PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN TANYA JAWAB GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII H SEMESTER II DI MTSN KEDIRI 2
BAB I PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah
Pendidikan
memegang peranan penting yang menyangkut kemajuan dan masa depan bangsa, tanpa
pendidikan yang baik mustahil suatu bangsa akan maju.
Dalam
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional BAB II Pasal 3 menyebutkan bahwa: “Pendidikan
Nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu
kehidupan dan martabat manusi Indonesia dalam rangka upaya mewujudkan tujuan
Nasional”.
Berhasil
atau tidak suatu pendidikan dalam suatu negara salah satunya adalah karena
guru. Guru mempunyai peranan yang sangat penting dalam perkembangan dan
kemajuan anak didiknya. Dari sinilah guru dituntut untuk dapat menjalankan
tugas dengan sebaik-baiknya. Untuk dapat mencapai tujuan pengajaran yang
diharapkan. Guru harus pandai memilih metode yang tepat dan sesuai dengan
kebutuhan anak didik. Supaya anak didik merasa senang dalam belajar.
Dalam
proses belajar mengajar bukan hanya menyampaikan ilmu pengetahuan saja, akan
tetapi pemberian motivasi sangatlah penting karena secara psikologis anak akan
merasa senang apabila mereka diperhatikan. Salah satu cara memberikan perhatian
adalah dengan memotivasi.
Kesuksesan
belajar siswa tidak hanya tergantung pada intelegensi anak saja, akan tetapi
juga tergantung pada bagaimana pendidik menggunakan metode yang tepat dan memberinya
motivasi.
Banyak
cara yang dapat dilakukan untuk memberikan motivasi kepada anak didik
diantaranya adalah memberi angka atau nilai. Pemberian mulai dilakukan oleh
guru ketika mereka selesai ulangan atau menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru. Cara ini merangsang anak untuk giat belajar. Anak yang nilainya rendah,
mereka akan termotivasi untuk meningkatkan belajarnya dan anak yang nilainya
bagus akan semakin giat dalam belajar.
Maka untuk
meningkatkan aktivitas dan semangat belajar diperlukan ketrampilan dan
kreativitas guru dalam menyampaikan materi yaitu dengan cara penggunaan metode
yang tepat.
Berpijak
dari latar belakang di atas maka perlu kiranya diadakan suatu penelitian
pendidikan, dalam hal ini penulis akan mengangkat suatu topik “PENERAPAN METODE
DEMONSTRASI DAN TANYA JAWAB GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII
H SEMESTER II DI MTSN KEDIRI 2”
1.2
Rumusan Masalah
Dari uraian latar belakang di atas, maka penulis dapat merumuskan
permasalahan yakni: “Apakah dengan menggunakan metode Demonstrasi dan Tanya
jawab dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII H MTsN Kediri 2”?
1.3
Tujuan Penelitian
Berdasarkan pada rumusan masalah di atas, maka penulis akan
merumuskan penelitian ini dengan tujuan: Untuk mengetahui apakah dengan
menggunakan metode Demonstrasi dan Tanya jawab dapat meningkatkan motivasi
belajar siswa kelas VIII H MTsN Kediri 2
1.4
Manfaat Penelitian
Hasil
dari penelitian ini diharapkan bisa memberikan kontribusi dalam upaya
meningkatkan pembelajaran di MTsN Kediri 2, khususnya pada kegiatan
pembelajaran fiqih, adapun kontrubusi itu adalah untuk:
1. Bagi Lembaga
Penerapan metode Demonstrasi
dan Tanya jawab dapat dijadikan bahan pertimbangan atau pijakan bagi lembaga
sekaligus sebagai kerangka acuan dalam mengembangkan hal-hal yang berkaitan
dengan pengajaran dalam pembelajaran Pendidikan agama Islam yang lebih baik.
2. Bagi Guru
Penerapan metode Demonstrasi
dan Tanya jawab diharapkan akan lebih mempermudah para guru dalam mengajarkan
atau menyampaikan mata pelajaran dan mengarahkan siswa khususnya terhadap siswa
yang sering tidak serius dalam kegiatan belajar mengajar.
3. Bagi Siswa
Dengan metode Demonstrasi
dan Tanya jawab yang diterapkan oleh guru diharapkan siswa lebih kompeten dalam
menerima pelajaran dan mengikuti proses belajar mengajar dengan baik, khususnya
mata pelajaran fiqih sehingga siswa dapat mengembangkan berfikir dan menerima
materi dengan baik.
4. Bagi peneliti
Penggunaan
metode Demonstrasi dan Tanya jawab akan mempermudah meneliti dalam mengetahui
sejauh mana kemampuan siswa terhadap materi mata pelajaran fiqih yang telah
diberikan serta tanggung jawab siswa terhadap tugas mata pelajaran fiqih dan
menambah wawasan bagi para calon guru.
1.5
Sistematika Pembahasan
BAB
I Pendahuluan, pada bab ini memaparkan
tentang latar belakang, rumusan masalah, tujuan, manfaat penelitian, dan
sistematika pembahasan
BAB
II Kajian Pustaka, pada bab ini
memaparkan tentang pengertian metode demontrasi dan tanya jawab, kelebihan dan
kekurangan, serta pengertian tentang Motivasi belajar
BAB
III Metode Penelitian, pada bab ini
memaparkan tentang Setting Penelitian, Rencana Tindakan, Siklus Penelitian, Pembuatan
Instrumen, Pengumpulan Data, dan indikator kinerja.
BAB
VI Paparan Data dan Hasil Penelitian, pada
bab ini memaparkan tentang gambaran umum subyek penelitian, hasil penelitian
yang meliputi Siklus Pertama, Siklus kedua dan Pembahasan.
BAB
V Kesimpulan dan Saran, pada bab ini
memaparkan tentang kesimpulan dari hasil penelitian serta saran yang diharapkan
dapat memberikan manfaat bagi perkembangan Pendidikan Agama Islam khususnya
dalam metode pengajaran.
0 comments on PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN TANYA JAWAB GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII H SEMESTER II DI MTSN KEDIRI 2 :
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak