.

.

SDMTK-10 PENGGUNAAN MEDIA LIDI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA PADA PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT DI KELAS IV SDN KREMBUNG I


LAPORAN 
PENELITIAN  TINDAKAN  KELAS





PENGGUNAAN MEDIA LIDI UNTUK MENINGKATKAN
KETERAMPILAN SISWA PADA PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT
DI KELAS IV SDN KREMBUNG I


Oleh:

IFFING   ZUNAIDI
Nip. 130 844 928



Kemitraan  antara  :
Lembaga  Penelitian  Universitas  Negeri  Malang
dengan
Ditjen  Peningkatan  Mutu  Pendidikan  Tenaga  Kependidikan



SDN KREMBUNG I  KREMBUNG
DINAS  PENDIDIKAN  KABUPATEN SIDOARJO
NOPEMBER,  2006

HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

1.Judul Penelitian
Penggunaan   Media   Lidi  Untuk   Meningkatkan Keterampilan Siswa Pada Penjumlahan Bilangan Bulat
 di  Kelas  IV  SDN  Krembung  I
2. Identitas Peneliti
   a. Nama Lengkap
   b. Jenis Kelamin
   c. Pangkat/gol/NIP
   d. Asal Sekolah
   e. Alamat Kantor
       dan No.Telp.
   f. Alamat Rumah
       dan No. Telp.

Drs. H. Iffing  Zunaidi
Laki – laki
Pembina / IV.A / 130 844 928
SDN  Krembung  I
Jl. Pertigaan Krembung Sidoarjo
031 -  8854624
RT 07  RW 04  Jenggot Utara Krembung Sidoarjo
0343 -  854682
Lama Penelitian

2 bulan  (  September s.d  Nopember  2006  )


Biaya yang diperlukan

Rp 2.000.000,00 ( Dua Juta Rupiah )

Mengetahui                                                                 Sidoarjo, 17 Nopember 2006
Kepala  Cabdin Pendidikan
Kec. Krembung                                                                       Peneliti,



Drs .  S u w a d i                                                           Drs. H. Iffing  Zunaidi
  Nip. 130 456 817                                                           Nip. 130 844 928

Menyetujuhi
Ketua Lembaga Penelitian UM,




                                    Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd
Nip. 131 652 225

ABSTRAK

            Iffing  Zunaidi,  2006. Penggunaan  Media  Lidi  untuk  Meningkatkan  Keterampilan  Siswa  pada  Penjumlahan  Bilangan  Bulat  di  kelas  IV  SDN  Krembung  I, Laporan  Penelitian,  Malang
           
              Kata-kata  Kunci:  Media,  Operasi,  Penjumlahan,  Bilangan    Bulat,  Sekolah  Dasar.

            Salah  satu  permasalahan  yang  menyangkut  pengelolaan  proses  belajar  mengajar  mata  pelajaran  matematika di  SD  adalah  kurangnya  pengetahuan  bagi  guru  SD,  serta  terbatasnya  dana  dan  sarana  tentang  bagaimana  cara  membuat  dan  menggunakan  media/alat  peraga  dalam  pembelajaran  matematika. Di  sisi  lain  pentingnya  media/alat  peraga  dalam  pembelajaran  matematika  telah  diakui  oleh  semua  jajaran  pengelola  pendidikan  dan  para  ahli  pendidikan.
            Penelitian  ini  bertujuan untuk  mengatasi  masalah  pembelajaran  penjumlahan  bilangan  bulat  di  kelas  IV  SDN  Krembung  I  semester  I  dengan  menggunakan  media  lidi.  Adapun  model  yang  diterapkan  dalam  penelitian  ini  menggunakan  langkah-langkah  berikut:  Pertama,  kegiatan  awal  meliputi: (a) Penjelasan  tentang  tujuan  pembelajaran,  (b)  Pemberian  motivasi  pembelajaran,  (c)  Apersepsi;  Kedua,  Kegiatan  Inti, memuat: (a)Pembentukan  kelompok,  (b)  Pemberian  media  lidi,  (c)  Penjelasan  singkat  tentang  cara  penggunaan  alat,  (d)  Unjuk  kerja,  (e)  Bermain   adu cepat.  Ketiga,  Kegiatan  Akhir,  memuat:  (a) Pembahasan  hasil,  (b) Pengecekan  keterampilan  melalui  tanya  jawab,  (c)  Evaluasi,  dan  (d)  Pemberian  tindak  lanjut  berupa  pekerjaan  rumah.  Tujuan    pembelajaran  dalam  penelitian  ini  adalah  dengan  menggunakan  media  lidi  dapat  meningkatkan  keterampilan  siswa  menjumlah  bilangan  bulat.
            Pendekatan  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  pendekatan  kualitatif  dengan  jenis  penelitian  tindakan  kelas.  Subyek  penelitian  ini  adalah   20  siswa  kelas  IV  SDN  Krembung  I  Kabupaten  Sidoarjo  semester  I  tahun  pelajaran  2006/2007.  Teknik  pengumpulan  data  tentang  keterampilan  siswa  menggunakan  media  pada  penjumlahan  bilangan  bulat,  dilakukan  melalui  tes  lesan  pada  awal  pelajaran,  observasi,  evaluasi  proses  pada  waktu  siswa  memperagakan  media   dan  evaluasi  tertulis  pada  akhir  pembelajaran. 
            Penelitian  ini  kami  lakukan  melalui  tiga  tahapan   tindakan  yaitu:  menggunakan  media  lidi  secara  berpasangan,  menggunakan  media  lidi  yang  berwarna  secara  berpasangan  dan  menggunakan  media  lidi  yang  berwarna  secara  perorangan.  Hasil  penelitian  ini  menunjukkan  sebagai  berikut:  Pertama,  hasil  evaluasi  proses  (pada  waktu  pelaksanaan  pembelajaran)  keaktifan  siswa  sangat  aktif  sebanyak  15%,  Kedua, sebanyak  55%,  dan  Ketiga,  sebanyak  98,3%.  Penempatan  alat  tepat  dan  penggunaan  benar  sebanyak  20%,  60%, dan  90%.  Penggunaan  alat  tepat  dan  hasil  benar  sebanyak  20%,  50%  dan  91,5%.  Hasil  evaluasi  tertulis  dari  10  soal  melalui  lembar  tes,  rata-rata  penguasaan  materi  sebesar  43,5%,  68,5%  dan  81,5%.   Secara  keseluruhan  pelaksanaan  pembelajaran  dengan  menggunakan  media  lidi,  mulai  tindakan  I,  II,  dan  III  menunjukkan  peningkatan  baik  keterampilan,  maupun  pemahaman  subyek  penelitian  terhadap  penjumlahan  bilangan  bulat. 

           











KATA  PENGANTAR


            Puji  syukur  ke hadirat  Allah  SWT  yang telah melimpahkan Taufik dan Hidayah-Nya, sehingga Penelitian Tindakan Kelas yang  berjudul Penggunaan   Media   Lidi  Untuk   Meningkatkan Keterampilan Siswa Pada Penjumlahan   Bilangan  Bulat  di  Kelas  IV  SDN  Krembung  I  dapat terselesaikan.
            Pelaksanaan  penelitian  dan  penulisan  pelaporan  ini  dapat  terselesaikan  berkat  bantuan  baik  moril  maupun  materiil  dari  berbagai  pihak.  Untuk  itu  dengan  segala  kerendahan  hati  kami  sampaikan  penghargaan  yang  setinggi-tingginya  kepada:
1.  Direktur  Ditjen  Peningkatan  Mutu  Pendidikan  dan  Tenaga  Kependidikan.  
  2.  Ketua  Lembaga  Penelitian  Universitas  Negeri  Malang  yang  telah  memberikan  ijin  dan  kesempatan  kepada  kami untuk  melaksanakan  kegiatan  penelitian  ini.
3.  Ibu  Dra.  Umi  Dayati, M.Pd  dan  Ibu  Dra.  Harti  Kartini, M.Pd  selaku  pembimbing   yang  telah  meluangkan  waktu  dan  pemikiran  guna  perbaikan  bagi  pelaksanaan  kegiatan  penelitian  ini.
4.  Bapak  MG. Hadi  Sutjipto, SH, MM  selaku  kepala  dinas  pendidikan  kabupaten  Sidoarjo  yang  memberikan  mandat  untuk  mengikuti  kegiatan  penelitian  ini.
5.   Bapak  Drs.  Suwadi  selaku  kepala  cabang  dinas  pendidikan  kecamatan  Krembung  yang  telah  memberikan  dorongan  dan  kemudahan  penggunaan sarana/prasarana    penelitian.
6.   Ibu  Trisnaningtyas. F, S.Si  selaku  guru  kelas IV  SDN  Krembung  I  yang  telah  banyak  membantu dalam  pelaksanaan  penelitian  ini.
7.  Siswa  kelas  IV  SDN  Krembung  I  sebagai  subyek  penelitian yang  telah  banyak  berpartisipasi  pembelajaran  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini.
            Semoga semua bantuan dan masukan dari semua pihak mendapat balasan pahala dari Allah SWT, Amin.
            Penulis menyadari sepenuhnya, bahwa Penelitian Tindakan Kelas ini masih banyak kekurangan maupun kelemahan. Oleh karena itu saran kritik yang bersifat perbaikan dan penyempurnaan sangat peneliti harapkan guna penyusunan Penelitian Tindakan Kelas berikutnya.
            Akhirnya peneliti berharap, semoga Penelitian Tindakan Kelas ini dapat bermanfaat bagi peneliti maupun pembaca pada umumnya.



                                                                                    Sidoarjo, Nopember 2006
                                                                                              Peneliti,







DAFTAR  ISI

HALAMAN  SAMPUL ………………………………………………………..    i
HALAMAN  PENGESAHAN …………………………………………………   ii
ABSTRAK ……………………………………………………………………..   iii
KATA  PENGANTAR …………………………………………………………   v
DAFTAR  ISI …………………………………………………………………..  vii
DAFTAR  GAMBAR ………………………………………………………....    ix
BAB  I  PENDAHULUAN
A.  Latar  Belakang  Masalah …………………………………………………      1
B.  Perumusan  Masalah ………………………………………………………     4
C.  Pemecahan  Masalah ………………………………………………………     4
D.  Tujuan  Penelitian …………………………………………………………      5
E.  Manfaat  Penelitian ………………………………………………………..      5

BAB  II  KAJIAN  PUSTAKA
A.  Kurikulum …………………………………………………………………     7
B.  Belajar ……………………………………………………………………..      9
C.  Media ……………………………………………………………………...    10
D.  Pembelajaran  Matematika ………………………………………………..    10
E.  Pengertian  dan  Fungsi  Alat  Peraga ……………………………………..    15
F.  Hipotesis  Tindakan ………………………………………………………..   19
BAB  III  PELAKSANAAN  PENELITIAN
A.  Lokasi  Penelitian ………………………………………………………….   20
B.  Waktu  Penelitian ………………………………………………………….   20
C.  Materi  Pembelajaran ………………………………………………………   20
D.  Pelaksanaan  Penelitian ……………………………………………………   21

BAB  IV  HASIL  PENELITIAN  DAN  PEMBAHASAN
A.  Pembelajaran  pada  Siklus  I ………………………………………………  32
B.  Temuan  Hasil  Pembelajaran  pada  Siklus  I ……………………………..   34
C.  Pembelajaran  pada  Siklus  II ……………………………………………… 39
D.  Temuan  Hasil  Pembelajaran  pada  Siklus  II …………………………….  43
E.  Pembelajaran  pada  Siklus  III …………………………………………….   48
F.  Temuan  Hasil  Pembelajaran  pada  Siklus  III …………………………….  51

BAB  V  SIMPULAN  DAN  SARAN
A.  Simpulan …………………………………………………………………     56
B.  Sara-saran …………………………………………………………………    57

DARTAR  PUSTAKA ………………………………………………………...  58
LAMPIRAN …………………………………………………………………...  59












DAFTAR   GAMBAR


Picture 579





















Picture 578


















BAB  I
PENDAHULUAN

A.  Latar  Belakang  Masalah
            Salah  satu  permasalahan  yang  menyangkut  pengelolaan  proses  belajar  mengajar  mata  pelajaran  matematika di  SD  adalah  kurangnya  pengetahuan  bagi  guru  SD,  serta  terbatasnya  dana  dan  sarana  tentang  bagaimana  cara  membuat  dan  menggunakan  media/alat  peraga  dalam  pembelajaran  matematika. Di  sisi  lain  pentingnya  media/alat  peraga  dalam  pembelajaran  matematika  telah  diakui  oleh  semua  jajaran  pengelola  pendidikan  dan  para  ahli  pendidikan.
            Kompetensi  guru  dalam  pelaksanaan  interaksi  belajar  mengajar  mempunyai  indikator,  mampu  membuka  pelajaran,  mampu  menyajikan  materi,  mampu  menggunakan  metode/strategi,  mampu  menggunakan  media/  alat  peraga,  mampu  menggunakan  bahasa  yang  komutatif,  mampu  memotivasi  siswa,  mampu  mengorganisasi  kegiatan,  mampu  menyimpulkan  pelajaran,  mampu  memberikan  umpan  balik,  mampu  melaksanakan  penilaian,  dan  mampu  menggunakan  waktu. (Departemen  Pendidikan  Nasional, 2004 ;  13 – 14).
            Agar  pembelajaran  yang  akan  diberikan  oleh  guru  kepada  siswa  berhasil  sesuai  dengan  kompetensi  dasar,  maka  guru  diharapkan  dapat  menyusun  langkah- langkah  pengembangan  silabus  pembelajaran,  diantaranya  merumuskan  pengalaman  belajar  siswa  meliputi; 1). Pengalaman  belajar  merupakan  kegiatan  fisik  dan  mental  yang  perlu  dilakukan  siswa  dalam  berinteraksi  dengan  sumber  belajar  dalam  rangka  mencapai  kompetensi  dasar  dan  standar  kompetensi. 2). Pengalaman  belajar  dapat  dilaksanakan  di  dalam  dan  di  luar  kelas. Kegiatan  yang  diberikan  sebagai  pengalaman  belajar  siswa  harus  berorientasi agar  siswa  aktif  dalam  belajar,  iklim  belajar  menyenangkan,  fungsi  guru  lebih  ditekankan  sebagai  fasilitator  dari  pada  sebagai  pemberi  informasi,  siswa  terbiasa  mencari  sendiri  informasi    (dengan  bimbingan  guru)  dari berbagai  sumber,  siswa  dibekali  dengan  kecakapan  hidup  dan  dibiasakan  memecahkan  permasalahan  yang  kontektual  yaitu  terkait  dengan  lingkungan  (nyata  maupun  maya) dari  siswa.  3).  Pada  hakekatnya  pengalaman  belajar  memberikan  pengalaman  kepada  siswa  untuk  menguasai  kompetensi  dasar  secara  ilmiah  dan  ditinjau  dari  dimensi  kompetensi  yang  ingin  dicapai  pengalaman   belajar  meliputi  pengalaman  untuk  mencapei  kompetensi  pada  ranah  kognitif,  psikomotorik,  dan  afektif.  Selanjutnya  pengalaman  belajar  dirumuskan  dengan  kata  kerja  yang  opersional.(Pengembangan  Silabus  dan  Penilaian  Mata  Pelajaran  Matematika, Dit. PMU, Ditjen  Dikdsmen, Depdiknas, 2003 ; 3)
            Berdasarkan  teori  perkembangan  kognitif  Piaget,  anak  usia  Sekolah  Dasar  berada  pada  tahap  konkret  operasional,  dengan  ciri-ciri  sebagai  berikut: (1)Pola  berpikir  dalam  memahami  konsep  yang  abstrak  masih  terikat  pada   benda  konkret (2)Jika  diberikan  permasalahan  belum  mampu  memikirkan  segala  alternatif   pemecahannya (3)Pemahaman  terhadap  konsep  yang  berurutan  melalui  tahap  demi  tahap,  misal    pada  konsep  panjang,  luas,  volum,  berat,  dan  sebagainya.(4)Belum  mapu  menyelesaikan  masalah  yang  melibatkan  kombinasi   urutan  operasi  pada  masalah  yang  kompleks. (5)Mampu  mengelompokkan  objek  berdasarkan  kesamaan  sifat-sifat  tertentu,  
dapat  mengadakan  korespondensi  satu-satu  dan  dapat  berpikir  membalik.(6) Dapat  mengurutkan  unsur-unsur  atau  kejadian  (7) Dapat  memahami  ruang  dan  waktu. (8) Dapat  menunjukkan  pemikiran  yang  abstrak.
            Selain itu, menurut  Pujiati  (2004 ; 1)  yang  menyarikan  pada  Bruner  bahwa  untuk  memahami  pengetahuan  yang  baru,  maka  diperlukan  tahapan-tahapan  yang  runtut,  yaitu:  enactive,  ikonik,  dan  simbolik.  Tahap  enactive,  yaitu  tahap  belajar  dengan  memanipulasi  benda  atau  objek  yang  kongkret,  tahap  ikonik,  yaitu  tahap  belajar  dengan  menggunakan  gambar,  dan  tahap  simbolik,  yaitu  tahap  belajar  melalui  manipulasi  lambang  atau  simbul. (Penggunaan  Alat  Peraga  dalam  Pembelajaran  Berhitung  di  SD, Pujiati, 2004)
            Berdasarkan  pada  uraian  diatas,  siswa  pada  usia  sekolah  dasar  dalam  memahami  konsep-konsep  matematika masih  sangat  memerlukan  kegiatan-kegiatan  yang  berhubungan  dengan  benda  nyata  (pengalaman-pengalaman konkret) yang  dapat  diterima  akal  mereka.
            Dalam  penelitian  tindakan  kelas  ini,  peneliti  mencoba  mengetengahkan  salah  satu  bentuk  pembelajaran  aktif,  kreatif,   efektif,  dan  menyenangkan. Dalam  penyampaian  pembelajaran   ini   peneliti  menggunakan  media/alat  peraga  lidi  dalam  penjumlahan  bilangan  bulat  di  kelas  IV  SDN  Krembung  I,  dengan  urutan  pembelajaranya   sebagai  berikut: Guru  membagi  siswa  menjadi  kelompok-kelompok  kecil  (berpasangan  dalam  satu  bangku), kemudian  lidi  kita  bagikan  kepada  masing-masing  kelompok  sebanyak  20  biji.  Guru   memperagakan    lidi  itu  untuk  menjumlah  dua  bilangan  bulat.  Siswa  diberi  lembar  tugas  untuk  dikerjakan  dengan  cara  memperagakan  lidi  itu  sebagai   alat  untuk  menjawab  lembar  tugas  tersebut,  sedangkan  guru  mengamati  proses  penggunaan  lidi  itu  untuk  menjawab  tugas  yang  telah  diberikan.  Setelah  waktu   yang  ditentukan  habis,  siswa  disuruh  memperagakan  hasil  kerjanya  di  depan  kelas,  begitu  seterusnya  sampai  siswa  trampil  menggunakan  lidi  itu  untuk  menjumlah  dua  bilangan  bulat.
Pada  akhir  pengajaran,  guru  mengadakan  tanya  jawab  agar  siswa  terampil  menggunakan   lidi  itu  sebagai  alat  bantu  untuk  menjumlah  dua  bilangan  bulat  sekaligus  sebagai  alat  evaluasi .

B.  Perumusan   Masalah  
Bertolak  dari  permasalahan  diatas,  maka  perumusan   masalah  pada  penelitian  ini  adalah  :  Bagaimana  penggunaan   dan  penerapan  media  lidi  dapat  meningkatkan  keterampilan  siswa  dalam  menjumlah  dua  bilangan  bulat  di kelas  IV  SD  ?


C.  Pemecahan  masalah
            Berdasarkan    perumusan   masalah  di  atas,  maka  peneliti  menetapkan  langkah-langkah  pemecahan  masalahnya  adalah  sebagai  berikut :
1. Memberikan  beberapa  contoh  penggunaan  media  lidi  dalam  penyelesaian  
    penjumlahan  bilangan  bulat.
2. Memaksimalkan  penggunaan  media  lidi  pada  penjumlahan  bilangan  bulat.
3. Melatih  siswa  menyelesaikan  soal  penjumlahan  bilangan  bulat  dengan       
    menggunakan  media  lidi.
4. Membina  keterampilan  siswa  menjumlah  bilangan  bulat  dengan  menggunakan  media  lidi  dalam  bentuk  permainan  adu   cepat.
5.  Memberikan  latihan  soal  yang  berhubungan  dengan  kehidupan  sehari-hari.
6.  Mengadakan  evaluasi  proses  dan  evaluasi  kognitif.
7.  Memberikan   pekerjaan  rumah.

D.  Tujuan   Penelitian
            Penulisan  penelitian  ini  bertujuan  agar  siswa  mampu  meningkatkan  keterampilan  penggunaan  media  lidi  dalam  menyelesaikan  soal-soal  yang  berhubungan  dengan  penjumlahan  bilangan  bulat.
E.  Manfaat  Penelitian
            Hasil  penelitian  ini  diharapkan  dapat  memberikan  konstribusi  bagi  semua  pihak,  antara  lain:
1.  Memberikan  pembelajaran  secara  langsung  bagi  guru  tentang  pembelajaran  yang  menggunakan  media  lidi  guna  meningkatkan  pemahaman  siswa  terhadap  operasi  penjumlahan  bilangan  bulat,  sehingga  menambah  wawasan  dalam  melaksanakan  proses  pembelajaran  di  kelas.
2.     Meningkatkan  keterampilan  bagi  siswa  tentang  penggunaan  media  lidi  dalam  proses  pembelajaran  sehingga  siswa dapat berperan  aktif  dan  kreatif  terutama  pada  penjumlahan  bilangan  bulat.
3.      Memberikan  pengalaman  langsung  bagi  peneliti  dalam  menerapkan  pembelajaran  dengan  menggunakan  media  lidi  dalam  penjumlahan  bilangan  bulat  serta  memberikan  dorongan  untuk melaksanakan  penelitian  lagi  dengan  pembelajaran-pembelajaran  matematika  yang  lain.
4.      Hasil  penelitian  ini  dapat  digunakan   bagi  sekolah  untuk  meningkatkan  pemahaman  tentang  fungsi  penelitian  tindakan  kelas.  



About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search