hasil pengalaman dan pengamatan permasalahan umum yang dijumpai ternyata peserta didik banyak yang mengalami kesulitan di antaranya : dalam pengerjaan hitung campuran, menyelesaikan masalah suku yang belum diketahui, pengerjaan pecahan, serta pengerjaan soal cerita.
Dengan alasan - alasan yang disampaikan di atas maka penulis berupaya untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dengan mengadakan penelitian berjudul “Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Cerita Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Metode Bermain Kartu Soal Bagi Siswa Kelas VI SD Negeri Jeruklegi Wetan 01 Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2007 / 2008.”



  1. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan, maka dibuatlah rumusan masalah yang merupakan masalah utama pada penelitian ini sebagai berikut : “Adakah peningkatan kemampuan siswa kelas VI SD Negeri Jeruklegi Wetan 01 Cilacap tahun pelajaran 2007 / 2008 dalam mengerjakan soal cerita melalui metode bermain kartu soal pada mata pelajaran matematika ?”

C.    Tujuan Penelitian
Dari latar belakang dan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian  ini adalah :
    1. Meningkatkan kemampuan siswa memahami soal cerita.
    2. Meningkatkan kemampuan siswa mengerjakan soal cerita.
    3. Meningkatkan nilai mata pelajaran matematika.
    4. Meningkatkan prestasi belajar matematika siswa.
  1. Manfaat Penelitian
    1. Manfaat teoritis
a.       Mendapatkan alternatif metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika.
b.      Mendukung kegiatan belajar tuntas.
2.      Manfaat praktis
Dengan menggunakan metode bermain kartu soal, peserta didik akan mahir dalam menyelesaikan soal cerita.
3.      Manfaat bagi guru
a.        Sebagai masukan bagi para guru dalam melaksanakan pembelajaran secara variatif guna memaksimalkan kemampuan peserta didik.
b.      Pembelajaran di kelas lebih aktif, kreatif dan menyenangkan
4.      Manfaat bagi sekolah
a.       Meningkatkan perolehan nilai rata – rata ujian sekolah.
b.      Meningkatkan peringkat sekolah di wilayahnya.




0 comments on SDMTK-15 UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE BERMAIN KARTU SOAL BAGI SISWA KELAS VI SD NEGERI JERUKLEGI WETAN 01 KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2007 / 2008 :

Post a Comment and Don't Spam!

Berkomentarlah secara bijak

About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search