METODE DEMONSTRASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PROSES BELAJAR DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA …TAHUN PELAJARAN…
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
Pendidikan bahasa Indonesia di sekolah dasar seharusnya
membuahkan hasil belajar berupa perubahan pengetahuan, dan keterampilan yang
sejalan dengan tujuan kelembagaan sekolah dasar. Sebagaimana dijelaskan dalam
Kurikulum 1994, bahwa penyelenggaraan pendidikan di sekolah dasar bertujuan:
(1) mendidik siswa agar menjadi manusia Indonesia seutuhnya berdasarkan
Pancasila yang mampu membangun dirinya sendiri serta ikut bertanggung jawab
terhadap pembangunan bangsa; (2) memberi bekal kemampuan yang diperlukan bagi
siswa untuk melanjutkan pendidikan ketingkat yang lebih tinggi; dan (3) memberi
bekal kemampuan dasar untuk hidup di masyarakat dan mengembangkan diri sesuai
dengan bakat, minat, kemampuan dan lingkungannya (Depdikbud, 1994).
Dikaitkan dengan konteks pendidikan
dasar sembilan tahun, maka fungsi dan tujuan pendidikan bahasa Indonesia di
sekolah dasar harus pula mendukung pemilikan kompetensi tamatan sekolah dasar,
yaitu pengetahuan, nilai, sikap, dan kemampuan melaksanakan tugas atau
mempunyai kemampuan untuk mendekatkan dirinya dengan lingkungan alam,
lingkungan sosial, lingkungan budaya, dan kebutuhan daerah. Sementara itu,
kondisi pendidikan bahasa Indonesia di negara kita dewasa ini, lebih diwarnai
oleh pendekatan yang menitikberatkan pada model belajar konvensional seperti
ceramah sehingga kurang mampu merangsang siswa untuk terlibat aktif dalam
proses belajar mengajar (Suwarma, 1991; Jarolimek, 1967). Suasana belajar
seperti itu, semakin menjauhkan peran pendidikan bahasa Indonesia dalam upaya
mempersiapkan warga negara yang baik dan memasyarakat (Djahiri, 1993)
Salah satu
alternatif model pembelajaran yang dapat dikembangkan untuk memenuhi tuntutan
tersebut adalah model metode pembelajaran demonstrasi. Yang dimaksud metode
demonstrasi adalah salah satu cara mengajar, di mana guru melakukan suatu
percobaan tentang sesuatu hal, mengamati prosesnya serta menuliskan hasil
percobaannya, kemudian hasil pengamatan itu disampaikan ke kelas dan dievalusi
oleh guru
Berdasarkan uraian di atas, judul yang diambil
oleh peneliti dalam penelitian ini adalah Metode Demonstrasi Dalam Upaya Meningkatkan Proses
Belajar dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa …………Tahun Pelajaran………………
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas,
maka dapat dirumuskan suatu masalah sebagai berikut:
- Bagaimanakah
peningkatan prestasi belajar siwa dengan diterapkannya metode pembelajaran
demonstrasi?
- Bagaimanakah
pengaruh metode metode pembelajaran demonstrasi terhadap motivasi belajar
siswa?
C. Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan di atas, penelitian ini
bertujuan untuk:
- Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran demonstrasi.
- Ingin
mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode
pembelajaran demonstrasi.
D. Hipotesis
Tindakan
Berdasarkan pada permasalahan dalam penelitian tindakan yang berjudul
……………………………. yang dilakukan oleh peneliti, dapat dirumuskan hipotesis tindakan
sebagai berikut:
"Jika Proses Belajar Mengajar Siswa Kelas ……………….
menggunakan metode………………. dalam menyampaikan materi pembelajaran, maka
dimungkinkan minat belajar dan hasil belajar siswa kelas …………………… akan lebih
baik dibandingkan dengan proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru
sebelumnya".
D. Manfaat Penelitian
Penulis mengharapkan dengan hasil penelitian ini dapat:
- Memberikan
informasi tentang metode pembelajaran yang sesuai dengan materi bahasa
Indonesia.
- Meningkatkan
motivasi pada pelajaran bahasa Indonesia
- Mengembangkan
metode pembelajaran yang sesuai dengan bidang studi bahasa Indonesia.
E. Batasan
Masalah
Karena
keterbatasan waktu, maka diperlukan pembatasan masalah meliputi:
- Penelitian
inihanya dikenakan pada siswa kelas ………………………………… tahun pelajaran 2001/2002.
- Penelitian ini dilakukan pada bulan September semester ganjil tahun pelajaran 2001/2002.
- Materi yang disampaikan adalah pokok bahasan…………………
0 comments on METODE DEMONSTRASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PROSES BELAJAR DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA …TAHUN PELAJARAN… :
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak