.

.

PEMBERIAN MOTIVASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS I A SMP NEGERI 03 BATU

Share on :
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(PTK)

PEMBERIAN MOTIVASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI
BELAJAR SISWA KELAS I A SMP NEGERI 03 BATU


DPL: Imron Rossidy, M. Th, M.Ed

Oleh:

Sri Indra Rini
NIM: 001160046









FAKULTAS TARBIYAH
JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MALANG
2005






PEMBERIAN MOTIVASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS I A
SMP NEGERI 03 BATU










HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

PEMBERIAN MOTIVASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS I A SMP NEGERI 03 BATU

Diajukan untuk memenuhi salah satu rangkaian tugas Praktek Kerja Lapangan Intergratif Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Ekonomi
 Universitas Islam Negeri Malang
2005.




Disusun Oleh
Sri Indra Rini
001160046



Telah dikoreksi dan disetujui pada tanggal      Maret 2005.




Mengetahui
Dosen Pembimbing Lapangan


Imron Rosyadi, M. Th, M.Ed
NIP. 150303046.



KATA PENGANTAR

Segala puji syukur ke hadirat Allah SWT, karena berkat petunjuk dan pertolongan-Nya penulis dapat menyelesaikan tugas penelitian ini dengan baik. Adapun penulisan ini dimaksudkan Untuk melengkapi syarat dalam menyelesaikan program PKLI pada Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Ekonomi Islam Universitas Islam Negeri Malang. Penelitian ini berjudul Pemberian Motivasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas Ia Smp Negeri 03 Batu”
Dengan selesainya penulisan laporan penelitian ini penulis mengucapkan terimakasih yang tiada terhingga kepada seluruh pihak yang membantu dalam penyusunan laporan penelitian ini, terutama kepada pihak:
1.      Almarhum ayah tercinta.
2.      Ibu tercinta yang dengan tulus memberikan kasih sayang, motivasi dan doa bagi penulis.
3.      Bapak Prof. Dr. H. Imam Suprayogo, selaku Rektor UIN Malang.
4.      Tarbiyah Pendidikan Ekonomi.
5.      Bapak Imron Rossidy, M. Th, M. Ed, selaku Dosen Pembimbing Lapangan.
6.      Bapak Drs. H. Sudjud Lamudjianto, selaku Kepala Sekolah SMP Negeri 03 Batu.
7.      Ibu Fransisca Umi Setyo, selaku Guru Pamong.


8.      Segenap guru dan karyawan SMP Negeri 03 Batu yang telah banyak memberikan informasi yang cukup membantu terhadap penelitian ini.
9.      Rekan-rekan seperjuangan yang kompak dalam menyelesaikan tugas PKLI (Pakde, Budhe, Mas Rosy, Mona, Om, Tante, Ghufron, Mba’ Iffa, Dhani, Nuries, Mahfud, Sichah, Fatma)
10.  Bapak Untung sekeluarga (Bu Fini, Dini, Monel) yang selalu memberi motivasi kepada penulis untuk selalu bertahan.
Penulis sadar bahwa tak ada yang sempurna kecuali Allah Yang Maha Kuasa. Karena itulah saran dan kritik senantiasa penulis harapkan demi kesempurnaan penulisan laporan penelitian ini. Dan semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca umumnya.



                                                                                                Batu…Maret 2005
                                                                                                          Penulis


                                                                                                     Sri Indra Rini


DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL.................................................................................................
HALAMAN PENGESAHAN................................................................................... 
KATA PENGANTAR...............................................................................................
DAFTAR ISI.............................................................................................................
BAB I: PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah...........................................................................
B.    Rumusan Masalah.....................................................................................
C.    Tujuan penelitian....................................................................................
D.    Manfaat penelitian..................................................................................
BAB II: KAJIAN PUSTAKA
A.    Pengertian motivasi............................................................
B.     Prestasi belajar dan kriteria.................................................................
C.     Faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa..........................
D.    Bentuk pemberian motivasi.....................................................................
BAB III: METODE PENELITIAN
A.    Setting.....................................................................
B.     Perencanaan Tindakan Kelas...............................................................................
1.      Perencanaan Tindakan
2.      Implementasi Tindakan
3.      Observasi
4.      Analisis dan Refleksi
C.     Siklus Penelitian................................................................................
D.    Pembuatan Instrument.....................................................................................
E.     Pengumpulan Data..................................................................
F.      Indikator Kinerja..................................................................................
BAB IV: HASIL DAN PEMBAHASAN
A.    Sekilas tentang SMP Negeri 03 Batu
1.      Sejarah Berdirinya SMP Negeri 03 Batu
2.      Data Sekolah
3.      Strukur Organisasi Sekolah
4.      Keadaan Sarana dan Prasarana
5.      Tenaga Pendidikan
6.      Keadaan Siswa
B.    Siklus I
1.      Perencanaan Tindakan siklus I
2.      Implementasi Tindakan siklus I
3.      Observasi siklus I
4.      Analisis dan Refleksi siklus I
C.    Siklus II
1.      Perencanaan Tindakan siklus II
2.      Implementasi Tindakan siklus II
3.      Observasi siklus II
4.      Analisis dan Refleksi siklus II
BAB  V:   PENUTUP
1.      Kesimpulan...........................................................................
2.      Saran............................................................................
DAFTARPUSTAKA...................................................................................
LAMPIRAN


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Pada dasarnya pendidikan adalah suatu yang amat mendasar dalam kehidupan manusia, pendidikan yang dilaksanakan secara benar dan sungguh-sungguh akan tercipta generasi yang handal yang mampu membawa negara ini ke arah yang lebih baik dan maju sehingga mampu mengikuti perkembangan jaman.
Lembaga pendidikan terutama sekolah berusaha mengarahkan dan memaksimalkan efektivitas belajar siswa dengan jalan merencanakan dan mengorganisasikan proses belajar mengajar, sistem tersebut dikembangkan menjadi empat komponen yaitu: materi, tujuan, pengalaman belajar mengajar atau metode dan evaluasi. Keempat komponen tersebut tidak dapat dipisah-pisahkan yang disebut sistem pengajaran.
Keberhasilan proses belajar mengajar dipengaruhi oleh banyak faktor, yakni faktor dari dalam (intern) dan faktor dari luar (ekstern). Oleh karena itu, guru sebagai salah satu faktor ekstern dalam menjalankan proses belajar mengajar yang menentukan berhasil atau tidaknya suatu pengajaran. Dalam rangka menangani permasalahan tersebut diperlukan suatu aktivitas yang didorong oleh suatu motivasi. Demikian pula mahasiswa yang sedang menjalani aktivitas belajar di sekolah, karena didorong oleh motivasi dalam diri masing-masing siswa. Motivasi merupakan daya penggerak dari berbagai motif yang ada pada diri individu dan diarahkan pada tujuan tertentu.
Untuk mempelajari suatu ilmu dengan baik dibutuhkan suatu motivasi, karena berkaitan dengan semangat dan gairah belajar siswa untuk melakukan sesuatu.
Agar pendidikan mencapai sebuah tujuan, maka perlu disusun suatu strategi yang sesuai dengan kondisi, maksudnya langkah itu harus disusun dengan terencana sesuai dengan harapan dan keinginan.

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang tersebut di atas, maka pokok permasalahan dalam penelitian ini dapat diformulasikan sebagai berikut:
1.      Apakah pemberian motivasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas I A SMP Negeri 03 Batu?
2.      Bagaimana pemberian motivasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas I A SMP Negeri 03 Batu?

C.    Tujuan Penelitian
Setiap manusia yang bertindak pasti mempunyai tujuan tertentu yang ingin dicapai, baik tujuan itu bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.
Sesuai dengan formulasi permasalahan di atas, maka tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah sebagai berikut:
1.      Untuk mengetahui apakah motivasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas I A SMP Negeri 03 Batu?
2.      Untuk mengetahui bagaimana motivasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas I A SMP Negeri 03 Batu?
D.    Manfaat Penelitian
Pelaksanaan penelitian ini diharapkan bisa bermanfaat dan memberi kontribusi dalam upaya meningkatkan proses belajar mengajar di SMP 03 Batu. Adapun secara mendetail manfaat tersebut adalah sebagai berikut:
1.      Dapat memberikan gambaran pada para guru tentang usaha-usaha yang akan dilakukan sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.
2.      Dapat memberikan motivasi yang sesuai dengan anak-anak khususnya dalam meningkatkan prestasi belajar di sekolah.
3.      Dapat menambah keilmuan dan memberikan informasi pada masyarakat tentang upaya-upaya dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.
4.      Bagi peneliti dapat mengetahui secara langsung dan mendalam tentang upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan belajar siswa.

0 comments on PEMBERIAN MOTIVASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS I A SMP NEGERI 03 BATU :

Post a Comment and Don't Spam!

Berkomentarlah secara bijak

About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search