.

.

SMPBING-03 MEMBANGUN PEMAHAMAN DAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI PERMAINAN PADA SISWA KELAS …

Share on :
MEMBANGUN PEMAHAMAN DAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI PERMAINAN PADA SISWA KELAS …



BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Kebanyakan anak usia sekolah dasar sangat suka dengan permainan, hal ini sesuai dengan usia anak yang pada dasarnya adalah suka bermain. Sudah menjadi kodratnya bahwa anak-anak akan sangat tertarik dengan yang disebut permainan dan bagaimana caranya menjadikan permainan yang disukai oleh anak anak itu menjadi suatu metode pembelajaran bahasa Inggris.
Pintar bahasa Inggris tampaknya sudah merupakan keharusan dewasa ini. Hal ini dibuktikan dari menjamurnya tempat kursus bahasa Inggris sampai ke pelosok daerah. Di banyak sekolah, terutama di kota-kota besar, bahasa Inggris diajarkan sejak di kelas empat sekolah dasar sebagai salah satu mata pelajaran muatan lokal, bahkan di lingkungan elite bahasa Inggris mulai diperkenalkan di taman bermain.
Umumnya, para guru di sekolah menyajikan pelajaran bahasa Inggris secara klasikal dengan metode konvensional. Guru de depan kelas menjelaskan atau memberikan contoh sementara anak didiknya mendengarkan. Apabila cara mejelaskan pelajaran tidak menarik, anak didik akan mendengarkan sambil terantuk-kantuk atau sambil bermain-main dengan kotak pensilnya. Yang penting mereka tidak bersuara dan membuat gaduh.
Kalau diperhatikan, anak-anak seusia kelas ………. sekolah dasar adalah anak yang aktif yang sangat sulit diminta duduk sambil diam mendengarkan orang berbicara dalai waktu yang agak lama. Mereka paling senang bermain. Maka, tidak ada salahnya kalau kegemaran bermain ini dimanfaatkan untuk menyampaikan materi ajar. Dengan demikian, mereka akan memperoleh pengalaman belajar yang menyenangkan dan penuh makna. Minat belajar bahasa Inggris pun akan tumbuh dengan baik.
Salah satu cara untuk memenfaatkan kegemaran bermain ini ialah dengan memberikan permainan misalnya permainan yang mengombinasikan kesenangan bermain dan kebiasaan bergera aktif sekaligus belajar bahasa Inggris.
Agar belajar manjadi aktif, siswa harus mengerjakan banyak sekali tugas. Mereka haru menggunakan otak, mengkaji gagasan, memecahkan masalah, dan menerapkan apa yang mereka pelajari. Belajr aktif harus gesit, menyenangkan, bersemangat dan penuh gairah. Siswa bahkan sering meninggalkan tempat duduk mereka, bergerak leluasa dan berfikir keras (moving about dan thinking aloud).
Untuk bisa mempelajari sesuatu dengan baik, kita perlu mendengarnya, melihatnya, mengajukan pertanyaan tentangnya, dan membahasnya dengan orang lain. Bukan Cuma itu, siswa perlu “mengerjakannya”, yakni menggambarkan sesuatu dengan cara mereka sendiri, menunjukkan contohnya, mencoba mempraktekan keterampilan, dan mengerjakan tugas yang menuntut pengetahuan yang telah tau harus mereka dapatkan.
Penguasaan kosa kata dan kalimat perintah dalam bahasa Inggris memiliki aspek beragam. Diantaranya dapat digunakan sebagai sarana untuk mengembangkan pengetahuan, menyampaikan pesan, bentuk kata. Untuk itulah dalam mengungkap permasalahan tersebut peneliti memilih judul “Membangun Pemahaman dan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Permainan Pada Siswa Kelas ……………………………………………………….”

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan pada latar belakang tersebut, maka masalah yang timbul dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.      Bagaimanakah tingkat penguasaan pemahaman kosa kata bahasa Inggris anak kelas ………………………………….. melalui cara belajar aktif model permainan?
2.      Bagaimanakah tingkat penguasan kosakata bahasa Inggris anak kelas ……………………………………….?
3.      Bagaimanakah tingkat penguasaan makna kosakata bahasa Inggris anak kelas ………………………………………………. melalui cara belajar aktif model permainan?




C. Tujuan Penelitian
1.   Tujuan Umum
            Untuk memperoleh deskripsi tentang tingkat penguasaan kosakata bahasa Inggris anak Sekolah dasar kelas ……… melalui cara belajar aktif model permainan.
2.   Tujuan Khusus
            Secara khusus tujuan penelitian ini adalah:
a.       Untuk memperoleh deskripsi tentang tingkat penguasaan pelafalan huruf bahasa Inggris anak kelas ……………. Sekolah dasar melalui cara belajar aktif model permainan.
b.      Untuk memperoleh deskripsi tentang penguasaan pelafalan huruf kosaka bahasa Inggris anak kelas …………….. Sekolah dasar melalui cara belajar aktif model permainan.
c.       Untuk memperoleh deskripsi tentang tingkat penguasaan makna kosakata anak kelas V Sekolah dasar melalui cara belajar aktif model permainan.

D. Asumsi Penelitian
            Dalam penelitian ini ada beberapa asumsi sebagai berikut:
1.      Melalui cara belajar aktif model permainan, anak kelas ……………… Sekolah dasar dapat mengungkapkan pendapat dan sikap dalam bahasa Inggris dengan lafal yang tepat.
2.      Anak Sekolah dasar kelas ……….. dapat bertambah kosakatanya melalui cara belajar aktif model permainan.
3.      Dengan membaca cerita ringan, anak kelas ……… Sekolah dasar memiliki tingkat penguasaan makna kosakata yang berbeda-beda.

0 comments on SMPBING-03 MEMBANGUN PEMAHAMAN DAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI PERMAINAN PADA SISWA KELAS … :

Post a Comment and Don't Spam!

Berkomentarlah secara bijak

About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search