MEMBANGUN PEMAHAMAN DAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI PERMAINAN PADA SISWA KELAS …
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Kebanyakan anak usia sekolah dasar
sangat suka dengan permainan, hal ini sesuai dengan usia anak yang pada
dasarnya adalah suka bermain. Sudah menjadi kodratnya bahwa anak-anak akan
sangat tertarik dengan yang disebut permainan dan bagaimana caranya menjadikan
permainan yang disukai oleh anak anak itu menjadi suatu metode pembelajaran
bahasa Inggris.
Pintar bahasa Inggris tampaknya sudah
merupakan keharusan dewasa ini. Hal ini dibuktikan dari menjamurnya tempat
kursus bahasa Inggris sampai ke pelosok daerah. Di banyak sekolah, terutama di
kota-kota besar, bahasa Inggris diajarkan sejak di kelas empat sekolah dasar
sebagai salah satu mata pelajaran muatan lokal, bahkan di lingkungan elite
bahasa Inggris mulai diperkenalkan di taman bermain.
Umumnya, para guru di sekolah
menyajikan pelajaran bahasa Inggris secara klasikal dengan metode konvensional.
Guru de depan kelas menjelaskan atau memberikan contoh sementara anak didiknya
mendengarkan. Apabila cara mejelaskan pelajaran tidak menarik, anak didik akan
mendengarkan sambil terantuk-kantuk atau sambil bermain-main dengan kotak
pensilnya. Yang penting mereka tidak bersuara dan membuat gaduh.
Kalau diperhatikan, anak-anak seusia
kelas ………. sekolah dasar adalah anak yang aktif yang sangat sulit diminta duduk
sambil diam mendengarkan orang berbicara dalai waktu yang agak lama. Mereka
paling senang bermain. Maka, tidak ada salahnya kalau kegemaran bermain ini
dimanfaatkan untuk menyampaikan materi ajar. Dengan demikian, mereka akan
memperoleh pengalaman belajar yang menyenangkan dan penuh makna. Minat belajar
bahasa Inggris pun akan tumbuh dengan baik.
Salah satu cara untuk memenfaatkan
kegemaran bermain ini ialah dengan memberikan permainan misalnya permainan yang
mengombinasikan kesenangan bermain dan kebiasaan bergera aktif sekaligus
belajar bahasa Inggris.
Agar belajar manjadi aktif, siswa
harus mengerjakan banyak sekali tugas. Mereka haru menggunakan otak, mengkaji
gagasan, memecahkan masalah, dan menerapkan apa yang mereka pelajari. Belajr
aktif harus gesit, menyenangkan, bersemangat dan penuh gairah. Siswa bahkan
sering meninggalkan tempat duduk mereka, bergerak leluasa dan berfikir keras
(moving about dan thinking aloud).
Untuk bisa mempelajari sesuatu dengan
baik, kita perlu mendengarnya, melihatnya, mengajukan pertanyaan tentangnya,
dan membahasnya dengan orang lain. Bukan Cuma itu, siswa perlu
“mengerjakannya”, yakni menggambarkan sesuatu dengan cara mereka sendiri,
menunjukkan contohnya, mencoba mempraktekan keterampilan, dan mengerjakan tugas
yang menuntut pengetahuan yang telah tau harus mereka dapatkan.
Penguasaan kosa kata dan kalimat perintah dalam bahasa
Inggris memiliki aspek beragam. Diantaranya dapat digunakan sebagai sarana
untuk mengembangkan pengetahuan, menyampaikan pesan, bentuk kata. Untuk itulah
dalam mengungkap permasalahan tersebut peneliti memilih judul “Membangun
Pemahaman dan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Permainan Pada Siswa
Kelas ……………………………………………………….”
B. Rumusan
Masalah
Berdasarkan pada latar belakang tersebut, maka masalah
yang timbul dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.
Bagaimanakah tingkat penguasaan
pemahaman kosa kata bahasa Inggris anak kelas ………………………………….. melalui cara
belajar aktif model permainan?
2.
Bagaimanakah tingkat penguasan
kosakata bahasa Inggris anak kelas ……………………………………….?
3.
Bagaimanakah tingkat penguasaan
makna kosakata bahasa Inggris anak kelas ………………………………………………. melalui cara
belajar aktif model permainan?
C. Tujuan
Penelitian
1. Tujuan Umum
Untuk memperoleh
deskripsi tentang tingkat penguasaan kosakata bahasa Inggris anak Sekolah dasar
kelas ……… melalui cara belajar aktif model permainan.
2. Tujuan
Khusus
Secara khusus
tujuan penelitian ini adalah:
a.
Untuk memperoleh deskripsi
tentang tingkat penguasaan pelafalan huruf bahasa Inggris anak kelas …………….
Sekolah dasar melalui cara belajar aktif model permainan.
b.
Untuk memperoleh deskripsi
tentang penguasaan pelafalan huruf kosaka bahasa Inggris anak kelas ……………..
Sekolah dasar melalui cara belajar aktif model permainan.
c.
Untuk memperoleh deskripsi
tentang tingkat penguasaan makna kosakata anak kelas V Sekolah dasar melalui
cara belajar aktif model permainan.
D. Asumsi
Penelitian
Dalam penelitian ini ada beberapa
asumsi sebagai berikut:
1.
Melalui cara belajar aktif
model permainan, anak kelas ……………… Sekolah dasar dapat mengungkapkan pendapat
dan sikap dalam bahasa Inggris dengan lafal yang tepat.
2.
Anak Sekolah dasar kelas ………..
dapat bertambah kosakatanya melalui cara belajar aktif model permainan.
3.
Dengan membaca cerita ringan,
anak kelas ……… Sekolah dasar memiliki tingkat penguasaan makna kosakata yang
berbeda-beda.
0 comments on SMPBING-03 MEMBANGUN PEMAHAMAN DAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI PERMAINAN PADA SISWA KELAS … :
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak