PENGGUNAAN METODE DRILL DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI BAHASA ARAB DI KELAS VIII- DI MTS KEDIRI II. KEDIRI
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kiranya tidak asing
lagi apabila mendengar guru-guru Agama yang menyatakan keluhan-keluhan tentang
pengajaran materi pendidikan agama. Hal ini disebabkan karena adanya faktor
ketakutan dari siswa itu sendiri yang menganggap materi pendidikan agama adalah
materi yang paling menyulitkan untuk dipelajari atau bahkan di anggap remeh
karena materi pendidikan agama sering di jumpai, Ketika seorang guru memberikan
materi pendidikan agama saat itu juga siswa merasa kurang berminat, kurang
termotivasi untuk mempelajari atau untuk menerimanya. Akibatnya, dapat
mengurangi keefektifan proses belajar mengajar.
Faktor lain
adalah karena basic (dasar) dari siswa. Mayoritas siswa yang belajar di
sekolah-sekolah umum memiliki dasar yang minim sekali tentang pendidikan agama.
Atau mereka bisa dikatakan orientasinya kepada pendidikan agama kurang.
Akibatnya, ketika siswa dihadapkan pada materi agama khususnya pembelajaran
bahasa arab, siswa akan mengalami kesulitan pada proses belajarnya.
Demikian juga
alokasi waktu yang diberikan untuk mata pelajaran PAI di sekolah-sekolah umum
(1 x pertemuan dalam seminggu / 2 x 45 menit). Bagaimana mungkin siswa dapat
membaca dengan fasih, menulis dengan tepat dan benar, menghafal dengan cepat.
Dengan latar belakang basic agama yang minim sekali sementara waktu yang
diberikan untuk materi pendidikan agama sangat sedikit sekali. Hal inilah yang
menjadi penghalang ketercapaian hasil yang memuaskan. Akan berbeda sekali
dengan siswa madrasah pada umumnya yang telah memiliki latar pendidikan agama.
Lebih mudah untuk membaca, mudah dalam menulis dan menghafal sehingga tidak
terdapat kesulitan-kesulitan untuk mempelajari materi pendidikan agama akan
tetapi tidak menutup kemungkinan adanya kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh
anak didik baik dari faktor intern ataupun ekstern.
Berdasarkan fenomena-fenomena di atas sebagai
gambaran problema dalam memperoleh efektifitas dan efisien pembelajaran materi
pendidikan agama, maka disini penulis tertarik untuk mengangkat permasalahan
tersebut melalui pendekatan teoritis dan empirik. Maka dari itu disini penulis
mencoba untuk mengambil judul “Penggunaan Metode Drill Dalam
Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Bahasa Arab Di kelas VIII- Di MTS
Kediri II. Kediri ”. Dari sini
diharapkan dapat menemukan pemecahannya sehingga dapat mencapai tujuan yang
diharapkan.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka
permasalahan yang hendak di kaji dapat dirumuskan sebagai berikut :
Bagaimana pelaksanaan metode drill dalam mengatasi
kesulitan belajar pada materi Bahasa Arab yang diberikan pada siswa kelas kelas
VIII di MTs Negeri Kediri
II ?
C. Tujuan Penelitian
Sesuai dengan masalah yang hendak di kaji tersebut,
maka peneliti ini bertujuan untuk :
Mengetahui bagaimana pelaksanaan metode drill dalam
pembelajaran materi Bahasa Arab siswa kelas kelas VIII di MTs Negeri Kediri II
D. Hipotesis
Dengan menggunakan Metode Drill materi Pendidikan Agama Islam dapatt mempermudah
belajar siswa kelas VIII di MTs Negeri Kediri II khususnya dalam pembelajaran
Bahasa Arab.
E. Manfaat Penelitian
Dari hasil penelitian, diharapkan dapat meberikan
manfaat, antara lain :
1.
Lembaga
Sebagai pemberi
informasi tentang hasil dari penggunaan metode drill dalam proses belajar
mengajar Pendidikan Agama Islam khususnya Bahasa Arab, serta sebagai bahan pertimbangan bagi lembaga dalam
memberikan kebijakan kepada para guru dalam penyampaian materi Pendidikan Agama
Islam.
2.
Guru
Agar guru lebih
mudah dalam menyampaikan materi yaitu secara praktis, efektif dan efesien dalam
mencapai hasil pembelajaran yang maksimal, serta untuk menambah wawasan tentang penggunaan metode pembelajaran.
3.
Siswa
Siswa agar lebih
mudah dalam memahami materi yang disampaikan guru serta lebih mudah dalam memotivasi kegiatan belajar materi Pendidikan
Agama Islam khususnya Bahasa Arab untuk direalisasikan dalam kehidupannya..
F. Sistematika Pembahasan
BAB I Pendahuluan, pada bab ini memaparkan tentang latar belakang,
rumusan masalah, tujuan, hipotesis penelitian, manfaat penelitian, dan
sistematika pembahasan.
BAB II Kajian Pustaka, pada bab ini memaparkan tentang pengertian,
unsur-unsur, tujuan, kebaikan, kelemahan, dan penggunaan metode drill dalam
pembelajaran Bahasa Arab.
BAB III Metode Penelitian, pada bab
ini memaparkan tentang pendekatan dan jenis penelitian, tahapan penelitian,
siklus penelitian, pembuatan instrumen penelitian, teknik pengumpulan data,
pengecekan keabsahan data, indikator kinerja.
BAB IV Paparan Data dan Hasil
Penelitian, pada bab ini memaparkan tentang lokasi penelitian dan hasil
penelitian yang meliputi penyajian data-data yang diperoleh dari lapangan.
BAB V Penutup, pada bab ini
memaparkan tentang kesimpulan dari hasil penelitian serta saran yang diharapkan
dapat memberikan manfaat bagi perkembangan Pendidikan Agama Islam khususnya Bahasa
Arab dalam metode pengajarannya.
0 comments on PENGGUNAAN METODE DRILL DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI BAHASA ARAB DI KELAS VIII- DI MTS KEDIRI II. KEDIRI :
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak