.

.

SDMTK-07 PENINGKATAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH DENGAN MODEL PERMAINAN LACAK KARTU BILANGAN PADA SISWA KELAS III SDN BAYEM IV KEC. KASEMBON KAB. MALANG TAHUN PELAJARAN 2003 / 2004

Share on :
PENINGKATAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH DENGAN MODEL PERMAINAN LACAK KARTU BILANGAN PADA SISWA KELAS III SDN BAYEM IV KEC.  KASEMBON KAB. MALANG
TAHUN PELAJARAN 2003 / 2004




PENELITIAN TINDAKAN KELAS



Untuk  meningkatkan kualitas Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika  dan prestasi belajar siswa Kelas III SDN Bayem IV Kecamatan Kasembon
Kabupaten Malang






Nama     : SUHARNI, BA

NIP         : 130 419 569








SD NEGERI BAYEM IV  KECAMATAN KASEMBON
KABUPATEN MALANG
2003


PENGESAHAN



PENINGKATAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG BILANGAN
CACAH DENGAN MODEL PERMAINAN LACAK KARTU BILANGAN
SISWA KELAS III SDN BAYEM IV KECAMATAN KASEMBON KABUPATEN MALANG TAHUN PELAJARAN 2003/2004


PENELITIAN TINDAKAN KELAS



Untuk  meningkatkan kualitas Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika
Dan peningkatan prestasi belajar siswa Kelas III SDN Bayem IV Kecamatan KasembonKabupaten Malang








                                                                                 Kasembon, 29 September 2003



                                                      Mengetahui,




        Kepala UPTD TK,SD & PLS                                         Kepala
                   Kec. Kasembon                                             SDN Bayem IV,



                     
          DJAIT MULYONO,S.Pd                                   SUHARNI, BA
                         Pembina                                                         Pembina
                 NIP : 130 419 520                                          NIP :  130 419 569





KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Illahi Rabbi atas limpahan rahmat, hidayah dan taufikNya sehingga kami dapat menyelesaikan laporan Penelitian Tindakan Kelas yang berjudul “PENINGKATAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH DENGAN MODEL PERMAINAN LACAK KARTU BILANGAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI BAYEM IV KASEMBON KAB. MALANG TAHUN PELAJARAN 2003 / 2004”.
Penulisan PTK ini digunakan untuk meningkatkan kualitas Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar Negeri Bayem IV Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang.
Keberhasilan penulisan laporan Penelitian Tindakan Kelas ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak. Untuk itu kami menyampaikan terima kasih kepada :
1.      Bapak Djait Mulyono, S.Pd selaku Kepala UPTD Kecamatan Kasembon.
2.      Bapak Pengawas TK/SDKecamatan Kasembon
3.      Ibu Kepala Sekolah SDN Bayem IV Kecamatan Kasembon
4.      J Sakimin, S.Pd selaku penanggung jawab Perpustakaan Sekolah Dasar Negeri  Bayem IV
5.      Bapak / Ibu guru Sekolah Dasar Negeri Bayem IV Kec. Kasembon
6.      Siswa-siswi Kelas III SDN Bayem IV tahun ajaran 2003-2004.
7.      Semua fihak yang telah turut mendukung penulisan Penelitian Tindakan Kelas ini.
Kami menyadari bahwa laporan ini masih terdapat banyak kekurangan, baik isi maupun susunannya. Oleh karena itu, saran dan kritik yang membangun dari semua pihak sangat kami harapkan demi perbaikan masa mendatang.
Akhirnya, semoga laporan ini dapat memberikan manfaat kepada semua pembaca, khususnya rekan-rekan sejawat.


Bayem,   29   Spetember 2003


DAFTAR ISI



PENGESAHAN............................................................................................ i
SURAT KETERANGAN............................................................................ ii
ABSTRAKSI................................................................................................. iii
KATA PENGANTAR................................................................................. iv
DAFTAR ISI................................................................................................. v
BAB I PENDAHULUAN
I.1 Latar Belakang.............................................................................. 1
I.2 Rumusan Masalah......................................................................... 2
I.3 Cara Pemecahan Masalah.............................................................. 3
I.4 Tujuan Penelitian........................................................................... 4
I.5 Manfaat Penelitian........................................................................ 5
I.6 Ruang Lingkup Penelitian............................................................. 5
I.7 Penjelasan Istilah........................................................................... 6
BAB II KAJIAN PUSTAKA
II.1 Bilangan....................................................................................... 7
II.2 Operasi Hitung Bilangan Cacah.................................................. 8
II.3 Model Permainan Lacak Kartu Bilangan .................................... 8
II.4 Sarana Permainan Lacak Kartu Bilangan.................................... 9
II.5 Kartu Untuk Kelompok............................................................... 10
II.6 Cara Untuk Berlomba.................................................................. 10
II.7 Penilaian Hasil Permainan............................................................ 11
II.8 Hipotesis Tindakan...................................................................... 12
BAB III METODE PENELITIAN
III.1 Rancangan Penelitian................................................................. 15
III.2 Subjek Penelitian........................................................................ 16
III.3 Istrumen Penelitian..................................................................... 16
III.4 Pelaksanaan Penelitian............................................................... 17
III.5 Metode Pengumpulan Data........................................................ 17
III.6 Teknik Analisa Data................................................................... 18
BAB IV HASIL PENELITIAN
IV.1 Siklus I....................................................................................... 20
IV.2 Siklus II...................................................................................... 26
BAB V PENUTUP
V.1 Kesimpulan.................................................................................. 33
V.2 Saran............................................................................................ 33

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN - LAMPIRAN



ABSTRAKSI
Suharni, BA , 2003 : Peningkatan Kemampuan Operasi Hitung Bilangan Cacah dengan Modeln Permainan Lacak Kartu Bilangan Siswa Kelas III SDN Bayem IV Kecamatan  Kasembon Malang Tahun Pelajaran 2003/2004.

Kata kunci :  Operasi hitung bilangan,  Permainan lacak kartu bilangan.

Latar belakang penelitian ini adalah mutu pendidikan yang dilihat dari berbagai segi, salah satunya adalah dengan melihat prestasi belajar siswa. Prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa factor diantaranya bahan pelajaran, bakat dan minat, kecerdasan serta factor guru dan instrument lingkungan.
Masalah penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : apakah model permainan lacak kartu bilangan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III Sekolah Dasar tentang konsep operasi hitung bilangan cacah.
Tujuan penelitian ini adalah : meningkatkan prestasi belajar siswa kelan III Sekolah Dasar tentang operasi hitung bilangan cacah.
Metode penelitian : kegiatan penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri Bayem IV yang berjumlah 20 orang.
Hasil penelitian : dari data yang diperoleh dianalisa berdasarkan ketuntasan belajar siswa, yakni 80 % dari jumlah siswa sudah mencapai 75 % taraf penguasaan konsep yang diberikan.




BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang  
Dalam rangka mencapai tujuan pendidikan Nasional Yakni mencerdaskan  kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya maka sangat dibutuhkan peran pendidik yang professional. Sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, jabatan guru sebagai pendidik merupakan jabatan professional. Untuk itu profesionalisme guru dituntut agar terus berkembang sesuai dengan perkembangan jaman, ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan masyarakat termasuk kebutuhan terhadap sumberdaya manusia yang berkualitas dan memiliki kapabilitas untuk mampu bersaing baik regional, nasional maupun internasional.
Kenyataan di lapangan menunjukan bahwa mutu pendidikan kita masih sangat rendah dan tertinggal dibanding negara tetangga. Rendahnya kualitas pendidikan yang dimaksud antara lain :
1.         Kemampuan  siswa  dalam  menyerap  mata  pelajaran  yang  diajarkan guru tidak maksimal.
2.         Kurang sempurnanya  pembentukan  karakter  yang  tercermin  dalam  sikap  dan kecapan hidup yang dimiliki oleh setiap siswa.
3.         Rendahnya kemampuan membaca, menulis dan berhitung siswa terutama di tingkat dasar.
(hasil studi internasional yang dilakukan oleh organisasi Internasional Education Achievement, 1999)
Sehubungan dengan hal tersebut maka tiga aspek kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh siswa SD, yaitu membaca, menulis dan berhitung. Dari ketiga aspek tersebut pada siswa SDN Bayem IV Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang yang paling bermasalah adalah aspek berhitung.
Pelajaran berhitung secara garis besar dibagi menjadi empat macam, yaitu : Penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Dari 4 bagian tersebut pada bagian perkalian dan pembagian adalah yang paling bermasalah pada siswa kelas III SDN Bayem IV Kecamatan Kasembon – Malang.
Penyebab rendahnya pemahaman siswa terhadap Matematika khususnya perkalian dan pembagian karena model pembelajaran yang hanya berpusat pada guru, sehingga siswa pasif dan jenuh dalam menerima pelajaran.
Siswa cenderung hanya menghafal konsep tanpa disertai pemaham,an yang memadai.
Peneliti mencoba pada operasi hitung bilangan cacah dengan cara permainan lacak kartu bilangan agar siswa secara aktif, dan menyenangkan tanpa adanya tekanan dalam belajar, serta meningkatkan kreatifitas siswa sehingga hasil dari proses belajar menjadi maksimal.
Penerapan permainan lacak kartu bilangan sangat cocok diterapkan pada operasi hitung bilangan cacah terutama pada operasi perkalian. Model permainan lacak kartu bilangan akan menggugah siswa kelas III SDN Bayem IV Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang untuk lebih mencintai Mtematika yang selama ini sulit dipahami dan kurang berhasil. Model permainan lacak kartu bilangan menanamkan konsep belajar dengan pemahaman tinggi serta menyenangkan melalui permainan yang menarik.

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka diperoleh rumusan masalah sebagi berikut :
1.           Apakah model permainan lacak kartu bilangan dapat membuat siswa senang    belajar berhitung ?
2.           Apakah model permainan lacak kartu bilangan dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung bilangan cacah ?


1.3  Cara Pemecahan Masalah
Masalah operasi hitung bilangan cacah siswa kelas III SD Negeri Bayem IV Kecamatan Kasembon – Malang tahun pelajaran 2003/2004 tersebut digunakan model permainan lacak kartu bilangan yang direncanakan dalam tiga siklus.
 1.  Siklus I
Menentukan hasil perkalian dua bilangan satu angka sampai dengan 100 dengan menggunakan permainan lacak kartu bilangan.
Pada awal pembelajaran guru menjelaskan tentang :
a.       Pembentukan kelompok
b.      Cara bermain
c.       Cara memberi skor
Sarana permainan
Kartu guru sejumlah 6 macam, terdiri dari hasil kali dari dua bilangan, misalnya
12, 24, 36, 48, 63, 72.
Kartu siswa terdiri dari :
1.      Jawaban untuk kartu guru 12, yaitu : 2x6,  3x4,  6x2,  4x3.
2.      Jawaban untuk kartu guru 24, yaitu : 4x6,  6x4,  3x8,  8x3
3.      Jawaban untuk kartu guru 36, yaitu : 4x9,  9x4,  6x6
4.      Jawaban untuk kartu guru 48, yaitu : 6x8,  8x6
5.      Jawaban untuk kartu guru 63, yaitu : 7x9,  9x7
6.      Jawaban untuk kartu guru 72, yaitu : 9x8,  8x9
Penilaian dilakukan setelah permainan selesai dilaksanakan. Kartu yang dinilai adalah yang benar. Banyaknya kartu benar yang terkumpul dicatat pada papan penilaian. Pemenang permainan didasarkan pada banyaknya kartu yang benar  yang dikumpulkan oleh masing-masing kelompok.
Hasil pekerjaan siswa dianalisa secara keseluruhan dan disimpulkan, apabila ada kekurangan dijelaskan secara rinci untuk digunakan sebagai dasar penentuan siklus berikutnya.

2.  Siklus II
Berdasarkan hasil analisis dan refleksi pada siklus I, maka dapast ditentukan permasalahan yang harus dipecahkan pada siklus II dengan melalui tahapan perencanaan, implementasi, tindakan, observasi, refleksi dan revisi.
3.   Siklus III
 Pada siklus II, jika hasil sudah dianggap baik, maka bisa dihentikan cukup dua siklus, tetapi jika masih terdapat kekurangan pada pelaksanaan proses belajar mengajar pada siklus II, maka diperlukan refleksi dan revisi pada siklus III agar tercapai tujuan yang diinginkan, yaitu meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas III SDN Bayem IV Kasembon-Malang tahun pelajaran 2003/2004.

1.4 Tujuan Penelitian
1.4.1.Tujuan Umum
Penelitian ini secara umum bertujuan menciptakan proses belajar yang efektif, menyenangkan dan memberikan motivasi serta daya tarik siswa pada pelajaran Matematika khususnya tentang operasi hitung bilangan cacah terutama perkalian, dengan cara permainan lacak kartu bilangan.
1.4.2.Tujuan khusus
Disetiap pembelajaran, termasuk pembelajaran Matematika harus dapat mengantarkan anak didik untuk memiliki kompetensi Matematika yaitu :
-          Pemahaman konsep,
-          Ketrampilan menjalankan prosedur,
-          Ketrampilan berfikir logis dan reflektif,
-          Kemampuan   merumuskan,   menyajikan    dan    menyelesaikan     masalah matematika.
-          Memiliki sikap atau merasakan bahwa Matematika itu berguna dan akhirnya memiliki kepercayaan diri.
Tujuan penelitian ini secara khusus adalah sebagai berikut :
1.   Mendapat deskripsi tentang belajar berhitung yang  menyenangkan  dengan
      menggunakan metode lacak kartu bilangan.
2.   Mendapatkan  deskripsi  tentang  peningkatan  kemampuan  operasi  hitung
      bilangan   cacah   dengan   menggunakan   metode   permainan  lacak  kartu
      bilangan.

1.5 Manfaat Penelitian
Penelitian ini bermanfaat bagi guru, siswa serta peneliti. Beberapa karakteristik yang diharapkan muncul dalam pembelajaran Matematika ini antara  lain :
-     kegiatan berpusat pada siswa,
-     pemecahan masalah,
-     penemuan,
-     bekerja dalam kelompok kooperatif,
-     memanfaatkan pengalaman siswa,
-     melibatkan aktifitas siswa, seperti mendengar, menulis,
-     kenikmatan belajar,
-     bersikap terbuka.
Bagi peneliti lain hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam melakukan penelitian yang sejenis.

1.6 Ruang Lingkup Penelitian
1.      Penelitian  ini  hanya  meneliti   tentang  kegairahan  siswa   dalam   operasi hitung bilangan cacah ( perkalian dua bilangan  satu  angka  sampai  dengan  seratus ) dengan menggunakan metode permainan lacak kartu bilangan.
2.      Penelitian ini hanya meneliti tentang peningkatan hasil belajar siswa pada operasi  hitung  bilangan  cacah  dengan  menggunakan  metode  permainan lacak kartu bilangan.
3.      Penelitian ini diterapkan pada siswa kelas III SDN Bayem IV Kecamatan kasembon Kabupaten Malang tahun pelajaran 2003/2004.



1.7 Penjelasan Istilah
Model permainan lacak kartu bilangan yaitu suatu bentuk cara belajar matematika dengan menggunakan kartu bilangan sebagai sarananya.
1.   Kartu untuk guru bertuliskan hasil perkalian dari fakta dasar yang dipilih.
2.   Kartu untuk siswa yaitu kartu yang berisi jawaban dari kartu guru.
                                                                     

0 comments on SDMTK-07 PENINGKATAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH DENGAN MODEL PERMAINAN LACAK KARTU BILANGAN PADA SISWA KELAS III SDN BAYEM IV KEC. KASEMBON KAB. MALANG TAHUN PELAJARAN 2003 / 2004 :

Post a Comment and Don't Spam!

Berkomentarlah secara bijak

About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search