.

.

PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN TANYA JAWAB GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII H SEMESTER II DI MTSN KEDIRI 2

Share on :

PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN TANYA JAWAB GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII H SEMESTER II DI MTSN KEDIRI 2


BAB I PENDAHULUAN


1.1       Latar Belakang Masalah
Pendidikan memegang peranan penting yang menyangkut kemajuan dan masa depan bangsa, tanpa pendidikan yang baik mustahil suatu bangsa akan maju.
Dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional BAB II Pasal 3 menyebutkan bahwa: “Pendidikan Nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu kehidupan dan martabat manusi Indonesia dalam rangka upaya mewujudkan tujuan Nasional”.
Berhasil atau tidak suatu pendidikan dalam suatu negara salah satunya adalah karena guru. Guru mempunyai peranan yang sangat penting dalam perkembangan dan kemajuan anak didiknya. Dari sinilah guru dituntut untuk dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Untuk dapat mencapai tujuan pengajaran yang diharapkan. Guru harus pandai memilih metode yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anak didik. Supaya anak didik merasa senang dalam belajar.
Dalam proses belajar mengajar bukan hanya menyampaikan ilmu pengetahuan saja, akan tetapi pemberian motivasi sangatlah penting karena secara psikologis anak akan merasa senang apabila mereka diperhatikan. Salah satu cara memberikan perhatian adalah dengan memotivasi.
Kesuksesan belajar siswa tidak hanya tergantung pada intelegensi anak saja, akan tetapi juga tergantung pada bagaimana pendidik menggunakan metode yang tepat dan memberinya motivasi.
Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memberikan motivasi kepada anak didik diantaranya adalah memberi angka atau nilai. Pemberian mulai dilakukan oleh guru ketika mereka selesai ulangan atau menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Cara ini merangsang anak untuk giat belajar. Anak yang nilainya rendah, mereka akan termotivasi untuk meningkatkan belajarnya dan anak yang nilainya bagus akan semakin giat dalam belajar.
Maka untuk meningkatkan aktivitas dan semangat belajar diperlukan ketrampilan dan kreativitas guru dalam menyampaikan materi yaitu dengan cara penggunaan metode yang tepat.
Berpijak dari latar belakang di atas maka perlu kiranya diadakan suatu penelitian pendidikan, dalam hal ini penulis akan mengangkat suatu topik “PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN TANYA JAWAB GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII H SEMESTER II DI MTSN KEDIRI 2”

1.2       Rumusan Masalah
Dari uraian latar belakang di atas, maka penulis dapat merumuskan permasalahan yakni: “Apakah dengan menggunakan metode Demonstrasi dan Tanya jawab dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII H MTsN Kediri 2”?

1.3       Tujuan Penelitian
Berdasarkan pada rumusan masalah di atas, maka penulis akan merumuskan penelitian ini dengan tujuan: Untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode Demonstrasi dan Tanya jawab dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII H MTsN Kediri 2

1.4       Manfaat Penelitian
Hasil dari penelitian ini diharapkan bisa memberikan kontribusi dalam upaya meningkatkan pembelajaran di MTsN Kediri 2, khususnya pada kegiatan pembelajaran fiqih, adapun kontrubusi itu adalah untuk:
1.    Bagi Lembaga
Penerapan metode Demonstrasi dan Tanya jawab dapat dijadikan bahan pertimbangan atau pijakan bagi lembaga sekaligus sebagai kerangka acuan dalam mengembangkan hal-hal yang berkaitan dengan pengajaran dalam pembelajaran Pendidikan agama Islam yang lebih baik.
2.    Bagi Guru
Penerapan metode Demonstrasi dan Tanya jawab diharapkan akan lebih mempermudah para guru dalam mengajarkan atau menyampaikan mata pelajaran dan mengarahkan siswa khususnya terhadap siswa yang sering tidak serius dalam kegiatan belajar mengajar.
3.    Bagi Siswa
Dengan metode Demonstrasi dan Tanya jawab yang diterapkan oleh guru diharapkan siswa lebih kompeten dalam menerima pelajaran dan mengikuti proses belajar mengajar dengan baik, khususnya mata pelajaran fiqih sehingga siswa dapat mengembangkan berfikir dan menerima materi dengan baik.
4.    Bagi peneliti
Penggunaan metode Demonstrasi dan Tanya jawab akan mempermudah meneliti dalam mengetahui sejauh mana kemampuan siswa terhadap materi mata pelajaran fiqih yang telah diberikan serta tanggung jawab siswa terhadap tugas mata pelajaran fiqih dan menambah wawasan bagi para calon guru.

1.5       Sistematika Pembahasan
BAB I    Pendahuluan, pada bab ini memaparkan tentang latar belakang, rumusan masalah, tujuan, manfaat penelitian, dan sistematika pembahasan
BAB II   Kajian Pustaka, pada bab ini memaparkan tentang pengertian metode demontrasi dan tanya jawab, kelebihan dan kekurangan, serta pengertian tentang Motivasi belajar
BAB III Metode Penelitian, pada bab ini memaparkan tentang Setting Penelitian, Rencana Tindakan, Siklus Penelitian, Pembuatan Instrumen, Pengumpulan Data, dan indikator kinerja.
BAB VI Paparan Data dan Hasil Penelitian, pada bab ini memaparkan tentang gambaran umum subyek penelitian, hasil penelitian yang meliputi Siklus Pertama, Siklus kedua dan Pembahasan.
BAB V   Kesimpulan dan Saran, pada bab ini memaparkan tentang kesimpulan dari hasil penelitian serta saran yang diharapkan dapat memberikan manfaat bagi perkembangan Pendidikan Agama Islam khususnya dalam metode pengajaran.


0 comments on PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN TANYA JAWAB GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII H SEMESTER II DI MTSN KEDIRI 2 :

Post a Comment and Don't Spam!

Berkomentarlah secara bijak

About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search