MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEN
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS VII SEMESTER 1 SMP NEGERI 2 CANDI SIDOARJO DENGAN MENGGUNAKAN METODE CONFERENCE WRITING
BAB I PENDAHULUAN
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pada
hakekatnya belajar bahasa adalah belajar komunikasi. Oleh karena itu
pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan menulis
siswa dalam berkomunikasi dengan bahasa Indonesia baik secara lisan maupun
secara tertulis. (GBPP,1993:3)
Pembelajaran menulis pengalaman pribadi yang
mengesankan terdapat dalam butir pembelajaran kelas VII semester
I. Pembelajaran menulis masih belum
banyak mendapat perhatian dari guru. Siswa pun masih kurang terbiasa untuk
menulis, apalagi jika pembelajaran menulis cerepen dari refleksi kehidupan
sehari-hari. Hal ini terjadi karena guru belum memberikan bimbingan kepada
siswa secara maksimal. Akibatnya siswa mengalami kesulitan. Jika mendapat tugas
menulis dengan menggunakan metode conference
writing (menulis bersama) diharapkan siswa dapat termotivasi untuk menulis
cerpen dari refleksi kehidupan sehari-hari.
|
Penguasaan siswa menulis cerpen dapat
tercermin pada pembelajaran bercerita pengalaman yang mengesankan. Dalam hal
ini peristiwa yang diceritakan belum bisa runtut. Sehingga perlu diadakan
peningkatan kualitas dan kuantitas keterampilan berbahasa Indonesia .
Hal ini perlu didefinisikan bahwa
kemampuan siswa menulis cerpen masih relatif rendah, indikatornya sebagai
berikut : (a) siswa kesulitan menemukan ide / tema, (b) siswa kesulitan menentukan kalimat
pertama untuk memulai menulis dan (c) Siswa sering menulis kalimat kurang padu.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian yang telah dilakukan pada latar belakang masalah
pada penelitian tindakan kelas ini, peneliti merumuskan masalah sebagai berikut
:Bagaimana metode conference writing
(menulis bersama) dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa kelas
VII G semester I SMP Negeri 2 Candi Sidoarjo ?
Masalah tersebut dapat dirinci
menjadi tiga sub seperti yang tercantum di bawah ini :
1.
Bagaimana peningkatan menulis
cerpen metode conference writing
(menulis bersama) dapat membantu kesulitan menemukan ide / tema ?
2.
Bagaimana peningkatan
keteramplan menulis cerpen metode conference
writing (menulis bersama) dapat membantu kesulitan menemukan kalimat
pertama untuk memulai menulis ?
3.
Bagaimana peningkatan
keterampilan menulis cerpen metode conference
writing (menulis bersama) dapat membantu penulis an kalimat yang kurang padu
?
C. Tujuan Penelitian
Sesuai
dengan permasalahannya, penelitian ini mempunyai dua tujuan yaitu tujuan umum
dan tujuan khusus.
Tujuan umum
Secara umum penelitian tindakan kelas
ini bertujuan meningkatkan kemampuan siswa untuk menulis cerpen berdasarkan
refleksi kehidupan sehari-hari dengan metode conference writing (menulis bersama) kelas VII Semester I SMP
Negeri 2 Candi Sidoarjo.
Tujuan Khusus
1.
Mengembangkan keterampilan
siswa untuk menulis cerpen menggunakan metode conference writing (menulis bersama).
2.
Menemukan ide-ide/tema yang
disajikan melalui keterampilan menulis cerpen dengan metode conference writing (menulis bersama).
3.
Meningkatkan kemampuan siswa
untuk menulis cerpen sebagai langkah awal dalam memilih kalimat yang padu
D. Manfaat Penelitian
Sesuai
dengan fokus kajiannya, maka hasil penelitian tindakan kelas ini mempunyai manfaat umum dan khusus.
1.
Manfaat umum
Guru dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran menulis cerpen sesuai
dengan konsep yang terdapat pada butir pembelajaran dengan menggunakan metode conference writing (menulis bersama).
2.
Manfaat khusus.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat
bagi :
a.
Guru-guru di SMP Negeri 2 Candi
untuk dapat meningkatkan keterampilan
menulis siswa yang diintegrasikan dengan
aspek keterampilan berbahasa yang lain maupun dengan komponen berbahasa.
b.
Guru-guru di SMP Negeri 2 Candi
dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode conference writing (menulis bersama).
c.
Siswa dapat mengembangkan
keterampilan menulis yang terwujud dalam keterampilan menulis cerpen.
E. Ruang Lingkup Penelitian
Yang menjadi ruang lingkup dalam penelitian ini adalah
1.
Penelitian dilaksanakan di
kelas VII G SMP Negeri 2 Candi Sidoarjo
2.
Penelitian dilaksanakan pada
semester pertama
3.
Penelitian ditekankan pada
kemampuan menulis cerpen menggunakan metode conference
writing (menulis bersama)
F. Definisi Istilah
Untuk
mendapatkan kesamaan arti pada penelitian ini diperlukan pendefinisian istilah
sebagai berikut :
1.
Cerpen (pengertian) : adalah bentuk karangan yang menceritakan
salah satu segi kehidupan secara kronologis yang dialami oleh pelaku, dan
pelaku tidak mengalami perubahan nasib.
2.
Metode adalah strategi yang
digunakan untuk mencapai tujuan yang diharapkan (Syaifudin Bahari, 1996:84)
3.
Conference writing adalah rapat atau
pertemuan untuk berunding atau bertukar pendapat mengenai suatu masalah yang
dihadapi bersama. Menulis dengan metode conference
writing dapat membantu pengembangan menulis khususnya menulis cerpen
menjadi lebih baik.
3 comments on MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS VII SEMESTER 1 SMP NEGERI 2 CANDI SIDOARJO DENGAN MENGGUNAKAN METODE CONFERENCE WRITING :
Makasih materinya yang sangat membangun...
Silahkan yang membutuhkan contoh PTK Lengkap dengan berbagai Macam Model Dan Metode Pembelajaran yang bisa digunakan sebagai referensi dalam pembuatan karya ilmiah dan juga sebagai referensi untuk kenaikan pangkat, bapak/ibu guru tidak usah bingung dengan teori teori model dan metode pembelajaran, semua tingkat ada, Insya Alloh sangat bermanfaat. Untuk Pemesanan Bisa hubungi 085797510051
Buku metode conference writing itu ada ga. Kalau ada tolong infonya cover sama pengarangnya.
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak